Gaya Hidup

Publish date : 03/17/2021

Berjualan online di era digital merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi sekaligus cara untuk dapat “tetap hidup” di saat Pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hanya saja, untuk memulai usaha online ini diperlukan pengetahuan yang cukup untuk dapat bersaing dengan penjual online lainnya. Tentu menjadi sebuah tantangan besar untuk penjual offline yang baru mengenal dan ingin mencoba peruntungannya di online. Untuk itu GoApotik bersama Tokopedia berusaha memberikan layanan yang terbaik, khususnya bagi penjual online GoApotik (Merchant) untuk dapat sukses dalam bersaing dengan penjual online lainnya, terutama para penjual di Tokopedia.


Pada Januari 2021, GoApotik sukses mengadakan sebuah webinar dengan tema “Maximizing Your Pharmacy Services with GoApotik and Tokopedia”. Webinar ini bekerjasama dengan Tokopedia dan dihadiri oleh lebih dari 100 apotek yang berjualan online di GoApotik. Para peserta sangat antusias di setiap sesi, mulai dari sesi pembahasan topik, kuis berhadiah, hingga sesi tanya jawab. Bagaimana keseruannya? Yuk, kita lihat rangkuman tanya jawab para peserta di Webinar GoApotik X Tokopedia.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Online di Era Digital: Webinar “Maximizing Your Pharmacy Services with GoApotik and Tokopedia”     

Tanya Jawab di Webinar GoApotik

Acara yang berlangsung kurang lebih tiga jam ini, rasanya sangat cepat berlalu. Pembahasan dan diskusi yang menarik, mengundang peserta untuk aktif bertanya. Bahkan sampai akhir sesi banyak sekali Merchant yang masih antusias untuk bertanya, tetapi karena terbatasnya waktu kami tidak dapat menjawab semua pertanyaan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan membahasnya satu per satu dengan lebih detail. 

Pertanyaan terkait berjualan di Tokopedia

  • Bagaimana cara proses Top Ads ke Tokopedia?

Pengajuan aktivasi Top Ads dapat diinformasikan langsung pada tim GoApotik (dapat melalui PIC Partnership masing-masing Apotek). Silakan informasikan nominal budget yang akan dialokasikan (dengan minimal saldo Top Ads 1 juta), produk/SKU aktif yang ingin diiklankan, dan kata kunci yang diharapkan diiklankan untuk pencarian produk/toko Anda. Tim Business GoApotik akan memberikan feedback berupa informasi tata cara transfer alokasi budget, preview iklan, dan kata kunci yang akan diaktifkan (keyword bidding) dalam waktu maks. 7 hari kerja (setelah informasi pengajuan diterima).


  • Kapan apotek saya bisa beroperasi/aktif di Tokopedia?

Proses pendaftaran apotek ke Tokopedia memakan waktu sekitar 30 hari kerja, bergantung pada kesiapan apotek yang berkaitan dengan komitmen respon order, adanya akun admin, kesiapan jumlah produk, adanya logo apotek, dan kesediaan apotek untuk menanggung pemotongan Security deposit jika ada order-order yang ditolak setelah apotek live. Poin-poin tersebut akan kami konfirmasi ke pihak apotek 2 minggu sebelum live dan 1 hari sebelum apotek live. Jika apotek sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka apotek dapat menanyakan status pendaftaran apotek ke tim PIC Partnership masing-masing apotek.


  • Apotek saya belum bisa masuk ke aplikasi seller Tokopedia

Untuk kendala masuk akun, apotek dapat memeriksa kembali apakah email aktivasi dari Tokopedia sudah masuk atau belum. Harap Apotek pastikan kembali jika akun email yang didaftarkan sudah memiliki akun pembeli Tokopedia. Jika akun pembeli sudah ada dan email aktivasi sudah masuk, maka apotek bisa akses seller.tokopedia.com untuk log in ke akun toko.


