Kehamilan

Publish date : 12/26/2019

Domperidone: Manfaat dan Keamanannya untuk Ibu Hamil & Menyusui


Domperidone adalah obat antiemetik yang berguna untuk meredakan rasa mual, muntah, dan GERD. Pada dasarnya, domperidone bekerja dengan cara membuat proses pencernaan makanan di dalam lambung lebih cepat agar langsung berlanjut ke usus. Sehingga, rasa mual dapat dihentikan dengan cepat. Selain berperan mengatasi rasa tidak nyaman pada lambung, masyarakat juga percaya bahwa domperidone dapat merangsang laktasi pada ibu menyusui. Kendati demikian, masih banyak Mums yang takut untuk mengonsumsi domperidone. Hal inilah yang akan kita bahas kali ini, Sowbat. Yuk, simak penjelasannya agar lebih paham!



Bagaimana Domperidone Dapat Merangsang Produksi ASI?

Berbicara mengenai pengendalian produksi ASI pada wanita menyusui, tentu tak lepas dari peran hormon prolaktin. Jika kadar hormon prolaktin dalam tubuh Mums meningkat, maka produksi ASI pun menjadi lebih banyak. Peningkatan prolaktin ini dapat dicapai dengan mengonsumsi sejumlah dosis domperidone, Mums. Konsumsi domperidone biasanya dimulai dari dosis 10 miligram terlebih dahulu, dengan frekuensi tiap tiga kali sehari. Produksi ASI akan meningkat dalam 7 hari, dan puncaknya adalah setelah dua hingga empat minggu. Setelah pasokan ASI dinilai sudah cukup, maka dosis perlu dikurangi secara perlahan untuk menghindari penurunan produksi ASI.


Apakah Domperidone Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

Menurut Pregnancy Risk Category dari Food and Drugs Association, domperidone merupakan obat berkategori C. Hal ini menandakan bahwa, berdasarkan penelitian pada hewan percobaan ditemukan adanya efek samping dari penggunaan domperidone. Kendati demikian, belum ada pengujian yang pasti mengenai efek samping obat ini pada ibu hamil, maupun laporan terkait efek sampingnya pada janin. Sehingga, obat sebaiknya hanya digunakan oleh ibu hamil atas anjuran dokter, dan apabila rasio manfaatnya lebih besar dibandingkan efek sampingnya.


Baca juga:

Mums, Hindari Makanan-makanan Ini Selama Masa Kehamilan, Ya!

Terlalu Banyak Minum Vitamin Saat Hamil? Pilih Multivitamin Terlengkap Ini Saja!

Begini Cara Baca Aturan Minum Obat yang Tepat!




Lalu, Bagaimana dengan Keamanan Pada Ibu Menyusui dan Bayi?

Domperidone aman digunakan oleh Mums yang sedang menyusui asalkan menggunakan dosis dan anjuran pakai yang tepat. Selain itu, domperidone hanya ditemukan pada ASI dalam jumlah yang sangat kecil, yakni 0,02% dari total dosis yang dikonsumsi. Dan berita baiknya, sejauh ini belum ada laporan terkait efek samping pada bayi yang ibunya menggunakan domperidone.

Pada beberapa kasus, domperidone masih dibatasi pada pasien dengan kondisi khusus, yakni wanita dengan penyakit jantung terutama yang memiliki riwayat aritmia ventrikel, wanita dengan gangguan ginjal dan hati, adanya alergi tertentu, serta wanita yang baru saja melahirkan. Oleh karena itu, Mums perlu selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi domperidone, ya!




Referensi: Alodokter, Wikipedia, Drugs.com, The Conversation, Pregnancy Sickness Support UK



Tags: domperidone,perangsang ASI,pregnancy risk category