Tips Agar Mulut Tidak Bau Saat Puasa

Goapotik
Publish Date • 04/04/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Tips Agar Mulut Tidak Bau Saat Puasa

Di bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan melaksanakan beberapa ibadah. Salah satunya adalah ibadah puasa di mana umat muslim menahan lapar dan haus dari mulai terbit fajar hingga matahari terbenam.


Puasa tentunya sedikit banyak mengubah kebiasaan dan kondisi tubuh kita. Perubahan yang signifikan terdapat pada pola makan di mana sowbat tidak mengkonsumsi makanan dan minuman pada saat siang hari saat beraktivitas.


Perubahan pola makan ini bisa membuat mulut terasa bau jika tidak dijaga. Akibatnya, mulut yang bau dapat membuat orang di sekitar kita terganggu dan kita tidak merasa percaya diri.


Supaya hal itu tidak terjadi pada sowbat, berikut tips agar mulut tidak bau saat puasa:


  1. Menyikat Gigi

Penyebab utama dari bau mulut adalah adanya makanan yang masih tersisa di rongga mulut. Sisa-sisa makanan tersebut dapat menyebabkan bau tidak sedap jika dibiarkan dalam waktu lama. Oleh karena itu, penting bagi sowbat untuk menyikat gigi saat setelah sahur dan setelah berbuka puasa. Dengan menyikat gigi, sowbat dapat meminimalisir makanan yang tersisa di rongga mulut sehingga tidak menyebabkan bau mulut.


Temukan Sikat Gigi di GoApotik


  1. Membersihkan Lidah

Kebanyakan dari kita hanya fokus kepada sikat gigi tanpa memperhatikan kebersihan lidah. Padahal, lidah yang tidak bersih juga memiliki bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Karena itu, sebaiknya sowbat juga membersihkan lidah menggunakan pembersih lidah. Jika sowbat tidak memiliki pembersih lidah, sowbat bisa menggunakan sikat gigi sebagai pengganti.


Temukan Pembersih Lidah di GoApotik


  1. Membersihkan Sela-Sela Gigi Menggunakan Dental Floss

Bagian lain yang ada di rongga mulut dan sering terlupakan untuk dibersihkan adalah sela-sela gigi. Pada bagian sela-sela gigi tertentu, ada yang sulit terjangkau oleh sikat gigi. Akibatnya kotoran sisa makanan tidak bisa terangkat dengan baik. Di sinilah peran dental floss bermain. Dengan menggunakan dental floss, kotoran sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dapat terambil dengan lebih baik.


Temukan Dental Floss di GoApotik


  1. Berkumur dengan Mouthwash

Setelah menyikat gigi, membersihkan lidah, dan menggunakan dental floss, dianjurkan juga untuk berkumur dengan mouthwash. Hal ini bisa sowbat lakukan agar sisa-sisa makanan dan kuman yang terambil setelah menyikat gigi dan membersihkan lidah dapat terbuang dengan lebih baik. Selain itu, mouthwash juga memiliki aroma yang menyegarkan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri sowbat.


Temukan Mouthwash di GoApotik


  1. Minum Air Putih Secukupnya

Mencukupi kebutuhan air putih saat puasa dapat meminimalisir kemungkinan kekurangan cairan tubuh (dehidrasi). Selain itu, jika kebutuhan air putih terpenuhi dengan baik, produksi air liur pun tetap terjaga. Dengan demikian, bau mulut pun bisa teratasi.


  1. Hindari Makanan Berbau Menyengat

Walaupun kita sudah membersihkan mulut kita dengan baik, aroma yang dihasilkan dari makanan berbau menyengat (seperti durian, bawang, pete, dll.) terkadang membutuhkan waktu untuk hilang dari mulut. Akibatnya, walaupun mulut sudah bersih, akan tetap menghasilkan bau mulut.

Sebaiknya sowbat menghindari makanan berbau menyengat sehingga bisa mengurangi bau mulut saat puasa.


  1. Berhenti Merokok

Hal lain yang dapat menyebabkan bau mulut adalah rokok. Selain mengganggu kesehatan, aroma kuat dan bertahan lama yang dihasilkan oleh rokok tentunya juga dapat mendukung bau mulut saat sowbat berpuasa. Oleh karena itu sebaiknya sowbat berhenti dan menghindari merokok.


Dengan tips-tips tadi, sowbat bisa tetap berpuasa tanpa bau mulut. Hasilnya, sowbat tetap bisa menjalani aktivitas dengan nyaman dan percaya diri.


Dapatkan berbagai produk kesehatan di GoApotik! Dari mulai tebus obat resep hingga produk kecantikan ada di sini!