Kesehatan

Publish date : 07/18/2019

Saat anak menunjukan gejala demam berdarah, Anda perlu sigap dalam menanganinya. Karena, demam berdarah merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat berakibat fatal jika tanpa penanganan dalam waktu relatif singkat. Selain itu, daya tahan tubuh anak-anak yang belum sempurna membuatnya lebih rentan terhadap serangan virus dengue ini. Untuk itu, beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan dan terapkan pada anak yang terserang demam berdarah sebagai langkah awal yang tepat.


Segera Konsultasi dengan Dokter


Agar tidak salah langkah dalam penanganan, sebaiknya segera lakukanlah konsultasi dengan dokter ketika anak Anda mengalami demam tinggi. Diagnosis dari dokter sangat dibutuhkan untuk mengetahui langkah penanganan dan obat demam berdarah anak yang tepat. Pertimbangkan juga apakah rawat inap di rumah sakit dibutuhkan untuk memastikan anak Anda mendapatkan perawatan maksimal selama masa penyembuhan.


Cegah Dehidrasi


Menjaga cairan tubuh saat mengalami demam berdarah sangatlah penting. Sebab, virus dengue dapat menyebabkan kebocoran plasma yang berujung pada hilangnya sejumlah cairan tubuh, dan cairan tubuh yang terjaga tentulah akan mengembalikan sistem kerja tubuh untuk berjalan secara normal. Selain itu, anak yang menderita demam berdarah umumnya juga akan mengalami mual dan muntah, yang jika tidak segera ditangani akan banyak membuang cairan tubuh serta membuat tubuh anak semakin lemah. Langkah paling tepat untuk mencegah dehidrasi adalah dengan memberikan cairan pengganti plasma melalui infus agar kebutuhan cairan tubuh anak lebih cepat terpenuhi. Namun, jika kesulitan untuk memberikan cairan infus, pastikan setidaknya anak Anda meminum cukup air sebagai penanganan pertama. Anak yang menderita DBD juga dapat diberikan minuman larutan oralit, jus buah, air sirup, dan susu untuk menambah energi.


Berikan Nutrisi yang Tepat


Virus dengue yang menyerang tubuh anak Anda dapat membuat sel platelet atau trombosit dalam tubuhnya berkurang (trombositopenia). Agar anak Anda bisa lekas sembuh, sebaiknya berikan nutrisi yang tepat untuknya. Anda bisa memberikan jus jambu biji serta angkak untuk membantu meningkatkan produksi trombosit. Selain telah terbukti secara ilmiah untuk menangani gejala-gejala demam berdarah, bahan-bahan alami tersebut juga dikenal dapat meningkatkan sistem imun anak (immunomodulator). Maka, proses penyembuhan pun bisa berjalan lebih cepat dengan bantuan nutrisi yang tepat dari bahan-bahan alami.



Baca juga: Inilah Bahan-bahan Alami untuk Meningkatkan Trombosit Penderita DBD



Selain mengonsumsi jus jambu biji dan angkak, Anda juga bisa menggunakan obat medis seperti Psidii Syrup untuk meningkatkan trombosit anak yang menderita demam berdarah. Psidii Syrup merupakan obat demam berdarah anak yang mengandung bahan aktif ekstrak daun jambu biji. Ekstrak tersebut berkhasiat meningkatkan trombosit dan mempercepat proses penyembuhan demam berdarah. Virus dengue pun pergi dan anak Anda pun bisa kembali beraktivitas secara normal.




References:

Anti-dengue Phytochemicals from Valuable Plants: A Review. 2016. Pandya HA, Shetty SS, et.al. World Journal of Pharmaceutical Research : Volume 6, Issue 14, 262-291.

http://www.ichrc.org/622-demam-berdarah-dengue-diagnosis-dan-tatalaksana/

https://www.alodokter.com/saat-anak-terkena-demam-berdarah-dengue/




Tags: Demam Berdarah Dengue,DBD,demam pada anak,demam tinggi pada anak,penanganan DBD pada anak,DBD pada anak,demam berdarah anak,obat DBD anak,obat DBD anak ampuh,obat DBD anak aman,obat DBD anak alami,bahan alami untuk DBD anak,Psidii Syrup,Psidii guajavae Folium Extract,ekstrak daun jambu biji,penanganan tepat DBD anak