Kehamilan

Publish date : 12/27/2019

Mums, Hindari Makanan-makanan Ini Selama Masa Kehamilan, Ya!


Selama masa kehamilan, Mums perlu menjaga lebih ketat makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi berperan dalam proses tumbuh kembang janin dan kesehatan Mums sendiri. Tapi, di samping memilih makanan bergizi tinggi, Mums juga perlu menghindari beberapa makanan yang berdampak buruk untuk kesehatan diri dan janin. Yuk, ketahui lebih lengkap daftar makanan yang perlu Mums hindari selama masa kehamilan!


1. Ikan Bermerkuri Tinggi

Ikan merupakan salah satu makanan yang wajib Mums konsumsi selama kehamilan. Kandungan omega 3 serta protein yang tinggi bisa membantu menjaga perkembangan otak Si Kecil. Tapi, Mums juga perlu berhati-hati dalam memilih ikan karena beberapa ikan laut justru memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi.

Pada dasarnya, hampir semua hewan atau ikan yang ada di air mengandung merkuri dari limbah kimia yang mencemari perairan. Tapi, ada beberapa ikan yang tergolong punya kandungan merkuri tinggi seperti ikan hiu, ikan makarel, ikan tuna, salmon, dan udang. Kandungan merkuri yang tinggi dapat mengganggu perkembangan otak janin. Agar tidak berdampak buruk dan mendapatkan manfaat dari ikan tersebut, Mums bisa membatasi konsumsi ikan maksimal 2 kali tiap minggu.


2. Makanan Tidak Matang

Sushi, medium well steak, dan telur setengah matang tentu bisa menggugah selera makan Mums selama kehamilan. Tapi, makanan-makanan yang tidak matang seperti contoh tersebut justru perlu dihindari selama kehamilan. Mengapa demikian? Sebab, makanan yang belum matang atau tidak matang mengandung bakteri dan parasit yang berbahaya untuk sang janin. Jadi, sebaiknya Mums tidak mengonsumsi makanan tersebut atau memilih untuk mengonsumsinya dalam kondisi matang saja, ya.

3. Kafein

Mums suka minum kopi? Hobi minum kopi boleh saja, tapi sebaiknya Mums menghentikan konsumsi kopi dulu selama kehamilan. Karena kafein dari kopi dapat menembus plasenta serta mengakibatkan gangguan detak jantung pada janin. Selain itu, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi kopi selama kehamilan bisa meningkatkan risiko keguguran, membuat berat badan bayi lebih rendah, bahkan risiko bayi meninggal saat lahir. Oleh karena itu, Mums perlu menghindari minum kopi selama hamil agar Si Kecil sehat dan selamat.


Baca juga:

10 Sumber Protein Terbaik dan Cost-Efficient untuk Ibu Hamil

7 Bahan-bahan Alami Sumber DHA Terbaik Buat Mums

Ternyata Asam Folat Punya Manfaat Sekaya Ini Lho, Mums!




4. Minuman Beralkohol

Minuman alkohol juga dilarang untuk Mums konsumsi karena berdampak sangat buruk bagi Si Kecil. Risiko keguguran dan bayi meninggal saat terlahir sangat tinggi jika Mums mengonsumsi minuman beralkohol selama kehamilan. Selain itu, minuman beralkohol juga bisa menyebabkan fetal alcohol syndrome yang menyebabkan terjadinya kelainan bentuk wajah, kelainan jantung dan keterbelakangan mental sejak dalam kandungan.

Itulah daftar makanan dan minuman yang perlu Mums hindari saat hamil, ya. Selain menjaga makanan dan minuman, pastikan Mums juga melengkapi kebutuhan nutrisi saat hamil dengan rutin mengonsumsi multivitamin ibu hamil, seperti Folamil Genio. Pilihlah suplemen atau multivitamin yang tepat dan mengandung nutrisi lengkap untuk menunjang kebutuhan diri dan janin selama kehamilan, Mums! Sehingga, tumbuh kembang Si Kecil akan berjalan secara optimal dan Mums juga bisa menjalani persalinan secara lancar.




Referensi: HelloSehat, Healthline




Tags: makanan kehamilan,nutrisi kehamilan,masa kehamilan,nutrisi ibu hamil,makanan ibu hamil,multivitamin kehamilan,multivitamin ibu hamil