Kehamilan

Publish date : 05/29/2019

Fase jelang persalinan merupakan saat yang mendebarkan bagi setiap ibu. Karena, pada fase itulah perasaan senang, penasaran, dan tegang bercampur menjadi satu, untuk menanti kelahiran Sang Buah Hati. Namun, menjelang persalinan Bunda juga perlu bersiap agar semuanya dapat berjalan normal.


Kesehatan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan agar persalinan berjalan normal dan lancar. Lalu, bagaimana cara agar tubuh tetap sehat menjelang persalinan? Inilah beberapa persiapan kehamilan jelang persalinan yang dapat Bunda lakukan.


Cukup Tidur

Menjelang persalinan, Bunda mungkin akan merasa kesulitan untuk tidur nyenyak setiap malamnya. Namun, Bunda perlu selalu memastikan untuk beristirahat yang cukup setiap harinya agar tidak jatuh sakit, terutama ketika menjelang persalinan. Waktu tidur yang cukup sangat dibutuhkan agar tubuh bisa lebih rileks dan terasa lebih fit di pagi harinya. Cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping apabila posisi tidur telentang dirasa kurang nyaman bagi Bunda. Posisi tidur yang tepat dan nyaman akan membantu Bunda memperoleh istirahat yang berkualitas, sehingga siap untuk menjalani proses persalinan yang sangat penting untuk calon bayi dan sang ibu.


Menjaga Asupan Gizi

Asupan gizi merupakan salah satu hal terpenting yang perlu Bunda perhatikan selama masa kehamilan. Karena, gizi dan nutrisi yang Bunda konsumsi akan diterima pula oleh janin yang ada didalam kandungan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi lengkap setiap harinya selama masa kehamilan, terutama menjelang proses persalinan. Konsumsi juga multivitamin Folamil Genio untuk melengkapi nutrisi selama kehamilan dan jelang persalinan. Dengan demikian, kesehatan Bunda dapat tetap terjaga dan Si Buah Hati yang berada di dalam kandungan pun selamat saat persalinan.


Baca juga: Jangan Asal Konsumsi! Inilah Nutrisi dan Multivitamin yang Dibutuhkan Bunda Selama Masa Kehamilan


Hindari stres

Rasa tegang menjelang proses persalinan merupakan hal yang wajar bagi setiap ibu. Namun, rasa tegang berlebih perlu diminimalisir segera karena bisa menjadi stres yang akan mengganggu persalinan. Alihkan rasa tegang atau stres dengan melakukan aktivitas ringan yang menyenangkan dan dapat mengalihkan fokus sejenak. Sehingga, Bunda bisa mengatasi stres dengan baik dan proses persalinan akan berjalan secara lancar, serta Si Calon Bayi pun bisa lahir dengan normal.


Olahraga

Agar Bunda dapat merasa lebih fit menjelang persalinan, berolahraga bisa menjadi salah satu kegiatan terbaik untuk dilakukan, lho. Bunda bisa melakukan olahraga ringan dengan menggunakan gym ball atau sekadar berjalan-jalan. Dengan melakukan olahraga, Bunda bisa merasa lebih sehat dan siap untuk melakukan proses persalinan sesuai dengan tanggal yang telah disesuaikan.



References:
https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/daya-tahan-tubuh-menjelang-persalinan/




Tags: Kehamilan,Masa Kehamilan,Ibu Hamil,Jelang Persalinan,Menjelang Persalinan,Aktivitas Ibu Hamil,Aktivitas Saat Hamil,Olahraga Kehamilan,Olahraga Ibu Hamil,Hal-hal Penting Menjelang Persalinan,Nutrisi Kehamilan,Nutrisi Jelang Persalinan,Folamil Genio