  • Jika mengaktifkan balasan chat otomatis apakah akan dihitung sebagai chat dibalas cepat dalam performa toko? Atau waktu balas yang dihitung adalah balasan manual saja?

Fitur balasan otomatis tidak mempengaruhi kecepatan membalas tokomu maupun indikator membalas chat. Chat pembeli yang sudah dibalas dengan fitur balasan otomatis tetap harus dibalas oleh Merchant secara manual, karena status chat tidak berubah menjadi sudah dibalas jika Merchant tidak balas manual.


Pertanyaan terkait tebus obat resep di Tokopedia

  • Banyak seller (terutama yang bukan official store) yang menjual obat keras tanpa resep. Apakah ada rencana untuk meregulasi toko seperti ini?

Pelayanan obat resep secara online sebenarnya sama halnya dengan proses tebus obat resep secara offline. Kedua kondisi tersebut tetap mengacu pada Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek dan beberapa regulasi lainnya, dan Apoteker Apotek memiliki tanggung jawab untuk melakukan verifikasi terkait validitas resep. Mengacu pada regulasi ini, apoteklah yang memiliki hak untuk mengambil keputusan terkait pelayanan seluruh order/pesanan.


  • Terkadang pembeli checkout produk logo merah dalam jumlah banyak dan tanpa upload resep. Belum kunjung upload, lalu missed response dan batal otomatis, apakah kondisi tersebut mempengaruhi performa toko?

Merchant dapat mengingatkan customer melalui chat Tokopedia untuk upload resep. Namun, jika customer tidak upload/tidak ada resep maka pesanan tersebut bisa di-reject dengan catatan wajib mengisi reason/alasan reject yaitu “Customer Tidak Upload/Tidak Ada Resep”. Dan hal tersebut tidak akan mempengaruhi performa toko.


  • Kalau buyer belum upload resep, tetapi saat di chat nanti infonya akan dikasih ke kurir resep aslinya, flow-nya bagaimana? Padahal seller sudah centang dibungkus obat pakai resep, tapi faktanya resep aslinya tidak diberikan ke apotek.

Pertama, pastikan customer sudah upload resep dan Merchant sudah berdiskusi dengan customer melalui chat Tokopedia untuk memastikan jika pembeli bersedia menyerahkan resep jika ada kurir yang pick up. Kemudian, isi form request pengambilan resep ini: http://gg.gg/formpengembalianresep


  • Bagaimana jika ada toko obat yang tidak resmi masih menjual obat logo merah dan tidak ada kewajiban upload resep? 

Saat ini apotek yang berjualan obat keras di Tokopedia hanya apotek-apotek Official Store. Jika ada Apotek/toko obat tidak resmi yang berjualan di Tokopedia, maka pihak Tokopedia akan langsung memblokir Toko tersebut sehingga tidak bisa berjualan kembali di tokopedia.


  • Bagaimana jika ada yang ingin beli obat dengan sifat narkotika psikotropika? Apakah penjual tetap harus melayani atau minta upload resep terlebih dulu?

Sesuai dengan Peraturan Badan POM No 8 Th 2020 tentang Peredaran Obat dan Makanan Online, produk psikotropika dan narkotika dilarang dijual online, sehingga produk-produk dengan kandungan psikotropika dan narkotika dapat dipastikan tidak akan tersedia di database master GoApotik.


Pertanyaan terkait notifikasi dan stok produk

  • Apotek saya masih kesulitan terkait masalah update stok dan notifikasi

Pertama, pastikan handphone atau komputer yang digunakan tidak dalam mode silent serta tidak ada aplikasi anti virus. Kemudian, pastikan di handphone atau komputer yang digunakan sudah di allow notifikasi dan atur volume sesuai yang diinginkan. Panduan allow notifikasi bisa hubungi tim Partnership GoApotik. 

