Kesehatan

Publish date : 12/26/2019

Anak Sering Sembelit? Cegah dan Atasi dengan Bahan Alami Ini Saja, Mums!


Konstipasi atau sembelit merupakan suatu penyakit ketika tubuh kesulitan untuk BAB atau buang air besar. Kondisi ini umumnya terjadi akibat tinja bergerak terlalu lamban dalam sistem pencernaan, sehingga mengeras dan sulit dikeluarkan dari rektum. Penderita umumnya akan merasakan ketidaknyamanan pada rongga perut (abdomen) dan BAB pun jadi terasa lebih sakit. Frekuensi BAB pun akan berkurang hingga mencapai kurang dari 3 kali setiap minggunya.


Pada anak-anak dan bayi, sembelit umumnya diakibatkan oleh kurangnya mengonsumsi makanan berserat atau kurang minum. Konstipasi atau sembelit pada anak bahkan masih menjadi masalah kesehatan yang cukup tinggi. Menurut North American Society for Pediatric Gastroenterology and Nutrition (NASPGAN), kejadian konstipasi pada anak-anak mencapai 30% lebih. Di samping itu, dari sekitar 16% penduduk Amerika yang menderita sembelit kronis, tak sedikit di antaranya yang berujung pada kematian. Hal inilah yang membuat konstipasi pada Si Kecil perlu ditangani dengan segera agar tidak berujung pada hal yang tidak diinginkan. Terlebih, sembelit juga bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi tubuh Si Kecil.

Ketika tanda-tanda konstipasi atau sembelit pada anak muncul, Mums perlu dengan segera berkonsultasi pada dokter. Di samping itu, Mums juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengobati sembelit yang diderita Si Kecil. Simak penjelasan berikut untuk ketahui bahan-bahan alami sebagai pertolongan sembelit anak.


1. Buah Plum

Kandungan serat yang tinggi membuat buah plum jadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk menyembuhkan konstipasi Si Kecil. Serat buah plum berperan dalam melancarkan proses pembuangan tinja. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil lho, Mums!


2. Apel

Hampir setiap anak suka dengan buah apel, dan buah yang satu ini juga bisa Mums manfaatkan untuk menyembuhkan sembelit. Kandungan serat pektin yang tinggi dapat membantu bakteri untuk membentuk asam lemak yang berguna untuk melunakkan feses. Sehingga, BAB Si Kecil akan kembali lancar dan konstipasi pun bisa diatasi dengan mudah.


3. Pir

Kandungan serat dan kadar air yang tinggi membuat pir juga jadi salah satu buah andalan untuk mengatasi sembelit. Selain itu, pir mengandung fruktosa dan sorbitol yang berguna sebagai pendorong alami air kedalam usus. Sehingga, usus akan mendorong feses dan membantu memperlancar BAB anak.


4. Ubi Manis

Kandungan serat selulosa, lignin, dan pektin yang tinggi, serta kadar gilkemik yang rendah membuat ubi manis sangat direkomendasikan untuk menyembuhkan sembelit Si Kecil lho, Mums. Rasanya yang manis dan gurih juga banyak disukai anak, sehingga cocok dijadikan camilan menyenangkan.


5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai makanan yang tinggi serat. Sekitar satu setengah cangkir kacang dapat memenuhi 31% serat yang dibutuhan tubuh sehari-hari. Mums bisa memberikan kacang polong sebagai campuran menu untuk membantu mengatasi konstipasi yang dialami Si Kecil.


6. Biji Chia

Tahukah Mums, kalau satu ons biji chia ternyata bisa memenuhi 42% kebutuhan serat manusia setiap harinya. Penyiapannya juga mudah lho, Mums. Cukup dengan merendam biji chia ke dalam air hingga melunak, dan campurkan pada camilan Si Kecil untuk membantu melunakkan feses dan menghentikan sembelit yang dideritanya.


Baca juga:

Jangan Remehkan Diare Pada Anak! Atasi dengan Obat Diare Alami yang Aman


Perut Kembung Berkepanjangan? Waspadai Gejala dan Penyebabnya!

Perut Terasa Kembung? Atasi dengan Cara Praktis Berikut!




7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kubis, dan brokoli memang dipercaya sebagai makanan wajib yang perlu Mums berikan saat Si Kecil mengalami konstipasi. Selain kandungan serat yang tinggi, sayuran hijau juga memiliki kadar vitamin C, vitamin K, dan folat yang tinggi. Sehingga, sayuran hijau bisa membantu memenuhi nutrisi harian Si Kecil sekaligus membantu mempercepat proses penyembuhan sembelit.


8. Probiotik

Selain varian buah dan sayur, Mums juga bisa gunakan bahan alami berupa probiotik, lho. Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme baik yang berperan mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan dengan cara menyeimbangkan atau menetralkan populasi bakteri dalam usus, sehingga fungsi organ pencernaan dan bekerja normal. Bakteri-bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik di antaranya beberapa jenis Lactobacillus dan Bifidobacterium. Sumber probiotik yang bisa Mums dapatkan dengan mudah adalah yoghurt dan beberapa suplemen seperti Lacidofil.


Menggunakan bahan-bahan alami seperti varian buah dan sayur serta probiotik, memang bisa menjadi alternatif terbaik untuk mencegah dan mengatasi sembelit Si Kecil. Namun, alangkah lebih baiknya Mums tetap melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan sembelit yang paling tepat bagi Si Kecil, ya. 




Referensi: Ikatan Dokter Anak Indonesia, HelloSehat, Stat News, Alodokter, CNN Indonesia, Merdeka .com




Tags: obat alami sembelit anak,obat alami sembelit,sembelit pada anak,obat sembelit,obat susah BAB,pencegahan sembelit,mengatasi sembelit,susah buang air besar,konstipasi