Berat Badan Naik? Coba Diet Ini Saat Puasa

Goapotik
Publish Date • 04/06/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Berat Badan Naik? Coba Diet Ini Saat Puasa

Selama bulan puasa, kegiatan sehari-hari sowbat muslim sedikit banyak akan berubah. Hal ini sowbat lakukan untuk menyesuaikan aktivitas ibadah di bulan Ramadhan (sahur, sholat tarawih, dan puasa) dengan aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan.


Salah satu hal yang bisa berubah adalah saat kita makan. Saat Ramadhan, sowbat tentunya berpuasa dengan menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Berpuasa sedikit banyak dapat merubah pola makan sowbat yang tadinya makan 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari.


Selain kebiasaan makan, cara sowbat menikmati makanan juga bisa berubah. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah ‘balas dendam’ di saat berbuka puasa. Hal ini sowbat lakukan karena beberapa saat sebelum berbuka puasa, sowbat merasa sangat lapar. Hal ini bisa berakibat berat badan sowbat naik selama bulan puasa.


Maka dari itu, sowbat bisa mencoba diet ini di saat puasa:


  1. Hindari Makanan Manis Berlebihan

Konsumsi makanan manis memang bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang pada saat sowbat berpuasa. Namun konsumsi makanan manis yang berlebihan bisa membuat berat badan bertambah karena akan ditimbun tubuh menjadi lemak.


  1. Minum Air Putih Secukupnya

Air putih dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh manusia sebanyak 30%. Semakin cepat proses metabolisme tubuh, semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh sehingga dapat berefek penurunan berat badan.


Sowbat bisa menyesuaikan waktu minum air putih saat bulan puasa dengan metode 2-2-2-2, yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas setelah sholat tarawih, dan dua gelas saat sebelum tidur.


  1. Banyak Mengkonsumsi Serat dan Protein

Makanan yang mengandung serat tinggi dapat dicerna tubuh dalam waktu yang lebih lama. Karena itu, sowbat cenderung tidak mudah lapar sehingga bisa menjalani puasa sepanjang hari.


Di samping itu, makanan dengan kandungan serat dan proten yang tinggi juga dapat membantu meredam nafsu makan. Manfaatnya, saat berbuka puasa sowbat tidak makan secara berlebihan.



  1. Tidak Mengkonsumsi Banyak Gorengan

Gorengan mengandung lemak yang relatif banyak. Untuk mengurangi berat badan, sebaiknya kurangi konsumsi gorengan sehingga tidak banyak lemak dan kolesterol yang diterima tubuh.


Memang sering kali gorengan menjadi salah satu hidangan di saat berbuka sehingga sowbat tertarik untuk mengkonsumsi banyak gorengan. Karena itu, sowbat perlu mengingat kembali tujuan sowbat untuk menurunkan berat badan.


  1. Tidur Secukupnya

Bisa dibilang selain urusan gizi, tidur adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika diet saat puasa. Kurang tidur dinilai dapat mengganggu sistem metabolisme sehingga lemak yang tertimbun dalam tubuh tidak terbakar dengan baik.


  1. Sebaiknya Tidak Makan Secara Berlebihan

Kebiasaan buruk kita saat berbuka puasa adalah “khilaf” dengan makan tidak terkontrol karena merasa seharian sudah menahan lapar dan haus. Hal ini bisa berakibat peningkatan banyak gula dalam tubuh dengan cepat. Di sisi lain, tubuh tidak memproduksi insulin saat kita berpuasa sehingga gula yang kelebihan akan diubah menjadi lemak.


Untuk menjaga berat badan tubuh agar tetap stabil, sebaiknya sowbat tidak makan secara berlebihan saat berbuka puasa dan sahur. Hal ini menghindari banyaknya timbunan lemak yang ada dalam tubuh.


Itu tadi beberapa tips diet saat puasa untuk menjaga berat badan sowbat selama menjalankan puasa ramadhan. Untuk menunjang gizi sowbat selama diet saat puasa, sowbat bisa mendapatkan vitamin dan suplemen melalui GoApotik. Sowbat cukup memesan dari rumah dan GoApotik akan mengirimkan pesanan sowbat. Enak kan? Yuk pesan sekarang!


Sumber

https://yankes.kemkes.go.id/