Untuk melakukan setting notifikasi pada perangkat dapat menghubungi tim Partnership GoApotik. Kemudian untuk stok produk, pastikan sistem integrasi yang digunakan sudah berjalan dengan baik. Apabila mengalami kendala dalam sinkronisasi sistem integrasi yang digunakan, maka bisa menghubungi tim Partnership GoApotik untuk diteruskan ke tim internal GoApotik dan dilakukan pengecekan lebih lanjut.


  • Apotek saya terkadang me-reject order karena harga tidak sesuai, padahal secara sistem sudah diubah melalui excel Goapotik

Pastikan sistem integrasi yang digunakan sudah berjalan dengan baik. Kemudian, pastikan harga yang di-upload sudah berubah di website GoApotik sehingga di Tokopedia juga bisa berubah. Apabila masih mengalami kendala dalam sinkronisasi harga, harap menghubungi tim Partnership GoApotik untuk diteruskan ke tim internal GoApotik dan dilakukan pengecekan lebih lanjut.


  • Jika ada pembeli yang pesan 5 jenis obat, tetapi di apotek hanya tersedia 3 obat, apakah bisa minta pembeli untuk cancel dahulu dan memperbaharui pesanan obatnya sesuai stok yang ada di apotek?

Diperbolehkan. Tetap pastikan Merchant selalu update stok sehingga yang tayang di website sudah sesuai dengan stok fisik di Merchant.


  • Bagaimana cara update stok dan harga yang benar, karena data masih sering tidak update/sinkron?

Saat ini untuk update data produk (stok dan harga) ke GoApotik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu menggunakan seller App, GoFusion dan GPOS. Untuk info lebih lanjut cara kerja dari ketiga sistem integrasi tersebut dapat menghubungi tim Partnership GoApotik. Untuk stok yang tidak sinkron, disarankan agar Apotek menyediakan buffer stok antara offline dan online-nya. Terkait perubahan harga maka disarankan Apotek update harganya H-1 sebelum harga terbaru live.


  • Apakah sinkronisasi harga & update stok produk sudah otomatis update melalui sistem GoApotik atau masih update manual oleh apotek di sistem seller Tokopedia?

Untuk sinkronisasi stok dan harga ke Tokopedia sudah otomatis dari GoApotik, sehingga Merchant hanya dapat melakukan update stok dan harga dari sistem GoApotik saja tanpa update manual lagi di sistem Tokopedia.


  • Bagaimana cara update stok dan harga dengan lebih simple?

Di GoApotik tersedia sistem GPOS Lite yang dapat update secara otomatis baik saat offline maupun online. Sudah dilengkapi sistem kasir (POS) sehingga memudahkan Merchant untuk berjualan secara offline maupun online. Info lebih lanjut dapat menghubungi tim Partnership GoApotik.


  • Jika ada stok kosong dan tidak dihilangkan di excel, maka stok tidak berubah. Apakah ada cara yang otomatis update? 

Jika proses update stok yang dimaksud adalah menggunakan GoFusion Excel maka untuk mensinkronisasi/mengupdate stok yang sudah kosong di Merchant, di file excel-nya juga harus dibuat kosong karena jika tidak dibuat kosong maka produk tersebut tetap tayang di website. Apotek bisa mencoba GPOS Lite, sistem POS kami yang otomatis akan terupdate stok dan harganya, serta dapat digunakan dalam keadaan offline maupun online. Silakan hubungi tim Partnership GoApotik jika tertarik. 


Pertanyaan terkait transaksi dan strategi marketing

  • Bagaimana kalau ada perawat atau dokter yang memesan obat per box, apakah boleh dilayani?

Kewenangan untuk melayani tebus obat resep dan penjualan produk kesehatan lainnya kami serahkan pada Apotek, sehingga Apotek berhak untuk melakukan verifikasi dan memutuskan apakah akan dilayani atau tidak. GoApotik sebagai penyedia platform memfasilitasi kebutuhan Apotek untuk memudahkan apotek melayani ataupun menolak setiap orderan yang masuk.


  • Jika sudah terpakai 1x broadcast chat, selanjutnya bagaimana?

