Kesehatan

Publish date : 07/18/2019

Muntah yang dialami bayi seringkali dianggap sebagai suatu hal yang biasa. Karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna, maka reaksi muntah menjadi salah satu indikasi dari mekanisme pertahanan sistem pencernaannya. Tapi, ketika bayi Anda mengalami muntah secara berulangkali, maka Anda perlu waspada. Muntah yang terlalu sering dialami bayi perlu segera ditangani dengan langkah-langkah serta pengobatan yang aman dan tepat. Simak beberapa cara untuk mengatasi muntah yang dialami bayi, pada penjelasan di bawah ini.


Hindari Dehidrasi


Muntah yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan Si Buah Hati kehilangan cairan tubuh dengan cepat. Agar jumlah cairan tubuhnya tetap terjaga, maka Anda perlu mencegah bayi dari kondisi dehidrasi. Berikan kembali cairan ke dalam tubuhnya melalui pemberian ASI atau susu formula. Bagi bayi yang sudah berusia diatas 6 bulan, Anda bisa memberikan minuman seperti air mineral untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuhnya.


Jangan Berikan Makanan Padat


Bayi yang sering mengalami muntah, bisa jadi merupakan pertanda adanya gangguan sistem pencernaan. Agar tetap bisa memberikan nutrisi, sebaiknya hindari pemberian makanan padat yang sulit dicerna olehnya selama 6 jam pertama setelah muntah. Anda bisa memberikan ASI sebagai pilihan terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan. Setelah 6 jam berlalu, Anda bisa memberikan makanan secara bertahap sebanyak 1-2 sendok makan setiap 15 menit dan terus ditambahkan secara bertahap sampai sistem pencernaannya kembali normal. Perlu diperhatikan pula bahwa, umumnya hanya bayi berusia di atas 6 bulan yang dapat diberikan makanan padat. Jangan sampai salah ya, Mums!


Konsultasikan ke dokter


Jika muntah pada bayi tak kunjung sembuh dan kian mengganggu, maka tidak ada salahnya jika Anda segera berkonsultasi ke dokter. Diagnosis dari dokter bisa membantu Anda untuk mengetahui langkah untuk mengatasi gangguan tersebut, serta obat mual muntah yang aman untuk bayi Anda. Dengan penanganan tepat, Buah Hati dapat menjadi lebih sehat, dan para orangtua pun merasa lebih tenang.


Salah satu obat mual dan muntah yang aman untuk bayi adalah Vometa Drop. Kandungan domperidone di dalamnya mampu meredakan berbagai gangguan saluran pencernaan pada Buah Hati Anda, terutama mual, muntah, dan GERD (Gastroesophageal reflux disease). Vometa Drop bisa diberikan pada bayi berusia di bawah 1 tahun dengan resep yang dianjurkan dokter.



References:

https://www.alodokter.com/mengatasi-muntah-pada-anak-dengan-bijaksana

https://www.popmama.com/baby/7-12-months/tiffany/anak-sering-muntah-ini-solusi-yang-perlu-mama-ketahui/full




Tags: Muntah pada bayi,obat muntah bayi,obat muntah bayi aman,obat muntah bayi ampuh,obat mual muntah bayi,obat mual dan muntah yang aman untuk bayi,penanganan muntah bayi,langkah atasi muntah bayi