Kesehatan

Publish date : 07/18/2019

Ketika mengalami flu Si Kecil memang cenderung menjadi lebih rewel dari biasanya. Hal ini seringkali membuat banyak orang tua menjadi panik dan sembarangan dalam memilih obat pilek untuknya. Padahal, pemberian obat pilek untuk anak perlu dilakukan dengan lebih berhati-hati, lho. Mengapa demikian? Inilah beberapa alasan pentingnya memilih obat flu untuk anak.



Kandungan Dekongestan Dalam Obat


Saat memilih obat pilek untuk Si Kecil, perhatikanlah apakah terdapat kandungan dekongestan didalamnya. Dekongestan adalah tipe obat-obatan yang umum digunakan untuk meringankan hidung tersumbat pada saluran napas, seperti fenilefrin, fenilpropanolamin, dan beberapa golongan kortikosteroid seperti deksametason. Bahan aktif dekongestan memang ampuh untuk mengatasi pilek atau hidung yang tersumbat. Tapi, beberapa penelitian menunjukkan adanya indikasi efek samping dalam skala ringan hingga berat seperti, insomnia, kantuk, sakit kepala, dan sakit perut. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya efek yang tidak diinginkan pada anak, sebaiknya gunakanlah obat-obatan dengan dosis dekongestan yang sesuai untuk Si Kecil.


Utamakan Penggunaan Bahan Alami


Untuk mengatasi pilek pada anak, ada obat pilek alami yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil. Jika anak Bunda masih bayi, maka Bunda bisa memberikan ASI sebagai nutrisi sekaligus obat terbaik untuk Si Kecil. Karena, dalam ASI eksklusif terdapat kandungan gizi yang lengkap dan bisa membantu mengatasi pilek Si Kecil dengan meningkatkan sistem imunnya. Bunda juga bisa memberikan lebih banyak buah dan sayur sebagai asupan nutrisi sehari-hari yang mengandung vitamin lengkap. Buah dan sayur umumnya mengandung vitamin A dan vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan untuk menghalau berbagai penyakit termasuk flu. Bahan-bahan alami ini merupakan yang paling aman untuk mengatasi pilek pada anak Anda sekaligus melengkapi asupan nutrisinya sehari-hari.


Baca juga: 4 Cara Penanganan Flu & Obat Pilek Terbaik


Jika penanganan dengan bahan-bahan tersebut dirasa masih kurang ampuh, Bunda juga bisa memberikan obat yang aman untuk mengatasi pilek Si Kecil. Salah satu obat pilek untuk anak yang aman adalah Rhinos Junior. Bunda tidak perlu khawatir, karena kandungan Pseudoephedrine-HCl dan Chlorpheniramine Maleate di dalamnya telah diformulasikan dalam dosis yang tepat untuk Si Kecil. Rhinos Junior mampu meringankan gejala flu seperti bersin dan hidung tersumbat yang sangat mengganggu aktivitas anak. Rhinos Junior cocok untuk digunakan oleh anak mulai dari usia 2 tahun ke atas. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan cara penggunaan dan takaran yang dianjurkan, agar sesuai dengan kebutuhan dan mencegah timbulnya efek samping akibat penggunaan yang tidak sesuai.




References:

https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/jenis-obat-pilek-bayi/

https://www.voaindonesia.com/a/hati-hati-beri-obat-dekongestan-kepada-anak-saat-flu-/4628464.html




Tags: Flu pada anak,obat flu anak,obat pilek anak,obat flu anak yang aman,obat pilek anak yang aman,obat flu anak yang ampuh,obat pilek untuk anak,bahan alami untuk flu anak,bahan alami untuk atasi flu anak,Rhinos Junior,Rhinos