Kesehatan

Publish date : 11/07/2019

Operasi merupakan tindakan medis yang seringkali dianggap sebagai suatu hal yang menakutkan. Tak jarang pasien yang tegang sebelum melakukan operasi dan berharap operasi berjalan dengan lancar. Padahal, proses pemulihan setelah operasi tidak kalah penting karena sangat menentukan kapan seorang pasien bisa beraktivitas secara normal kembali. Untuk itu, beberapa keluhan yang biasa terjadi setelah operasi perlu diketahui terlebih dahulu, agar kamu tidak kaget dan dapat mengantisipasinya. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!


Mual dan Muntah

Sebagian pasien yang baru menjalani operasi biasanya akan merasakan sensasi mual dan muntah yang tak terduga. Kondisi ini terjadi beberapa jam setelah operasi sampai dengan 1 hari setelah operasi selesai. Keluhan mual dan muntah umumnya akan terasa semakin kuat apabila operasi dilakukan pada area sekitar perut, misalnya operasi caesar dan usus buntu. Mual dan muntah pasca operasi ini terjadi akibat reaksi tubuh terhadap obat anastesi (bius) yang digunakan saat operasi berlangsung. Obat-obatan yang mengandung domperidone merupakan penanganan utama mual dan muntah yang paling ampuh dan biasa diresepkan oleh dokter.


Sembelit

Pasca operasi, pasien cenderung lebih sulit mengeluarkan angin yang ada di dalam tubuh, karena terjadinya sembelit. Sembelit ini bisa terjadi karena pada umumnya dokter akan menyarankan pasien untuk tidak makan sehari sebelum menjalani operasi. Selain itu, sembelit juga mungkin terjadi akibat efek samping dari obat nyeri, obat anestesi, dehidrasi, sampai perasaan tegang sebelum menjalani operasi. Untuk mengatasi sembelit, pasien dianjurkan untuk minum lebih banyak dan mengonsumsi makanan kaya serat disertai sumber probiotik.


Nah, sekarang sudah paham kan, Sowbat. Ternyata gangguan sembelit dan rasa mual serta muntah merupakan hal yang wajar terjadi pasca seseorang melakukan operasi. Penanganan yang tepat tentu bukan hanya meningkatkan kenyamanan pasien, namun juga mempercepat pemulihan tubuh pasca operasi.



Referensi: Hellosehat, very well health, hopkins medicine



Tags: mual dan muntah,Vometa,sembelit,keluhan pasca operasi,pasca operasi,perawatan pasca operasi