Gaya Hidup

Publish date : 03/17/2021

Sejak awal 2020 virus Covid-19 telah mengubah sebagian besar gaya hidup dan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Tidak hanya untuk konsumen, perubahan ini pun terjadi untuk kalangan pengusaha. Perlu adaptasi dan ekstra penyesuaian khususnya bagi mereka yang belum terbiasa dengan hidup di era digital. Pandemi ini menuntut semua aktivitas di luar ruangan menjadi berbasis cloud atau daring. Mulai dari bekerja online, sekolah online, pesan makan online, konsultasi dengan dokter online, beli obat online, hingga berjualan online. Menurut riset Google pada Ramadan 2020, pencarian seputar cara berjualan online dan cara berbelanja online meningkat hingga 80%. Hal ini membuktikan jika ada persaingan cukup ketat antara penjual online “Senior” dengan penjual online “Pemula”. Mana yang paling berhasil dalam berjualan online? Tidak ada yang tahu. 

Baca juga: Apresiasi Pengembangan Obat Modern Asli Indonesia


Untuk itu, dalam rangka menjawab kegelisahan para penjual online khususnya apotek online yang tergabung dalam GoApotik, pada akhir Januari 2021, GoApotik bersama Tokopedia melakukan webinar dengan tema, “Maximizing your Pharmacy Services with Goapotik and Tokopedia”. Webinar ini banyak membahas pertanyaan Merchant (penjual online di GoApotik) seputar cara mengoptimalkan penjualan di Tokopedia melalui Goapotik, cara menarik banyak pembeli online, cara menentukan bentuk promosi yang pas dengan kebutuhan pembeli online, hingga support apa saja yang bisa Merchant dapatkan selama berjualan online di Tokopedia melalui GoApotik. 


Webinar Pertama GoApotik

Antusiasme merchant terhadap webinar ini sungguh besar, meskipun acara seperti ini adalah kali pertama bagi GoApotik. Terdapat lebih dari 100 merchant yang mendaftar, mulai dari apotek yang sudah lama bergabung dengan GoApotik hingga apotek yang baru saja mulai berjualan online. Semua peserta memiliki tujuan yang sama yaitu ingin belajar menjadi penjual online yang handal hingga akhirnya dapat bersaing dengan ribuan bahkan jutaan penjual online lainnya di dunia maya. 


Kami menyadari jika tantangan berjualan online semakin sulit, apalagi di masa pandemi seperti ini, ketika jumlah penjual online meningkat. Maka dari itu, webinar pertama ini kami fokuskan untuk perkembangan apotek online. Dengan melihat adanya peluang, GoApotik menggandeng Tokopedia sebagai partner terpercaya kami yang turut andil dalam program pemerintah di masa pandemi, khususnya dalam memajukan perekonomian negara. 


Baca juga: Webinar Goapotik X Tokopedia: Tips Sukses Berjualan Online saat Pandemi Covid-19

Pemenang Kuis Berhadiah di Webinar GoApotik

Selain pembahasan topik webinar yang serius oleh para narasumber hebat kami yaitu Felicia, Relationship Manager GoApotik di Tokopedia dan Aulia, Business Development GoApotik, kami juga melakukan banyak kuis berhadiah yang seru dan menarik. Mulai dari hadiah goodie bag yang berisi aneka merchandise GoApotik, bentuk promosi online, hingga voucher ongkos kirim yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi penjualan Merchant. Para pemenang dari kuis di webinar GoApotik x Tokopedia adalah sbb:

  1. Undian berhadiah Flash Sale di GoApotik dari Lucky Spinning Wheels.

Pemenangnya adalah Apotek Mawar, Apotek Permata, dan Apotek Yasa. 

  1. Dari kuis GoApotik berhadiah voucher Ongkos Kirim untuk pembeli apotek dengan total hadiah senilai Rp 1.500.000 (masing-masing voucher Rp 15.000).

Pemenangnya adalah Apotek Habibi atas nama Juju Jumiati dan Apotek K24 Bintang Farma. 

  1. Dari kuis Tokopedia berhadiah Flash Sale di Tokopedia periode Maret 2021.

Pemenangnya adalah Apotek Cipto atas nama Adelia dan Apotek Khairumman.


Kami mengucapkan selamat bagi para pemenang. Detail hadiah dan mekanisme bentuk promo kami sampaikan secara langsung dengan pihak apotek. Mohon para pemenang menghubungi PIC dari tim Partnership Goapotik. 


Studi Kasus Terkait Jualan Online di GoApotik

“Apotek saya sudah punya sistem kasir sendiri, sehingga untuk memasukkan data harga dan stok produk ke dalam sistem GoApotik maupun Tokopedia harus dilakukan manual satu persatu, padahal update stock harus dilakukan minimal setiap hari karena kebetulan di apotek saya selalu ada stok yang keluar dalam sehari penjualan di apotek offline. Kalau kondisinya seperti ini, waktu saya jadi habis hanya untuk input manual update stock satu per satu. Bagaimana solusinya?”


Berdasarkan kondisi apotek tersebut, GoApotik memiliki dua alternatif solusi untuk dipilih oleh apotek.

Solusi 1:

Di GoApotik tersedia sistem integrasi GoFusion. Melalui sistem ini apotek bisa dihubungkan melalui API dengan sistem yang digunakan oleh Merchant. Namun sebelumnya, harus dipastikan kembali jika sistem kasir yang digunakan oleh Merchant bisa diintegrasikan menggunakan API, sehingga sistem GoFusion ini bisa otomatis melakukan update stok dan harga. Untuk info lebih lanjut mengenai GoFusion apotek dapat menghubungi tim Partnership GoApotik.


Solusi 2:

Di GoApotik juga tersedia sistem GPOS Lite. Sistem GPOS Lite ini merupakan sistem POS dengan fitur terlengkap, karena dapat menghubungkan apotek dengan banyak sektor, mulai dari e-commerce (apotek otomatis jualan online), PBF (apotek bisa langsung pesan produk), dan yang paling penting secara otomatis GPOS Lite akan melakukan update stok saat transaksi berlangsung di offline (tidak ada koneksi internet) maupun online. Dengan kelengkapan fitur yang diberikan oleh GPOS Lite, tentunya merupakan solusi terbaik bagi Merchant yang menjalankan usahanya secara offline maupun online. Tidak perlu install aplikasi, cukup daftar melalui online dan jalankan transaksi tanpa keraguan. Untuk info lebih lanjut mengenai GPOS Lite, apotek dapat menghubungi tim Partnership GoApotik atau langsung kunjungi website GPOS Lite di https://www.gpos-efarmasi.com/.  


Baca juga: Pertanyaan Umum Seputar GoApotik


Sebagai penutup kami ingin mengucapkan terima kasih untuk partner kami Tokopedia yang bersedia berbagi ilmu dan tips kepada Merchant GoApotik untuk dapat berjualan online dengan lebih maksimal. Bagi Merchant GoApotik yang kemarin belum dapat mengikuti webinar ini, nantikan event-event kami selanjutnya yang pastinya tidak kalah seru dan menarik. Materi presentasi akan kami bagikan melalui tim Partnership GoApotik. Silakan menghubungi tim Partnership kami untuk informasi lebih lanjut. Sampai bertemu di webinar selanjutnya! 


Penulis: Tim Marketing GoApotik



Tags: event goapotik,webinar goapotik,webinar goapotik x Tokopedia,Cara Jualan Online di Goapotik,GPOS Lite,Tips Meningkatkan Penjualan Online di Goapotik,Webinar untuk Merchant Goapotik,Pemenang Kuis Berhadiah di Webinar Merchant