Mums! Cari Tahu Keamanan 10 Bahan Skin Care ini selama Kehamilan Yuk!

Goapotik
Publish Date • 12/22/2021
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Mums! Cari Tahu Keamanan 10 Bahan Skin Care ini selama Kehamilan Yuk!

Mums, selama kehamilan tubuh kita pasti banyak mengalami perubahan, salah satu penyebabnya ialah jumlah hormon yang meningkat. Tidak jarang peningkatan jumlah hormon ini membuat kulit kita menjadi berjerawat, berambut dan berflek hitam. Nah, untuk menjaga kulit tetap terawat, Mums dapat menggunakan beberapa produk skin care, namun Mums perlu berhati – hati dan selalu mengecek kandungan dari skin care yang akan digunakannya, ya!


Berikut informasi keamanan produk dari 10  kandungan skin care yang biasa kita gunakan 

1. Azaleic Acid

Azaleic acid biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan infeksi rosaceae dan jerawat, karena dapat mengurangi kemerahan dan pigmentasi pada kulit. Selain itu, azaleic acid juga aman digunakan di masa kehamilan loh. 

2. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid merupakan bahan yang banyak digunakan dalam moisturizer, bekerja dengan baik dan terbukti aman bagi Mums dan baby juga.

3. Hydroquinone

Hydroquinone banyak digunakan sebagai bahan pencerah kulit, tapi tahukah Mums penggunaan hydroquione saat kehamilan ini berbahaya karena sekitar 45% terserap ke dalam tubuh dan dapat berefek pada janin. Jadi lebih baik Mums menghindari penggunaannya selama kehamilan ya. 

4. Niacinamide

Niacinamide atau Vitamin B3 merupakan bahan yang digunakan untuk pengobatan jerawat serta dapat mengurangi kemerahan  dan inflamasi yang ada di wajah. Selain itu, bahan ini aman digunakan selama kehamilan. 

5. Retinoids

Retinoid merupakan derivat vitamin A, dikenal juga dengan berbagai nama seperti asam retinoat, tretinoin, palmitate, dan retinaldehyde. Bahan ini banyak digunakan sebagai pengobatan jerawat dan serum anti – aging. Namun, Mums harus menghindari penggunaan bahan ini selama kehamilan, karena dapat menyebabkan gangguan pada janin.

6. Salicylic Acid

Salicylic Acid atau asam salisilat merupakan bahan yang sudah lama dimanfaatkan untuk pengobatan jerawat dan terbukti manfaatnya. Namun penggunaan Asam Salisilat dengan kandungan lebih dari 2% dapat berisiko bagi janin. Jadi, lebih baik dihindari dulu ya penggunaannya selama kehamilan. 

7. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide merupakan bahan yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat, namun hasil studi menunjukan penggunaannya selama kehamilan berisiko dan berbahaya bagi janin. 

8. Ascorbic Acid

Ascorbic Acid atau Vitamin C merupakan bahan yang dimanfaatkan untuk mengurangi noda hiitam di wajah dan memperbaiki skin – tone, selain itu ternyata vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen kulit dan aman digunakan untuk Mums yang sedang dalam masa kehamilan. 

9. Titanium Dioxide

Titanium Dioxide ialah bahan yang banyak terkandung di Sunscreen dan Face Powder, bekerja denganmenahan sinar UV agar tidak merusak kulit. Bahan ini aman digunakan saat kehamilan dan dapat digunakan baik untuk wajah maupun seluruh tubuh.

10. Zinc Oxide

Sama seperti Titanium Dioxide, Zinc Oxide merupakan bahan yang terkandung dalam Sunscreen dan aman digunakan untuk Mums yang sedang dalam masa kehamilan, karena bahan ini hanya ada di permukaan kulit dan tidak terserap ke dalam tubuh. 


Nah, Mums sudah tau kan bahan apa saja yang aman digunakan saat kehamilan? Jika Mums masih ragu, ga ada salahnya Mums lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter ya sebelum mencoba berbagai produk perawatan wajah. 


Referensi

Official Websites:

National Center for Biotechnology Information (NCBI), Today’s Parent