Kesehatan

Publish date : 07/18/2019

Demam berdarah dengue merupakan penyakit berbahaya yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebab, penyakit yang satu ini membutuhkan penanganan segera karena bisa berakibat fatal jika tidak ada perbaikan dalam waktu yang relatif singkat. Tapi, tahukah Anda apa saja gejala-gejala yang pada umumnya muncul saat mengalami demam berdarah, serta cara untuk menanganinya sejak dini? Inilah ulasan lengkapnya.


Demam Tinggi


Ada banyak penyakit yang mengalami demam sebagai salah satu gejalanya. Namun, seseorang yang terserang demam berdarah dengue, umumnya akan mengalami demam tinggi secara mendadak. Suhu tubuh saat mengalami DBD bahkan bisa mencapai 40 derajat Celcius. Selain itu, demam juga bisa terjadi selama 2-7 hari dan memiliki pola yang khusus yang dinamakan “fase pelana kuda”, yakni pola demam tinggi-rendah-tinggi. Jadi, jika Anda mengalami demam yang sangat tinggi secara tiba-tiba, tidak ada salahnya untuk segera melakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.


Sakit Kepala Berat


Tidak hanya demam tinggi, penyakit DBD biasanya juga akan diikuti oleh sakit kepala yang begitu hebat. Sakit kepala biasanya terjadi beberapa jam setelah tubuh mengalami demam dan umumnya berasal dari dahi. Selain itu, rasa nyeri berat juga umumnya terasa seperti berasal dari bagian belakang mata, juga pada otot dan sendi penderita.


Mual dan muntah

Gejala lainnya yang akan terasa saat Anda mengalami demam berdarah dengue adalah mual dan muntah. Rasa mual dan muntah berkelanjutan dapat menyebabkan penderita kehabisan cairan dalam tubuh, serta merupakan indikasi sistem imun tubuh yang semakin lemah. Hal inilah yang membuat pasien DBD membutuhkan cairan melalui infus yang cukup banyak setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, gejala muntah dan mual umumnya juga berlangsung selama 2-4 hari setelah virus dengue menyerang tubuh Anda.


Tiga hal diatas merupakan beberapa gejala yang umum dialami oleh penderita demam berdarah. Untuk mengatasi demam berdarah, ada beberapa cara pengobatan demam berdarah yang bisa Anda lakukan sejak dini. Salah satunya yakni adalah dengan menggunakan obat alami yaitu PSIDII yang mengandung ekstrak daun jambu biji (Psidii guajavae Folium Extract).


Ekstrak daun jambu biji dalam PSIDII mengandung komponen tanin dan quersetin yang dapat bekerja menghambat pertumbuhan virus dengue, serta meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Penurunan trombosit tubuh yang drastis saat terserang DBD dapat berakibat fatal, karena dapat memicu pendarahan dan pecahnya pembuluh plasma. Penggunaan PSIDII dapat menjadi salah satu penanganan pertama yang praktis dan cepat untuk penderita DBD, terutama untuk mengembalikan trombosit tubuh penderita.




References:

Anti-dengue Phytochemicals from Valuable Plants: A Review. 2016. Pandya HA, Shetty SS, et.al. World Journal of Pharmaceutical Research : Volume 6, Issue 14, 262-291.

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/demam-berdarah-dengue-dbd/gejala-demam-berdarah-yang-diabaikan/




Tags: demam berdarah dengue,dengue fever,virus dengue,demam berdarah,mengatasi demam berdarah,gejala demam berdarah,tanda-tanda terkena demam berdarah,obat demam berdarah dengue,obat DBD,DBD,daun jambu biji,ekstrak daun jambu biji,kapsul daun jambu biji,sirup daun jambu biji,Psidii,Psidii guajavae folium extract