Berbagai Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Goapotik
Publish Date • 09/19/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Berbagai Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

Donor darah adalah salah satu bentuk aktivitas sosial yaitu dengan menyumbangkan darah pendonor kepada penerima donor, yaitu orang-orang yang membutuhkannya secara medis. Tentunya donor darah sangat bermanfaat bagi penerimanya, apalagi di saat keadaan darurat.


Baca: Lakukan Hal Ini Sebelum Melakukan Donor Darah


Ternyata, tidak hanya untuk orang lain, tapi donor darah juga sangat bermanfaat bagi pendonor itu sendiri. Pasalnya, banyak manfaat secara medis maupun non-medis; fisik maupun mental; yang dihasilkan dari donor darah.


Berbagai manfaat donor darah bagi kesehatan antara lain:


Manfaat untuk kesehatan fisik


  1. Membakar kalori

Mendonor darah memiliki manfaat membakar kalori. Sebab, jika mendonorkan 450 ml darah, Sowbat akan kehilangan kira-kira 650 kalori.


  1. Meningkatkan produksi sel darah

Tidak perlu khawatir akan kekurangan darah, karena secara medis terbukti bahwa melakukan donor darah secara teratur akan merangsang produksi sel-sel darah lebih banyak. Selain itu juga melatih agar tubuh lebih efisien dalam produksi darah.


  1. Menurunkan kolesterol

Melakukan donor darah, secara tidak langsung akan mengeluarkan kolesterol yang ada di dalam darah Sowbat. Karena itu, mendonorkan darah dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.


  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Sirkulasi darah akan menjadi lancar dengan melakukan donor darah. Pasalnya jantung akan terlatih untuk terus memompa darah. Selain itu, karena darah juga mengurangi kolesterol dalam tubuh, resiko penyakit jantung juga dapat berkurang.


  1. Mengurangi resiko kanker

Tidak hanya resiko penyakit jantung, donor darah juga terbukti menurunkan resiko kanker. Berbagai jenis kanker seperti kanker hati, usus besar, paru-paru, perut, dan tenggorokan dapat dikurangi resikonya.


  1. Mengoptimalkan Kadar Zat Besi

Zat besi  memang baik bagi tubuh. Namun jika berlebihan dapat berbahaya dan mengganggu kesehatan. Dengan mendonor darah, kandungan zat besi yang ada dalam tubuh dapat terjaga dalam kadar yang optimal.


  1. Menjaga kesehatan hati

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya,  zat besi yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan seperti kinerja hati dan memicu penyakit seperti Hepatitis C. Ternyata donor darah terbukti dapat mengurangi kandungan zat besi dalam darah sehingga dapat menjaga kesehatan hati.


  1. Detoksifikasi tubuh

Donor darah juga dapat menghilangkan beberapa jenis toksin dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Sebab, dengan kehilangan darah, tubuh harus memproduksi sel-sel darah baru yang tidak mengandung banyak toksin.




Manfaat untuk kesehatan mental


  1. Menimbulkan rasa bangga

Mendonorkan darah untuk yang membutuhkan merupakan suatu kegiatan yang positif. Karena itu, aktivitas ini dapat menimbulkan rasa bangga pada diri sendiri karena telah berkontribusi dalam hal positif. Sowbat juga dapat mengapresiasi diri sendiri dengan melakukan hal-hal kecil seperti menyantap makanan favorit setelahnya.


  1. Mengurangi stres

Ketika Sowbat memiliki masalah, coba lakukan donor darah. Pasalnya, kegiatan positif seperti donor darah dapat mengalihkan perhatian dari masalah untuk sementara sehingga Sowbat dapat lebih mantap untuk mencari solusi.


  1. Merasakan kepuasan

Seseorang dapat merasakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan suatu pencapaian. Mendonor darah juga bisa menjadi suatu pencapaian karena bisa menolong orang yang membutuhkan darah.


  1. Meningkatkan mood

Menurut penelitian, melakukan kegiatan sosial yang positif terbukti dapat meningkatkan mood. Donor darah adalah salah satunya. Dengan melakukan donor darah, Sowbat akan merasakan peningkatan mood.


  1. Membangun koneksi sosial

Karena donor darah merupakan kegiatan sosial, tentunya dapat membantu meningkatkan koneksi sosial dan mendapat dukungan sosial. Hal ini juga dapat menjaga kesehatan mental.


  1. Merasakan makna hidup

Karena telah membantu orang dengan mendonorkan darah, Sowbat akan merasa berguna bagi orang lain dan merasakan makna hidup. Hal ini tentunya sangat baik bagi pikiran dan kesehatan mental


Itulah beberapa manfaat donor darah yang bisa Sowbat dapatkan. Sebelum melakukan donor darah, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal agar dapat berjalan aman dan lancar.


Yuk #SehatBarengGoApotik



Sumber

www.emc.id