Manfaat ASI Ekslkusif Buat Si Kecil

Goapotik
Publish Date • 07/27/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Manfaat ASI Ekslkusif Buat Si Kecil

Setiap moms tentunya ingin buah hatinya tumbuh sehat, terutama saat si kecil baru lahir. Tentunya salah satu caranya adalah dengan memberikan gizi terbaik untuk anak agar anak mendapatkan nutrisi yang berkualitas.


Moms tentunya akan memilih cara bagaimana memberikan nutrisi untuk si kecil. Diantara cara-cara yang ada seperti ASI eksklusif, susu formula, atau gabungan dari keduanya. Tentunya cara tersebut sebaiknya disesuaikan dengan keadaan sang ibu dan si kecil.


Baca: Mitos-Fakta Terkait ASI


Terkait ASI eksklusif, ada beberapa keuntungan yang didapatkan:


  1. Nutrisi Awal Pertumbuhan

ASI eksklusif memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi saat masa awal pertumbuhan. Beberapa zat seperti mineral, protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat terdapat pada ASI dengan proporsi yang baik. ASI juga mengandung antibodi untuk melindungi si kecil dari infeksi.


  1. Imunitas Tubuh Lebih Kuat

Karena mengandung antibodi, ASI juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga melindunginya dari virus dan bakteri. Jika kekebalan tubuh si kecil terbentuk, maka dapat melindunginya dari infeksi penyakit. Beberapa penyakit yang resikonya bisa berkurang dengan ASI eksklusif antara lain adalah asma, meningitis, dan lain-lain.


  1. Mencegah Alergi 

Selain melawan virus dan bakteri penyebab penyakit, kekebalan tubuh yang dihasilkan oleh ASI juga dapat melindungi si kecil dari berbagai macam alergi. Dengan adanya kekebalan tubuh, reaksi yang terjadi pada tubuh bayi terhadap suatu benda dapat berkurang.


  1. Membantu Perkembangan Otak

Pada ASI, terdapat kandungan asam lemak omega-3. Zat ini dapat membantu perkembangan otak pada bayi. Karena itu, pemberian ASI eksklusif tentunya akan meningkatkan perkembangan otak si kecil.


  1. Berat Badan Ideal

Kandungan insulin pada ASI memiliki jumlah yang tepat. Pasalnya, insulin berperan dalam pembentukan lemak. Hal ini membuat pemberian ASI tidak membuat berat badan si kecil tetap seimbang. Karena itu, pemberian ASI eksklusif dapat menjaga berat badan si kecil tetap ideal.


  1. Meningkatkan Ikatan Ibu & Anak

Pada saat moms memberikan ASI untuk si kecil, terjadi kontak fisik secara langsung antara moms dan bayi. Sentuhan kulit ini akan meningkatkan ikatan batin sang ibu dan anak. Selain itu, si kecil juga dapat merasakan kasih sayang moms melalui kehangatan tubuh moms sehingga meningkatkan ikatan ibu & anak.


Di atas adalah beberapa manfaat ASI eksklusif untuk si kecil dan juga moms. Tentunya pemberian ASI eksklusif juga harus disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan moms ya.


Yuk #SehatBarengGoapotik