Kehamilan

Publish date : 09/20/2019

Saat masa kehamilan, Mums tentu perlu selalu memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari untuk kesehatan diri dan tumbuh kembang janin. Menjaga asupan nutrisi dengan mengonsumsi multivitamin ibu hamil memang bisa jadi solusi yang anti ribet. Namun, tahukah Mums bahwa ibu hamil tetap membutuhkan nutrisi alami dari sumber makanan sehari-hari? Biar lebih paham, inilah penjelasan terkait sumber nutrisi kehamilan yang perlu Mums penuhi.



Daging tanpa lemak


Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Protein mampu menjaga tumbuh kembang janin dan memastikan otot-ototnya berkembang secara normal. Asupan protein yang tinggi bisa didapatkan melalui konsumsi daging tanpa lemak. Selain itu, pada dasarnya daging memang memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang tinggi. Vitamin B6 dalam daging berperan dalam pertumbuhan jaringan dan otak bayi, sedangkan vitamin B12 dan zat besi baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan sel darah merah. Mums jadi tidak perlu khawatir bayi lahir prematur ataupun kekurangan berat badan, karena asupan nutrisi pembentuk sel darah merah akan terpenuhi.


Telur


Protein yang didapat dari daging tanpa lemak saja tidak cukup untuk ibu hamil. Saat memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga, Mums juga perlu mendapatkan asupan protein tambahan, salah satunnya dari telur. Tidak hanya kaya akan protein, telur ayam juga kaya akan zat kolin yang sangat baik untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf (spina bifida) pada calon bayi. Maka dari itu, telur menjadi salah satu makanan yang terpenting dan dibutuhkan oleh seorang ibu selama masa kehamilan.


Kacang-kacangan


Tidak hanya nutrisi hewani saja, ibu hamil juga membutuhkan kacang-kacangan sebagai makanan sehari-hari. Kandungan asam folat yang tinggi dalam kacang-kacangan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil guna mencegah cacat tabung saraf serta menjaga berat badan janin. Mums dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti kedelai, kacang panjang, kacang polong, dan kacang tanah sebagai campuran menu makanan sehari-hari.


Sayuran Hijau


Pada trimester pertama, sayuran hijau jadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kadar serat yang tinggi di dalam sayuran mampu mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain serat yang tinggi, di dalam sayuran-sayuran hijau terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, asam folat, kalium dan antioksidan. Beberapa sayuran hijau yang bisa dipilih antara lain seperti brokoli, bayam, sawi dan kubis.


Ikan


Kandungan omega-3 dan protein yang tinggi dari ikan sangat dibutuhkan untuk menjaga kecerdasan otak calon bayi. Di samping itu, Mums perlu lebih selektif ya dalam memilih jenis ikan yang akan dikonsumsi. Ikan air tawar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Mums agar bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Karena, jenis ikan ini pada umumnya tidak mengandung logam berat seperti merkuri dan timbal yang sangat berbahaya. Beberapa jenis ikan seperti ikan lele, nila, mujair, serta ikan laut seperti salmon dan tuna bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kelengkapan nutrisi ibu hamil selama masa kehamilan.


Sekarang sudah lebih paham kan, Mums? Kelengkapan nutrisi selama masa kehamilan tentu sangat menentukan tumbuh kembang Sang Buah Hati di masa yang akan datang. Selalu terapkan pola hidup yang sehat seperti, menjaga asupan nutrisi melalui makanan dan multivitamin ibu hamil, berolahraga ringan, dan beristirahat cukup. Dengan demikian, tubuh akan selalu terasa bugar selama masa kehamilan, Mums!




References:

https://www.alodokter.com/beragam-makanan-untuk-ibu-hamil-trimester-pertama

https://www.liputan6.com/health/read/3732064/13-makanan-sehat-penuh-nutrisi-untuk-ibu-hamil




Tags: Kehamilan,nutrisi ibu hamil,nutrisi kehamilan,nutrisi saat hamil,makanan ibu hamil,makanan saat hamil,tips untuk ibu hamil,masa kehamilan,ibu hamil,multivitamin ibu hamil,multivitamin kehamilan