Kesehatan

Publish date : 05/29/2019

Diare merupakan salah satu penyakit yang perlu segera ditangani terutama ketika dialami oleh anak-anak. Karena, anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang belum sekuat orang dewasa, dan diare seringkali menimbulkan gejala-gejala yang sangat mengganggu aktivitas Si Kecil, bahkan dapat berakibat fatal. Selain sistem pencernaan yang terganggu dan cairan tubuh yang berkurang secara drastis, anak-anak juga berpotensi mengidap penyakit lainnya karena sistem imun yang terganggu. Untuk mengatasi diare pada anak, Bunda dapat menggunakan berbagai cara alami yang ampuh. Berikut ini beberapa obat diare alami untuk anak yang bisa dicoba.



1. Oralit

Oralit telah sejak lama dipercaya mampu bekerja cepat sebagai pertolongan pertama serangan diare. Komposisi di dalam oralit mampu mengatasi dehidrasi akibat buang air besar yang terlalu sering. Bunda dapat memberikan larutan oralit sedikit demi sedikit kepada anak yang mengalami diare. Biarkan larutan oralit tersebut diserap oleh usus dan bekerja hingga nantinya mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.


2. Rebusan Daun Jambu Biji

Selain oralit, air rebusan daun jambu biji juga dipercaya mampu menjadi obat diare alamiah yang ampuh. Air rebusan ini dikenal mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan diare. Hal ini disebabkan karena pada daun jambu biji terdapat kandungan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, serta menyerap racun. Tak hanya itu, daun jambu biji juga dapat menggumpalkan atau memekatkan kotoran yang encer pada saat diare agar tidak membuat Si Kecil menjadi dehidrasi.

Untuk membuat air rebusan daun jambu biji, caranya cukup mudah. Bunda dapat menggunakan 7-10 lembar daun jambu biji yang sudah dibersihkan. Kemudian, rebus daun tersebut dengan 2-3 gelas air hingga mendidih dan air surut setengahnya. Air rebusan yang telah dingin bisa diminum sebanyak 3 kali setiap harinya. Bunda dapat menerapkan cara ini sampai gejala diare mereda.


3. Lacidofil

Jika merebus daun jambu biji atau membuat oralit dirasa terlalu rumit, Bunda dapat menggunakan Lacidofil untuk mengatasi diare pada anak. Lacidofil merupakan obat diare alami yang memanfaatkan bakteri baik seperti Lactobacillus helveticus dan Lactobacillus rhamnosus untuk mengatasi bakteri penyebab diare. Cukup dengan memberikan 1 kapsul sehari pada anak yang telah berusia diatas 2 tahun, diare pun dapat teratasi secara alami dan praktis.


Baca juga: Bakteri Baik dan Perannya Untuk Kesehatan Saluran Cerna



Referensi: Klikdokter, Halodoc, ayahbunda.co.id



Tags: Diare Pada Anak,Diare Anak,Oralit,Rebusan Daun Jambu Biji,Daun Jambu Biji,Manfaat Daun Jambu Biji,Lacidofil,Obat Diare,Obat Diare Anak,Obat Diare Ampuh,Obat Diare Alami