Ini Cara Agar Tetap Fit saat Puasa

Goapotik
Publish Date • 03/29/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Ini Cara Agar Tetap Fit saat Puasa

Tantangan yang dialami umat muslim saat selama bulan Ramadhan salah satunya adalah tetap harus menjalankan aktivitas sehari-hari dan menjaga tubuh agar tetap fit saat puasa. Perubahan ini tentunya akan mengubah kondisi tubuh sowbat.


Kegiatan yang padat, sinar matahari yang menyengat, aktivitas yang menguras tenaga, menjadikan kondisi tubuh sowbat dapat menurun karena tidak ada asupan makanan dan minuman saat puasa.


Akan tetapi bukan berarti tidak ada cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati hal tersebut. Berikut beberapa cara agar tetap fit saat puasa:


1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Walaupun harus menahan lapar dan haus, kebutuhan cairan tubuh sowbat harus tetap terpenuhi. Dengan begitu metabolisme tubuh sowbat tetap berjalan dengan baik. Karena pada saat puasa sowbat tidak bisa mengkonsumsi air putih, sowbat bisa mengganti waktu minum air putih menjadi pada saat sahur, saat berbuka puasa, sebelum tarawih, dan sebelum tidur.


2. Perhatikan Makanan Saat Sahur & Berbuka

Asupan gizi selama bulan puasa sangatlah penting untuk dipenuhi baik saat sahur maupun berbuka. Sowbat bisa memenuhi kebutuhan gizi dengan makanan yang mengandung banyak serat. Pasalnya, makanan dengan kandungan serat yang tinggi akan membantu sowbat merasa kenyang lebih lama sehingga sowbat tidak mudah merasa lapar selama puasa. Selain itu makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan.


3. Tidur yang Cukup

Dalam menjalankan aktivitas selama puasa, tentunya sowbat membutuhkan energi yang cukup. Karena itu, kebutuhan tidur harus dipenuhi agar energi yang hilang saat beraktivitas dan puasa bisa kembali untuk menjalani aktivitas di kemudian hari.


4. Hindari Makanan & Minuman Manis Berlebih

Tentunya sowbat tidak mau merasa lapar saat menjalankan ibadah puasa kan? Sebaiknya sowbat menghindari mengkonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis. Pasalnya, makanan dan minuman manis mengandung banyak gula yang dapat membuat sowbat merasa lapar saat puasa.


5. Jangan Lewatkan Sahur

Energi saat menjalankan puasa bisa sowbat dapatkan dengan sahur. Makanan yang sowbat konsumsi saat sahur akan diolah menjadi cadangan energi saat menjalankan puasa. Maka, melewatkan sahur adalah pilihan yang kurang tepat.


Itulah tips agar sowbat tetap fit saat puasa sambil menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, sowbat bisa menunaikan ibadah puasa dengan baik. Jika sowbat ingin melengkapi asupan gizi sowbat, sowbat bisa mendapatkannya melalui GoApotik!


Sumber

https://dinkes.kalbarprov.go.id/

https://upk.kemkes.go.id/