Kehamilan

Publish date : 12/30/2019

10 Sumber Protein Terbaik dan Cost-Efficient untuk Ibu Hamil


Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat Mums butuhkan saat hamil. Meski kebutuhan protein setiap orang berbeda-beda, selama kehamilan Mums dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya  40-70 gram protein setiap harinya. Protein tersebut nantinya berguna sebagai sumber kalori, zat pembangun dan pembentuk jaringan tubuh janin, membantu pembentukan darah dan sel-sel janin, serta memberikan antibodi kepada Mums dan sang janin. Oleh karena itu, Mums perlu menjaga betul asupan makanan dengan mengonsumsi makanan kaya protein selama kehamilan.


Protein yang Mums butuhkan selama masa kehamilan juga cukup beragam. Protein bisa berasal dari nabati (tumbuhan) dan hewani (hewan). Di samping itu, Mums juga membutuhkan asupan asam amino yang berperan dalam membentuk protein dalam tubuh. Inilah yang membuat Mums perlu mengonsumsi multivitamin Ibu hamil yang dapat membantu kebutuhan protein harian. Untuk memenuhi kebutuhan protein selama masa kehamilan, Mums bisa memilih 10 makanan berprotein tinggi di bawah ini, yang tentunya cukup affordable.


1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang Mums butuhkan selama kehamilan. Satu butir telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Selain protein, Mums juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat dari konsumsi telur. Sedikit tips, apabila Mums ingin mendapatkan protein murni tanpa lemak dari telur, Mums bisa mengonsumsi bagian putih telurnya saja, ya.


2. Daging Ayam

Siapa yang tidak suka daging ayam? Hampir setiap orang rasanya suka makan ayam ya, Mums. Nah, di dalam daging ayam, terkandung protein yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan saat Mums sedang hamil. Dalam 1 dada ayam tanpa kulit, setidaknya terkandung 53 gram protein dan 284 kalori. Maka dari itu, kalau Mums gak begitu suka nyamil, cukup konsumsi 1 dada ayam tiap makan siang saja bisa mencukupi kebutuhan protein Mums selama satu hari, lho.


3. Gandum

Mums tentu telah mengenal gandum sebagai makanan tinggi serat yang sehat untuk tubuh. Ternyata, selain tinggi serat, gandum mentah juga kaya akan kandungan protein, lho. Jadi, gandum ini dapat memberikan sebanyak hingga 13 gram protein dan 303 kalori. Selain itu, gandum juga mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin B1 dan magnesium.


4. Keju

Keju merupakan olahan susu yang mengandung banyak nutrisi. Mums bisa mendapatkan nutrisi seperti kalsium, fosfor, lemak, vitamin B12, vitamin B2 dan protein saat mengonsumsi keju. Jika Mums tidak ingin mendapatkan banyak lemak, maka keju cottage bisa menjadi pilihan yang tepat. Di dalam keju cottage sendiri terkandung 2% lemak dengan 27 gram protein dan 194 kalori.


5. Yoghurt

Olahan susu lain yang bisa Mums manfaatkan sebagai sumber nutrisi saat hamil adalah Yoghurt. Tidak hanya mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan, yoghurt juga mengandung protein yang baik untuk kehamilan. Dari 170 gram yoghurt, Mums bisa mendapatkan 17 gram protein dan 100 kalori di dalamnya.


6. Susu

Bukan hanya olahannya, susu sendiri tentu juga Mums butuhkan selama masa kehamilan. Susu mengandung banyak nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, vitamin B2, lemak, dan protein. Dalam secangkir susu, terkandung 8 gram protein dan 103 kalori yang Mums butuhkan selama masa kehamilan. Sebagian besar produk susu untuk kehamilan juga mengandung nutrisi tambahan yang penting untuk pertumbuhan janin seperti, asam folat, AHA, dan DHA.


7.  Almond

Selain rasanya yang nikmat, kacang almond memiliki kandungan protein yang pas untuk memenuhi kebutuhan harian Mums. Tiap ons kacang almond terkandung 6 gram protein yang baik untuk Mums dan sang janin. Tak hanya itu, kacang almond juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin E, mangan, magnesium, dan serat, lho. Super sehat dan menyenangkan sebagai camilan kan, Mums?


8. Daging Sapi

Daging Sapi merupakan makanan tinggi protein yang Mums butuhkan saat hamil. Mums bisa memilih daging sapi tanpa lemak apabila membutuhkan protein namun tidak ingin mengonsumsi banyak lemak. Dalam 85 ons daging sapi, terkandung setidaknya 22 gram protein dan 184 kalori untuk memenuhi kebutuhan harian.


9. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu makanan wajib Mums selama kehamilan. Sebab, ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi dan kaya akan omega 3 untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak calon Buah Hati Mums. Dari 1 ons ikan tuna, Mums bisa mendapatkan 30 gram protein dan 157 kalori. Meskipun tinggi manfaat, Mums sebaiknya tetap batasi konsumsi ikan laut, ya. Karena, ikan laut dikhawatirkan membawa kandungan merkuri yang bersifat toksik bagi ibu hamil.


10. Udang

Udang, baik yang hidup di air tawar maupun air laut, merupakan sumber protein yang baik untuk Mums konsumsi selama kehamilan. Jika Mums tidak memiliki alergi, udang merupakan makanan yang baik karena mengandung banyak nutrisi selain protein seperti vitamin B12, lemak omega 3 dan selenium. Dari 1 ons udang yang Mums konsumsi, akan mendapatkan setidaknya 24 gram protein dan 99 kalori. 


Itulah daftar makanan bersumber protein tinggi yang cocok untuk Mums konsumsi selama masa kehamilan. Variasikan menu makanan Mums sehari-hari dengan makanan kaya gizi lainnya agar nutrisi selama kehamilan bisa terpenuhi, ya. Mums juga dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin lengkap seperti Folamil Genio, biar gak perlu repot lagi minum terlalu banyak vitamin. Stay fit & healthy ya, Mums!




References: ibudanbalita.com, Kompas Lifestyle, Alodokter, HelloSehat



Tags: Sumber protein kehamilan