Kehamilan

Publish date : 12/30/2019

7 Bahan-bahan Alami Sumber DHA Terbaik Buat Mums


DHA atau docosahexaenoic acid merupakan asam lemak yang tergolong ke dalam kelompok omega 3. DHA memberikan banyak sekali manfaat untuk manusia seperti membantu menurunkan risiko jantung dan stroke, menurunkan risiko ADHD pada anak, mencegah bayi terlahir secara prematur, mencegah kanker dan alzheimer serta membantu mengatasi peradangan. Maka dari itu, DHA jadi salah satu nutrisi wajib yang perlu kita konsumsi jika ingin memiliki tubuh yang sehat.


Di balik segudang manfaat yang dimiliki DHA, nutrisi yang satu ini tentu juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Mums wajib mengonsumsi makanan dengan kandungan DHA yang tinggi agar Sang Buah Hati menjadi anak yang cerdas. Tentunya DHA berperan besar dalam menunjang perkembangan otak janin, serta menurunkan risiko darah tinggi pada kehamilan. Mums perlu mengonsumsi setidaknya 200 mg DHA perhari selama masa kehamilan, dan 300 mg DHA per hari selama masa menyusui. 

Untuk mendapatkan DHA yang cukup, Mums dapat memanfaatkan bahan-bahan alami berikut untuk dikonsumsi secara rutin selama kehamilan. Yuk, simak penjelasan terkait bahan-bahan alami tersebut, agar Mums lebih paham.


1. Kacang

Agar calon Buah Hati bisa menjadi anak yang cerdas, Mums perlu rutin mengonsumsi kacang-kacangan selama kehamilan. Kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan omega 3 yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Dari kandungan omega 3 tersebut, Mums akan mendapatkan DHA yang berguna untuk membantu perkembangan otak janin. Beberapa kacang yang bisa Mums pilih antara lain kacang merah dan kacang pinto karena dipercaya memiliki asam lemak omega 3 yang lebih banyak daripada kacang lainnya.


2. Buah Beri

Beri-berian seperti buah stroberi, ceri, dan bluberi, bisa menjadi pilihan yang tepat agar perkembangan otak janin terjaga. Sebab, buah beri mengandung antioksidan yang tinggi untuk mencegah toksin dan radikal bebas, serta kaya akan asam lemak omega 3. Dari asam lemak omega 3 tersebutlah terkandung DHA yang cukup tinggi, dan berguna untuk mencerdaskan otak janin.


3. Susu

Selama masa kehamilan, sudah menjadi kewajiban bagi Mums untuk mengonsumsi susu. Tentu saja, susu mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan agar tumbuh kembang janin tetap terjaga. Salah satu manfaatnya yakni agar Si Kecil bisa cerdas karena susu mampu membantu pertumbuhan jaringan otak dan organ vital janin, dengan kandungan asam folat, DHA, dan EPA yang tinggi.


4. Salmon

Ikan salmon merupakan bahan alami sumber omega 3 dengan DHA dan EPA didalamnya. DHA dan EPA berguna untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan otak janin selama di dalam kandungan. Dalam 100 gram ikan salmon yang telah dimasak, terkandung sekitar 500-1500 mg DHA dan 300-1000 mg EPA lho, Mums. Tips penting buat Mums, konsumsilah daging salmon yang telah dimasak matang, dan batasi konsumsinya ya, Mums! Salmon perlu dimasak matang agar Mums terhindar dari parasit yang kemungkinan besar terdapat pada ikan mentah. Selain itu, memakan ikan laut terlalu sering juga dikhawatirkan meningkatkan risiko paparan toksin merkuri dan logam berat lainnya. Maka dari itu, mengonsumsi salmon sesekali selama masa kehamilan lebih baik untuk Mums.


5. Minyak Ikan

Walaupun Mums tidak dianjurkan mengonsumsi ikan laut berlebih, Mums gak perlu khawatir kesulitan memperoleh nutrisinya. Karena, Mums bisa memanfaatkan suplemen minyak hati ikan cod sebagai penggantinya. Minyak hati ikan cod merupakan salah satu sumber DHA terbaik untuk Mums konsumsi selama masa kehamilan dan menyusui. Minyak yang satu ini berasal dari hasil ekstraksi ikan cod yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 sangat tinggi. Tak hanya itu, minyak hati ikan cod juga memiliki kandungan vitamin D dan vitamin A yang cukup tinggi. Dari satu sendok makan minyak hati ikan cod, Mums bisa mendapatkan setidaknya 2,682 mg omega 3 dengan kandungan DHA di dalamnya. Tak heran jika minyak ikan ini juga jadi salah satu daftar suplemen wajib untuk Si Kecil dan Mums selama menyusui.


6. Biji Chia

Biji chia atau chia seed memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Di dalam satu ons biji chia terkandung 4,915 mg asam lemak omega 3 yang berguna untuk membantu perkembangan otak janin. Selain omega 3 dan DHA, biji chia juga memiliki kandungan serat dan protein yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit kronis.


7. Ikan Teri

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itulah peribahasa yang tepat untuk ikan teri. Dibalik tubuhnya yang kecil, ikan teri ternyata memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin. Dari 100 gram ikan teri, Mums bisa mendapatkan kandungan omega 3 dan DHA sebesar 2,113 mg, lho. Selain itu, ikan teri juga memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi dan berguna untuk menjaga kesehatan tulang Mums dan Si Kecil.


Nah, itulah beberapa sumber DHA dan omega 3 yang sangat direkomendasikan untuk masuk dalam daftar makanan Mums selama masa kehamilan. Selain dengan mengonsumsi bahan-bahan alami di atas, Mums juga dianjurkan untuk tetap mengonsumsi multivitamin, lho. Pilihlah multivitamin terlengkap terutama dengan kandungan asam folat, DHA, dan kandungan vitamin penting yang mencukupi, seperti pada Folamil Gold. Stay fit and healthy, Mums!




References: HelloSehat, Alodokter, Kompas Lifestyle, Healthline, Wikipedia



Tags: DHA untuk kehamilan