Langkah Tepat dan Mudah Merawat Luka Operasi di Rumah

Goapotik
Publish Date • 07/22/2019
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Langkah Tepat dan Mudah Merawat Luka Operasi di Rumah
Pasca operasi atau bedah, tubuh akan mendapatkan luka yang perlu dirawat sampai benar-benar sembuh. Proses perawatan luka bertujuan agar proses penutupan dan perbaikan luka lebih cepat serta mencegah timbulnya infeksi. Perawatan luka operasi juga dapat dilakukan secara mandiri di rumah tanpa perlu ke rumah sakit. Berikut ini beberapa tips merawat luka pasca operasi sampai benar-benar sembuh.


1. Pastikan Luka Selalu Bersih

Selama proses penyembuhan luka, Anda wajib untuk menjaga kebersihan luka tersebut. Area pada luka maupun di sekitar luka merupakan bagian yang sensitif, terlebih jika luka tersebut masih baru. Kondisi yang tidak higienis dapat membuat luka lebih rentan terjangkit infeksi. Maka dari itu, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menangani luka, rutin membersihkan area di sekitar luka dengan cairan pembersih khusus, serta memperhatikan area luka agar selalu bebas dari menempelnya kotoran.


2. Istirahatkan Otot-otot di Sekitar Luka

Setelah operasi, Anda tentu ingin segera beraktivitas secara normal dan menggerakkan otot-otot di tubuh Anda. Namun, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas secara berlebihan terutama pada area luka bekas operasi, karena Anda masih berada dalam masa pemulihan. Melakukan aktivitas yang terlalu keras akan memaksa otot bekerja terlalu keras. Akibatnya, luka bekas operasi akan rentan mengalami cedera dan bisa memperparah kondisi luka. Jadi, sebaiknya istirahatkan otot pada area luka, dan jangan paksakan otot untuk bekerja terlalu keras terlebih dahulu ya, sampai luka bekas operasi benar-benar sembuh total.


Baca juga:

Luka Operasi Lebih Cepat Sembuh Pakai Ramuan Alami Ini!

Waspada Infeksi Sepsis Pasca Operasi! Ketahui Gejala-gejalanya

Pentingnya Menjaga Kesehatan Luka Pasca Operasi Caesar


3. Ganti Perban Luka

Menjaga kebersihan luka tidak hanya sekadar melindunginya dari udara kotor dan membersihkan area sekitar luka saja. Anda juga perlu mengganti perban luka dengan rutin untuk mempercepat regenerasi luka dan menjaga kebersihannya. Penggantian perban bisa dilakukan 2 kali sehari sambil membersihkan area di sekeliling luka bekas operasi. Ketika rasa gatal hadir, usahakan untuk tidak menggaruk area luka karena bisa membuat luka terbuka kembali dan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama.

Selain melakukan proses perawatan dari luar, Anda juga bisa mempercepat regenerasi dan penyembuhan luka bekas operasi dari dalam. Caranya, yakni dengan mengonsumsi obat luka operasi yang aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti Inbumin.

Inbumin terbuat dari ekstrak ikan gabus yang dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi terutama bagi ibu hamil. Inbumin bekerja dengan meningkatkan kadar albumin dalam tubuh. Kadar albumin yang meningkat akan membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak atau dengan kata lain mampu mempercepat proses regenerasi luka bekas operasi. Luka bekas operasi pun lebih cepat sembuh dengan mengonsumsi Inbumin secara rutin selama masa penyembuhan luka.




References: parenting.dream.co.id, HelloSehat, Halodoc, Honestdocs