Dampak Puasa Tanpa Sahur Bagi Tubuh

Goapotik
Publish Date • 04/03/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Dampak Puasa Tanpa Sahur Bagi Tubuh

Puasa adalah ibadah yang biasa dilakukan umat muslim, terutama saat bulan Ramadhan. Pada bulan tersebut, umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh setiap hari.


Selain puasa, kita juga memiliki kegiatan lain di bulan Ramadhan seperti sholat Tarawih dan sahur. Kegiatan sahur kaitannya sangat erat dengan puasa karena sahur bermanfaat untuk mengisi energi yang ada di dalam tubuh agar kita kuat menjalankan ibadah puasa.


Sahur dilakukan umat muslim pada waktu yang beragam antara tengah malam hingga menjelang waktu subuh. Karena itu, kita harus menyesuaikan waktu tidur dengan waktu sahur. Terkadang, sahur sering terlewat karena tubuh kita belum terbiasa dengan jadwal yang baru.


Lantas, apa efeknya jika kita puasa tanpa melakukan sahur?


Ada beberapa efek yang dapat terjadi pada tubuh kita jika kita puasa tanpa melakukan sahur:


  1. Dehidrasi

Sekitar 50-60 % tubuh manusia dewasa terdiri dari cairan. Hal itu menjadikan cairan adalah suatu hal yang penting bagi tubuh kita. Puasa tanpa sahur artinya membuat tubuh kita tidak mendapatkan cairan lebih lama. Hal ini dapat berakibat dehidrasi yang dapat berdampak buruk bagi tubuh.


  1. Kekurangan Energi

Tidak adanya asupan makan terlalu lama membuat tubuh tidak memiliki bahan untuk dicerna dan diproses menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan energi yang dibutuhkan sehingga mengacaukan sistem tubuh.


  1. Kurang Fokus

Karena tubuh kekurangan asupan energi, akibatnya organ tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Hal ini bisa membuat kita tidak fit saat puasa. Salah satu efek yang mungkin kita rasakan adalah menjadi sulit untuk fokus. Tentunya sulitnya fokus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.


  1. Merasa Lapar

Efek yang cukup mengganggu jika puasa tanpa melakukan sahur adalah merasa lapar. Karena tidak ada asupan yang masuk dalam waktu yang cukup lama, perut akan terasa lapar dan bahkan bisa berdampak naiknya asam lambung.


Hal-hal di atas adalah beberapa dari banyak dampak yang dapat terjadi jika kita puasa tanpa sahur. Sebaiknya sahur memang dilakukan jika kita hendak melaksanakan puasa. Dengan itu, tubuh kita tidak kekurangan asupan dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak mengganggu aktivitas dan kesehatan kita.


Makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur antara lain adalah sayur dan buah agar kebutuhan vitamin dan serat tubuh dapat terpenuhi. Kita juga bisa menambahkan asupan suplemen di sini. Selain itu,  perbanyak juga konsumsi lauk pauk yang banyak mengandung protein seperti telur dan ikan.


Dapatkan produk kesehatan dengan mudah di GoApotik!


Sumber

https://yankes.kemkes.go.id/

https://rs.ui.ac.id/