Gaya Hidup

Publish date : 12/25/2019

Tips Bebas Traveling Tanpa Takut Sakit


Akhir tahun merupakan waktu yang paling tepat untuk menyegarkan pikiran. Selain adanya momentum libur akhir tahun, Anda juga bisa memanfaatkan momen tersebut untuk merayakan pergantian tahun. Traveling bisa menjadi cara yang tepat untuk menghabiskan momen akhir tahun.


Agar momen traveling pada akhir tahun berjalan dengan lancar, maka menjaga kesehatan jadi hal yang wajib dilakukan. Karena, bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya berlibur dengan kondisi tubuh yang tidak fit. Selain rencana liburan yang berantakan, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan jika sakit menjadi semakin parah. Sehingga, liburan tidak lagi jadi momen untuk bersenang-senang namun justru menjadi cerita buruk yang tidak perlu dikenang. Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum liburan. Berikut ini beberapa diantaranya :


1. Mendaftar Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan hal yang wajib jika Anda ingin traveling ke luar negeri seperti di benua Eropa atau Australia. Asuransi bisa melindungi kemungkinan terburuk saat perjalanan seperti kehilangan bagasi, atau jatuh sakit selama perjalanan. Sehingga, Anda bisa lebih tenang untuk mendapatkan layanan medis karena telah dicover oleh asuransi perjalanan yang telah dibeli sebelumnya.


2. Melakukan Vaksin

Untuk mencegah tubuh terserang penyakit saat traveling, vaksin bisa menjadi cara yang tepat. Dengan melakukan vaksin, tubuh bisa lebih kuat terhadap serangan virus atau penyakit sekaligus mencegah penyakit menyerang tubuh Anda. Beberapa negara bahkan telah mewajibkan para turis mancanegara yang datang untuk melakukan vaksin terlebih dahulu seperti Arab Saudi.


3. Menyiapkan Obat-obatan

Sebagai langkah antisipasi saat traveling, maka siapkan selalu amunisi kesehatan dan P3K yang dibutuhkan selama traveling. Beberapa obat yang perlu dibawa antara lain obat luka, obat diare, obat mabuk perjalanan, obat sakit kepala, dekongestan, dan lain-lain. Obat-obatan tersebut akan sangat bermanfaat apabila tubuh kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru saat traveling sekaligus sebagai langkah pengobatan pertama yang bisa Anda lakukan. Obat-obatan penunjang khusus juga wajib disiapkan bagi Sowbat yang memiliki riwayat penyakit khusus seperti, alergi, maag, asma, dan penyakit kronis.


Baca juga:

3 Langkah Anti Panik Ketika Terserang Diare Saat Traveling

Camilan Buat Pasien Diabetes yang Super Mudah Dibuat di Rumah

Pertolongan Pertama yang Tepat Sesuai Keparahan Luka Bakarmu


Disamping melakukan persiapan diatas, ada pula beberapa kebiasaan baik yang bisa menjaga tubuh agar lebih fit selama traveling. Berikut ini beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan:


a. Selalu cuci tangan

Mencuci tangan merupakan hal yang penting agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Tangan kita bisa menjadi media pengantar bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh saat makan. Ketika tangan bersih, maka kemungkinan penyakit akibat bakteri atau virus bisa dicegah. Oleh karena itu, rajinlah mencuci tangan saat traveling agar tidak mudah terserang penyakit.


b. Konsumsi vitamin

Agar tubuh lebih fit, maka sebaiknya konsumsi juga vitamin selama traveling. Saat traveling, tak jarang tubuh dipaksa untuk bergerak lebih sering sehingga membuat kondisi badan melemah dan lebih rentan terserang penyakit. Mengonsumsi vitamin bisa membantu melindungi tubuh agar lebih kuat dan bebas dari serangan penyakit. 


c. Jaga pola tidur

Saat traveling, sebaiknya seimbangkan juga dengan menjaga pola tidur. Tubuh kita tetap membutuhkan waktu untuk beristirahat dan menjaga sistem metabolisme tubuh. Pola tidur yang berantakan akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.


d. Selalu menjaga cairan tubuh

Tubuh manusia mayoritas diisi oleh cairan. Tak kurang ada sekitar 60% kandungan cairan dalam tubuh, dan kekurangan cairan tubuh bisa memudahkan penyakit menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menjaga cairan tubuh saat traveling dengan rutin mengonsumsi air mineral.


Menjaga kesehatan tubuh saat traveling sangatlah penting jika Anda ingin menjalankan seluruh rencana liburan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan liburan akhir tahun yang berkesan dan tak akan terlupakan.




Referensi: HelloSehat, National Geographic Indonesia



Tags: Tips sehat saat traveling,tips sehat selama liburan,tips sehat dalam perjalanan jauh,persiapan traveling,persiapan liburan,obat-obatan untuk perjalanan,obat-obatan untuk traveling