Wanita

Publish date : 12/28/2019

Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Atasi Hidung Meler Pada Anak Lho, Mums!


Pernahkah Mums merasa khawatir dan panik saat Si Kecil mengeluarkan banyak lendir dari hidungnya sampai kesulitan bernafas? Kondisi tersebut tentu perlu diatasi segera ya, Mums! Karena, selain menyulitkan pernapasannya, kondisi ini tentu akan membuat Si Kecil rewel dan menangis terus-menerus. Ketika produksi lendir terlalu banyak, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Si Kecil menderita sinusitis atau penyakit pernapasan serupa.


Sebagai pertolongan awal hidung meler yang diderita Si Kecil, Mums bisa memanfaatkan beberapa bumbu dapur yang ada di rumah, lho. Penggunaan bahan alami di rumah tentu lebih mudah dan cepat disiapkan, serta minim efek samping, Mums! Mari kita simak dulu penjelasan di bawah ini, terkait bumbu-bumbu dapur yang bisa digunakan untuk ringankan hidung meler Si Kecil.


1. Oregano

Mums mungkin masih jarang mendengar rekomendasi oregano sebagai pereda hidung meler, kan? Oregano (Origanum vulgare) ternyata merupakan tumbuhan yang masih satu keluarga dengan mint. Daun mint sendiri sudah digunakan sejak lama sebagai pelega pernapasan. Namun, jika dirasa daun mint beraroma terlalu tajam, maka Mums bisa menggunakan oregano sebagai alternatif.

Oregano mengandung zat antimikroba (carvacrol dan thymol) dan antioksidan (rosmarinic acid) yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab meler pada hidung Si Kecil serta meningkatkan sistem imunnya lho, Mums. Cukup dengan mencampurkan sejumlah oregano ke dalam sup hangat yang disajikan untuk Si Kecil. Maka, aroma dan kandungan alami dari oregano akan melegakan pernapasan Si Kecil dengan segera.


2. Kayu Manis

Kayu manis biasa digunakan sebagai campuran makanan ataupun minuman. Tapi, tahukah Mums kalau selain bisa memberikan cita rasa yang khas, kayu manis juga berguna untuk meredakan pilek Si Kecil? Sifat kayu manis sebagai analgesik lah yang membuatnya mampu meredakan pilek yang diderita Si Kecil. Berdasarkan penelitian, kayu manis mengandung cinnamaldehyde dan antioksidan polifenol yang ampuh mencegah mikroba penyebab hidung meler dan meningkatkan imunitas Si Kecil. Mums bisa campurkan kayu manis ke dalam minuman hangat Si Kecil untuk melegakan saluran pernapasannya, serta memberikan efek hangat dan menenangkan.


3. Bawang Putih

Hampir setiap dapur memiliki bawang putih untuk disimpan sebagai bumbu masakan. Ya, bawang putih merupakan bumbu dapur yang digunakan di hampir setiap masakan Indonesia. Selain melezatkan makanan, bawang putih juga bisa Mums manfaatkan untuk meredakan pilek Si Kecil. Kandungan allicin dalam bawang putihlah yang membuatnya bisa menangkal virus sekaligus memberikan sensasi hangat.


Baca juga:

Perlukah Berikan Obat Pada Bayi Baru Lahir yang Terserang Pilek?

Kerap Tertukar, Ini Lho Bedanya Flu dan Pilek!

Pentingnya Berhati-hati Saat Memilih Obat Pilek Untuk Anak




4. Jahe

Hidung meler yang dialami Si Kecil bisa disebabkan oleh udara yang terlalu dingin. Mums bisa memanfaatkan jahe untuk menghangatkan tubuh Si Kecil secara alami. Bumbu dapur yang satu ini memang telah dipercaya secara turun-temurun untuk menghangatkan tubuh dan membersihkan pernapasan. Jahe juga memiliki kandungan betakaroten yang berguna untuk merelaksasi otot serta mengurangi rasa nyeri saat Si Kecil pilek.


5. Pala

Beberapa masakan membutuhkan pala agar bisa mendapatkan sensasi hangat dan cita rasa yang khas. Selain itu, pala juga bisa Mums manfaatkan untuk meredakan hidung meler Si Kecil. Kandungan Tryptophan di dalamnya bekerja untuk meringankan flu dan pilek secara efektif. Mums bisa memberikan makanan dengan kandungan pala di dalamnya kepada Si Kecil untuk melegakan rongga hidungnya.


Nah, itulah bumbu-bumbu dapur yang bisa Mums manfaatkan untuk meredakan hidung meler yang diderita Si Kecil. Tidak perlu ribet lagi untuk mendapatkan pertolongan pertama hidung meler pada anak kan, Mums? Jika Si Kecil ternyata memang didiagnosa menderita rhinitis alergi, polip, ataupun kelainan pernapasan lainnya, Mums juga bisa berjaga-jaga dengan menyiapkan nasal spray untuk hidung tersumbat pada anak. Dan tips terakhir, jangan tunda untuk konsultasikan ke dokter apabila Si Kecil tidak kunjung sembuh ya, Mums!




References: Healthline, DokterSehat, Jawa Pos, Cosmopolitan Indonesia, resepmenggapaisehat.com, Okezone Lifestyle



Tags: Bahan alami pereda hidung meler,obat alami hidung meler,atasi hidung meler,hidung meler dan mampet,obat alami hidung mampet,obat alami flu dan pilek