Kupas Tuntas Pegagan, Skincare ala Korea !

Goapotik
Publish Date • 12/30/2020
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
 Kupas Tuntas Pegagan, Skincare ala Korea !

Dahulu kala ketika masih kecil sering kita jumpai tanaman ini apalagi di persawahan, hanya sebatas melihat dan terbesit pertanyaan kok banyak yang mencari, buat apa dan khasiatnya apa? Lah sekarang, skincare banyak yang mengandung pegagan, dan harganya juga tak murah. Yuk, simak kandungan dan manfaat terselubung si kecil mungil tapi berharga ini!

Skincare merupakan suatu kewajiban bagi kaum wanita untuk merawat kulit mereka terutama di bagian wajah. Tak jarang bagi para wanita demi mendapatkan produk Skincare terbaik untuk wajah rela menguras dompet bahkan mencari referensi kesana kemari demi hal tersebut. Trendsetter skincare dari korea menjadi acuan kebanyakan wanita Indonesia dimana produk-produk skincare korea untuk hasil dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Eits, untuk harganya juga melambung tinggi sowbat, herannya juga belakangan ini banyak produk skincare Korea mengandung Centella asiatica atau yang biasa kita sebut “Pegagan”.


Wait, Apa itu Pegagan dan Bagaimana Manfaatnya?

Pegagan atau nama ilmiahnya Centella asiatica sering kita jumpai di Indonesia dan sudah lama menjadi obat herbal turun temurun oleh nenek moyang kita. Berbagai zat biokimia terkandung di dalamnya yang sudah terbukti seperti saponin, triterpenoid, asiaticoside, asam asiatik, flavonoid, tanin, fitosterol, asam amino dan gula.

Beberapa manfaat pegagan yang belakangan ini sering kita jumpai sebagai Ingredient Skincare korea yang diklaim dapat mengatasi Purging (kondisi dimana muka berjerawat akibat pergantian penggunaan suatu produk), menyamarkan bekas jerawat, antiinflamasi, antioksidan, melembabkan kulit ,dll. Lebih lengkapnya yuk simak manfaat terselubung dalam pegagan :

1. Bertanggung jawab dalam penyembuhan berbagai luka

Terpenoid merupakan komponen utama yang terkandung dalam Centella asiatica. Terpenoid tersebut diantaranya asam asiatik, madecassic acid, asiaticoside dan madecassoside dimana komponen tersebut bertanggung jawab untuk penyembuhan berbagai luka. 

a. Luka bakar

Kandungan madecassic acid pada pegagan berperan dalam penyembuhan luka bakar melalui peningkatan aktivitas antioksidan dan peningkatan sintesis kolagen. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menangkal radikal bebas dan biasanya dapat mengurangi penuaan dan memperbaiki sel yang rusak. Selain itu madecassic acid juga mempengaruhi angiogenesis (pembentukan pembuluh darah) serta menyebabkan proliferasi kulit fibroblas dan meningkatkan level hidroksiprolin (indikator sintesis kolagen pada luka bakar kulit) yang menghasilkan peningkatan epitelisasi.

b. Luka tusuk dan lebam

Asiaticoside yang merupakan triterpenoid pada pegagan berperan dalam luka tusuk atau luka lebam dengan beberapa mekanisme diantaranya merangsang angiogenesis sehingga terjadi elastisitas pembuluh darah dan meningkatkan produksi kolagen.


2. Menyamarkan bekas luka

Selain manfaat diatas triterpenoid pada Centella asiatica juga berperan dalam menyamarkan bekas luka dengan merangsang glikosaminoglikan yang penting dalam sintesis asam hialuronat. Asam hialuronat merupakan salah satu senyawa yang sering digunakan oleh dokter kecantikan untuk treatment penyamaran bekas luka ataupun mengencangkan kulit diwajah.

3. Antiinflamasi

Zat aktif yang terkandung Centella asiatica, terutama saponin, flavonoid dan asam fenolik yang menunjukkan aktivitas antioksidan dan antiinflamasi, dapat mempengaruhi pengurangan eritema dan juga membantu meningkatkan fungsi sawar kulit sehingga dapat mengurangi terjadinya inflamasi

4. Melembabkan kulit

Biokimia yang terdapat dalam Centella asiatica dapat meningkatkan keadaan hidrasi permukaan kulit dan mengurangi kehilangan air transepidermal sehingga kulit menjadi lembab. 


Jadi, teman-teman sudah tahu kan manfaat dari tumbuhan yang biasanya hidup di persawahan ini? Ternyata manfaatnya banyak sekali, lho. Nah, coba cek deh daily skincare kalian, jangan-jangan ada juga produk skincare kalian yang mengandung pegagan ini juga. 


Referensi

Journals:

- Journal titled, “Moisturizing and Antiinflammatory Properties of Cosmetic Formulations Containing Centella asiatica Extract” by Ratz-Łyko, A., Arct, J., & Pytkowska, K.. Published by Indian journal of pharmaceutical sciences (vol.78(1), p.27–33), on 2016.

- Journal titled, “Bioactive Compounds in Pegagan Leaf (Centella asiatica L. Urban) for Wound Healing” by Irham, W,H., Tamrin., Marpaung, L., Marpongahtun. Published by International Conference on Education and Technology, on 2019.