Bikin ASI Makin Lancar, Gimana Caranya?

Goapotik
Publish Date • 08/02/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Bikin ASI Makin Lancar, Gimana Caranya?

ASI berperan penting dalam memberikan nutrisi, antibodi, dan dukungan bagi perkembangan si kecil. Pemberian ASI yang baik dan tepat dapat memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan dan perkembangan anak.


Tentunya ada beberapa tantangan bagi sang Ibu dalam memberikan ASI untuk anaknya. Salah satunya adalah ASI yang tidak lancar yaitu Ibu tidak dapat memproduksi ASI yang cukup untuk kebutuhan si kecil. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal.


Ada beberapa hal yang bisa moms usahakan untuk bikin ASI makin lancar:


  • Sering Memberikan ASI

Ketika moms sering memberikan ASI untuk si kecil, bukan berarti moms akan kehabisan ASI. Sebaliknya, sering memberikan ASI dapat membantu merangsang produksi ASI. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak sinyal yang dikirimkan untuk tubuh untuk memproduksi ASI.


  • Rutin Memompa ASI

Moms juga bisa menjaga ASI tetap lancar dengan rutin memompa ASI dengan pompa ASI. Pasalnya, selain moms memiliki cadangan ASI, memompa ASI juga akan merangsang produksi ASI.


  • Nutrisi Ibu Terpenuhi

ASI berasal dari tubuh sang Ibu. Karena itu, setiap nutrisi yang Ibu dapatkan berpengaruh pada produksi ASI. Tentunya dengan memperhatikan nutrisi agar tetap baik, moms dapat memproduksi ASI dengan lancar.


  • Memberikan ASI dari kedua sisi payudara

Dengan memberikan ASI dari kedua sisi payudara, produksi ASI akan lebih lancar. Pasalnya jika kedua payudara dapat mencurahkan ASI dengan baik, ASI akan terus diproduksi untuk memenuhi kedua sisi payudara.


  • Konsumsi Makanan Pelancar ASI

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi yang dapat melancarkan ASI. Makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, protein, biji-bijian, dan makanan yang mengandung lemak sehat dapat membantu melancarkan ASI. Gizi yang baik adalah kunci untuk mempertahankan produksi ASI yang cukup.


Moms, jadi tidak perlu terlalu khawatir untuk bikin ASI makin lancar. Moms bisa coba cara-cara di atas. Namun jika ASI moms tidak kunjung lancar, sebaiknya konsultasikan dengan ahli.


Yuk #SehatBarengGoApotik