Kesehatan

Publish date : 09/19/2019

Persalinan melalui operasi caesar merupakan salah satu metode persalinan yang cukup populer di Indonesia. Operasi caesar merupakan prosedur bedah melalui sayatan di perut dan rahim untuk mengeluarkan bayi. Proses persalinan secara caesar tergolong aman meski sang ibu perlu melakukan proses pemulihan terutama perawatan luka pasca operasi caesar. Luka operasi ini tentulah perlu ditangani dan dirawat dengan baik, agar luka lebih cepat sembuh dan meminimalisir bekas luka. Berikut ini beberapa tips perawatan luka operasi caesar dengan tepat. Simak penjelasannya ya, Mums!



Perhatikan Asupan Nutrisi

Agar luka bekas operasi caesar bisa cepat mengering, Mums perlu memperhatikan betul asupan nutrisi sehari-hari. Sebab, ada beberapa nutrisi yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka bekas operasi caesar. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, vitamin E, dan protein dalam asupan sehari-hari. Makanan yang kaya asam amino dan protein seperti, ayam, telur, dan seafood baik untuk Mums konsumsi, karena sangat berguna untuk meningkatkan produksi sel fibroblas dan pembentukan kolagen yang berperan dalam regenerasi jaringan di daerah luka. Mums juga dapat melengkapi asupan nutrisi dengan mengonsumsi multivitamin, dan obat-obatan alami untuk mengatasi luka bekas operasi, seperti Inbumin. Bahan alami berupa ekstrak Channa striata terpurifikasi dalam Inbumin telah terbukti berperan baik dalam mempercepat proses penyembuhan luka, dan pastinya aman lho, Mums!


Pastikan Luka Selalu Bersih

Selain mempercepat proses pengeringan luka bekas operasi, Mums juga perlu mencegah luka bekas operasi agar tidak terjangkit infeksi pasca operasi. Menjaga kebersihan luka adalah hal yang utama dalam pencegahan infeksi. Mums sebaiknya menjaga kebersihan luka bekas operasi caesar dengan menggunakan plester khusus anti air selama 7 hari setelah operasi. Setelah plester dibuka, gunakan cairan antiseptik untuk menjaga kebersihan luka. Jika perlu, konsultasikan juga ke dokter untuk memastikan metode perawatan luka yang tepat, karena kondisi luka dan tubuh tiap pasien bisa berbeda-beda.


Perhatikan Aktivitas Fisik

Pasca operasi caesar, Mums perlu melakukan proses pemulihan setidaknya selama 3 bulan. Agar luka bekas operasi lebih cepat sembuh, maka sebaiknya perhatikan aktivitas fisik selama masa pemulihan tersebut. Hindari aktivitas yang terlalu berat seperti naik turun tangga atau mengangkat beban berat. Sementara itu, aktivitas fisik ringan seperti berjalan bisa dilakukan sesekali agar otot tetap bekerja dan sirkulasi darah tetap lancar.


Gunakan Pakaian Longgar

Pemilihan pakaian juga berpengaruh pada pemulihan luka bekas operasi caesar dan kenyamanan sehari-hari lho, Mums. Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar agar tidak menimbulkan terjadinya gesekan atau tekanan antara pakaian dan luka bekas operasi. Gesekan yang terjadi bisa menimbulkan iritasi dan memperlambat proses penutupan luka. Bunda dapat memilih pakaian yang longgar seperti dress tidur atau terusan panjang agar tetap leluasa dalam bergerak tanpa perlu khawatir dengan luka bekas operasi caesar.


Nah, itulah 4 cara yang bisa Moms lakukan untuk merawat luka operasi Caesar. Semoga lekas sembuh luka bekas operasinya ya, Moms!



References:

https://id.theasianparent.com/luka-operasi-caesar-cepat-kering

https://id.theasianparent.com/luka-bekas-operasi-sesar




Tags: Luka,luka pasca operasi,luka bekas operasi,luka pasca operasi caesar,luka operasi caesar,merawat luka operasi caesar,perawatan luka operasi,luka operasi,Ekstrak ikan gabus,Inbumin,Channa striata extract