Kesehatan

Publish date : 07/22/2019

Ketika anak terserang mual dan muntah terus-menerus, Anda perlu bertindak dan melakukan penanganan sesegera mungkin. Karena, mual bisa mengganggu aktivitas pencernaan Si Kecil dan menghambat penyerapan nutrisi, bahkan juga mengganggu aktivitas sehari-harinya. Perlu diketahui bahwa mual yang dirasakan oleh anak-anak juga dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai karena alergi makanan, diare, sampai karena konsumsi makanan yang terlalu banyak. Lalu, bagaimana cara untuk meredakan mual dan muntah yang dirasakan oleh anak Anda? Yuk, simak tips dan penjelasannya!


Cegah Dehidrasi Pasca Muntah

Saat muntah, tidak hanya makanan yang telah dikonsumsi saja yang akan keluar melainkan juga cairan yang terbawa bersamanya. Cairan tersebut merupakan cairan tubuh yang ikut terbuang dan perlu digantikan segera. Agar cairan dalam tubuh tetap terjaga, maka sebaiknya berikan air mineral dengan segera pada anak yang mengalami muntah berkelanjutan. Hal ini membantu menjaga proses pencernaan nutrisi dan aktivitas pencernaan sang anak tetap berjalan normal. Sehingga, rasa mengganggu di perut berkurang dan keinginan untuk muntah kembali dapat dicegah.


Berikan Makanan yang Lebih Lembut

Ketika anak mengalami mual, biasanya mereka akan lebih sulit untuk diajak makan. Rasa penuh di perut dan khawatir akan kembali muntah membuat sang anak menjadi malas untuk makan. Padahal, Si Kecil tetap membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menambah energinya dan meningkatkan sistem imun untuk mencegah gangguan kesehatan lainnya.

Agar anak lebih mudah menerima makanan ketika mual, maka siapkanlah makanan yang lebih lembut dan beraroma lezat. Anda dapat memberikan bubur yang lembut dan mudah dikonsumsi agar sistem pencernaannya bekerja lebih ringan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan yang lebih disukai oleh Si Kecil agar nafsu makannya meningkat, sehingga tetap mau menerima makanan pada saat keadaan mual.


Baca juga: Atasi Muntah Pada Bayi dengan Penanganan & Obat yang Aman


Hindari Bau-bauan yang Menyengat

Selain meredakan mual, Anda juga perlu mencegah mual yang dirasakan anak Anda sebelum menjadi semakin parah. Salah satu caranya yakni dengan menghindari bau menyengat yang dapat memicu rasa mual. Lingkungan dan bahan-bahan berbau tengik, makanan yang berbau tajam, dan bau yang mengundang rasa mual lainnya perlu dijauhkan dari anak Anda agar mereka bisa merasa lebih nyaman serta mengurangi rasa mual di tubuhnya.


Selain 3 hal di atas, Anda juga bisa memberikan obat muntah yang aman untuk Si Kecil. Vometa Syrup bisa menjadi pilihan yang tepat karena mengandung domperidone yang dapat bekerja secara efektif mengatasi mual pada anak. Selain itu, bentuk obat yang berupa sirup juga bisa membuat anak Anda lebih mudah saat mengonsumsinya, serta dibantu oleh rasanya yang juga lebih disukai oleh anak-anak. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dan repot mengatasi mual pada anak, karena Vometa Syrup bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Si Kecil.




References:

https://www.honestdocs.id/cara-aman-mengatasi-muntah-pada-anak

https://nakita.grid.id/read/0211054/muntah-pada-anak-akan-sembuh-dengan-sendirinya-ini-cara-agar-cepat-reda?page=all






Tags: Mual dan muntah,mual dan muntah pada anak,mual pada anak,muntah pada anak,atasi mual muntah pada anak,redakan muntah anak,obat mual muntah,obat muntah anak,obat mual muntah pada anak,obat muntah anak yang aman,obat muntah anak yang ampuh,Vometa Syrup,Vometa