Kesehatan

Publish date : 07/22/2019

Perut yang kembung atau begah akan membuat kita tidak nyaman saat beraktivitas. Rasa kembung terasa akibat menumpuknya gas di dalam sistem pencernaan khususnya lambung kita. Secara fisik, perut juga akan nampak buncit dan membesar karena penumpukan gas tersebut, sehingga aktivitas pun jadi terganggu. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi perut yang kembung? Beberapa tips berikut bisa kamu lakukan agar rasa kembung atau begah segera teratasi.


Sendawa atau Buang Angin dengan Sengaja

Saat perut kembung, maka salah satu cara termudah untuk menanganinya yakni dengan mengeluarkan gas yang ada di dalamnya. Kamu bisa mengeluarkan gas yang menumpuk tersebut dengan cara bersendawa atau buang angin dengan sengaja. Dua cara tersebut efektif karena dilakukan secara alami oleh tubuh kita agar gas yang berlebih dalam tubuh bisa segera keluar. Tapi, saat melakukan cara ini selalu perhatikan lingkungan dan kondisi sekitar juga ya, agar tidak mengganggu orang lain.


Hindari Minuman Tertentu

Minuman-minuman tertentu dapat memperburuk kondisi perut kembung, lho! Contohnya, minuman bersoda mungkin bisa memberikan rasa segar secara instan bagi tubuh kita. Tapi, tahukah kamu kalau minuman bersoda justru akan membuat gas semakin menumpuk dalam saluran cerna? Hal ini terjadi karena minuman ini dapat melepas karbon dioksida ketika masuk ke lambung.

Selain itu, minuman yang mengandung gula terutama “gula alkohol” (seperti sorbitol yang umumnya terdapat pada sari buah apel) juga dapat menjadi sumber gas di perut. Hal ini diakibatkan oleh aktivitas bakteri-bakteri sehat mencerna gula-gula tertentu menjadi gas. Di samping itu, hindari juga konsumsi minuman beralkohol yang dapat mengurangi kemampuan lambung melakukan pengosongan. Nah, kesimpulannya jika kamu ingin meredakan kembung, pastikan kamu tidak mengonsumsi minuman-minuman di atas terlebih dahulu, ya.


Lebih Aktif Beraktivitas dan Olahraga

Orang yang kurang berolahraga akan lebih rentan mengalami sembelit atau perut kembung. Ini disebabkan karena minimnya aktivitas fisik yang lambat laun dapat menurunkan pergerakan organ pencernaan dan memicu gas menumpuk di perut. Ada beragam aktivitas atau olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut kembung. Kamu bisa memulainya dengan melakukan olahraga kardio seperti berenang, bersepeda atau jogging selama 5 menit setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan yoga selama 5 menit untuk memperlancar pergerakan dan aktivitas organ pencernaan tubuh. Jadi, tubuhmu akan terasa semakin fit dan perut kembung pun bisa dicegah.


Atasi dengan Obat Anti Kembung

Perut kembung juga bisa diatasi lebih cepat dengan cara meminum obat. Kamu bisa menggunakan obat-obatan yang bekerja meregulasi pergerakan organ pencernaan, antiflatulent (anti kembung), ataupun antiemetic (anti muntah). Salah satu obat dengan fungsi seperti di atas yang efektif dan aman untuk meredakan perut kembung adalah Vometa FT.

Vometa FT merupakan obat tablet dengan kandungan domperidone di dalamnya. Domperidone sebagai bahan aktif bekerja secara lokal meningkatkan motilitas atau pergerakan dari lambung dan usus, sehingga dapat membuat waktu pengosongan lambung lebih singkat dan membuat rasa begah berkurang. Selain itu, obat ini juga bertindak pada reseptor dopamin yang bertanggung jawab atas reflek muntah, sehingga dapat meredakan mual, muntah, maupun GERD (gastroesophageal reflux disease).

Dapatkan Vometa FT hanya di apotek-apotek resmi dan terpercaya di sini, untuk mengatasi perut kembung, rasa mual, muntah, hingga GERD. Say no more to perut begah dan kembung!




References:

https://informasiobat.com/domperidon

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/olahraga-mengatasi-perut-kembung/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengatasi-perut-kembung/

https://hellosehat.com/obat/vometa-obat-mual/

https://doktersehat.com/vometa/

https://lifestyle.kompas.com/read/2014/11/03/142437423/Ketahui.Penyebab.Perut.Kembung.dan.Cara.Mencegahnya

https://food.detik.com/info-sehat/d-3732584/wah-10-makanan-ini-ternyata-picu-perut-kembung-1




Tags: Perut kembung dan begah,perut kembung,gangguan saluran cerna,mual dan muntah,GERD,obat kembung,atasi kembung dan begah,obat kembung aman,obat kembung ampuh,antiflatulent,antiemetic,antiemetik,antiflatulen,gastrointestinal regulator,domperidone,Vometa,Vometa FT