Alokasi broadcast chat (BC) gratis di Tokopedia hanya dapat dilakukan 1 kali setiap bulannya untuk 1000 penerima/user. Jika alokasi BC sudah terpakai, maka apotek akan dikenakan biaya untuk melakukan BC selanjutnya. Biaya BC dapat diambil dari saldo aktif atau Top Ads apotek.

Untuk melakukan aktivitas serupa yang tidak dikenakan biaya, apotek dapat memanfaatkan Tokopedia Feed (serupa Instagram Feed). Perbedaannya terdapat pada sistem BC itu sendiri. Tokopedia Feed hanya bisa ditampilkan pada follower apotek, sedangkan BC dapat dikirimkan pada pembeli potensial yang bukan follower apotek.


  • Bagaimana cara customer untuk melakukan refund? 

Proses refund dana di Tokopedia dilakukan secara otomatis oleh Tokopedia dengan mengembalikan dana ke Saldo Tokopedia dan atau ke Saldo OVO customer. Jadi, customer bisa diarahkan untuk mengecek dana refundnya di Saldo Tokopedia dan atau Saldo OVO customer. Jika customer butuh bantuan lebih lanjut maka Merchant dapat mengarahkan customer untuk menghubungi Customer Service Tokopedia melalui menu Pusat Bantuan.


  • Bagaimana cara mengajukan promosi?

Pengajuan promosi dapat diinformasikan langsung pada tim GoApotik (dapat melalui PIC Partnership masing-masing) setiap minggu keempat sampai minggu ke 1 di bulan selanjutnya untuk naik dalam promo terbaru. Silakan informasikan list produk, diskon dari apotek, dan jumlah stok yang bersedia di-keep untuk program promosi (khusus untuk Flash Sale). Tim Business Development GoApotik melalui tim PIC akan menginformasikan jadwal produk yang akan naik di Tokopedia.

Informasi terkait promo reguler juga dapat dicek pada slide/materi webinar. Tim Business GoApotik akan secara rutin berkoordinasi dengan PIC Partnership masing-masing apotek, terkait potensi promosi atau aktivasi yang dapat dilakukan oleh merchant.


  • Stok kantong plastik GoApotik saya selalu kurang 

Kebutuhan plastik GoApotik bisa diajukan ke tim Partnership GoApotik atau melalui tim Customer Service GoApotik jika sisa stok di Merchant hanya setengah atau 1/4 dari yang dikirimkan sebelumnya.


  • Bagaimana jika plastik GoApotik tidak cukup untuk membungkus produk yang dibeli?

Jika terdapat banyak produk dalam 1 nomor order, maka wajib dikemas menggunakan bubble wrap dan kardus menjadi 1 kemasan dan tidak boleh dipisahkan. Kemudian, jika kantong plastik GoApotiknya tidak cukup karena ukuran produk terlalu besar, maka dapat menempelkan 1 lembar stiker saja di atas kemasannya sebagai penanda bahwa pesanan tersebut dari GoApotik.


Banyak sekali bukan pertanyaannya? Sudah pasti acaranya pun berlangsung sangat seru dan menarik. Nah, untuk kamu yang belum berkesempatan hadir dalam webinar GoApotik kemarin, jangan sedih karena GoApotik akan mengadakan webinar lagi dengan tema dan narasumber yang tak kalah hebatnya. Untuk itu, tetap ikuti informasi terkini dari GoApotik ya! Semoga kita bisa bertemu di webinar selanjutnya dalam keadaan sehat. Semangat, Sowbat!

Baca juga: Pertanyaan Umum Seputar GoApotik


Penulis: Tim Marketing GoApotik



Tags: event goapotik,webinar goapotik,webinar Goapotik x Tokopedia,Tips sukses jualan online di Goapotik,Webinar untuk Merchant Goapotik,Tanya Jawab seputar Berjualan di Goapotik,Tips Jualan Online saat Pandemi Covid-19,Strategi Jualan Online