Kesehatan

Publish date : 07/18/2019


Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang berbahaya dan berasal dari Dengue Virus. Virus ini bekerja dengan cara menghancurkan trombosit dalam sel darah merah, sehingga jumlahnya di dalam tubuh akan berkurang secara drastis. Selain itu, virus ini juga dapat menimbulkan gejala-gejala pada tubuh berupa demam tinggi, pusing dan mual. Untuk mengatasi demam berdarah, tubuh membutuhkan produksi trombosit yang lebih cepat dengan segera untuk mencegah trombositopenia (kekurangan trombosit/platelet dalam darah). Hal ini penting untuk diperhatikan jika orang-orang terdekat Anda menderita DBD, karena trombositopenia yang tidak segera ditangani dapat berakibat fatal. Beberapa cara berikut bisa dilakukan pada penderita demam berdarah untuk meningkatkan trombosit dalam waktu singkat.


Jambu Biji


Pemberian jus buah jambu biji maupun air rebusan dan ekstrak daun jambu biji dapat menjadi solusi jitu untuk pasien demam berdarah karena mudah untuk diperoleh. Jambu biji telah lama dikenal mampu meningkatkan trombosit dalam tubuh manusia. Manfaat jambu biji bahkan telah ditegaskan oleh sejumlah studi yang menghasilkan kesimpulan bahwa kandungan quercetin dan trombinol di dalam jambu biji mampu menyembuhkan demam berdarah secara efektif.


Quercetin merupakan zat yang berguna untuk menekan pembentukan mRNA virus dengan menghambat aktivitas enzim reverse-transcriptase. Ketika virus dengue tidak memiliki cukup mRNA, maka virus tidak dapat beraktivitas dan bereproduksi, sehingga populasinya dapat ditekan. Sementara itu, kandungan trombinol juga berguna untuk merangsang produksi trombosit dalam tubuh lebih cepat. Secara tidak langsung, kandungan trombosit yang meningkat ditambah perkembangan virus yang terhambat dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah dengue.


Selain mengandung komponen alami yang berkhasiat, jus buah jambu biji juga berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh. Sedangkan, air rebusan daun jambu biji dapat digunakan untuk menghindari pendarahan dan meningkatkan jumlah trombosit hingga 100.000/mm3 dalam periode sekitar 16 jam.


Baca juga: Atasi Demam Berdarah Pada Anak Dengan Penanganan yang Tepat


Ekstrak Daun Pepaya


Daun pepaya mungkin memang terasa pahit dan tidak semua orang suka untuk mengonsumsinya. Akan tetapi, di dalam daun pepaya terdapat kandungan kimia yang mampu meningkatkan trombosit pada demam berdarah. Ini disebabkan karena kandungan alkaloid carpain pada daun pepaya dapat bekerja pada sumsum tulang belakang untuk meningkatkan kemampuan produksi platelet/trombosit, serta melindungi sel trombosit agar lebih tahan dan tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.


Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun pepaya dengan mencuci 50 gram daun pepaya dan menumbuknya hingga halus. Kemudian, campurkan ekstrak daun pepaya dengan air, lalu peras air tumbukan daun pepaya tersebut. Minumlah air perasan daun pepaya sebanyak 3 kali sehari agar proses penyembuhan bisa berjalan efektif.



Sulit untuk mencari dan memanfaatkan dua bahan diatas? Jangan khawatir, saat ini Anda dapat menggunakan PSIDII yang mampu mengatasi demam berdarah secara efektif dan alami. PSIDII mengandung bahan aktif berupa ekstrak daun jambu biji dan mampu meningkatkan produksi trombosit dalam tubuh secara efektif. Sehingga, pasien demam berdarah bisa pulih dengan lebih cepat dan praktis.





References:

https://sains.kompas.com/read/2019/02/01/173500623/banyak-diburu-bagaimana-jus-jambu-bisa-bantu-atasi-dbd-

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/demam-berdarah-dengue-dbd/cara-alami-meningkatkan-trombosit/

http://www.phytojournal.com/vol1Issue5/Issue_jan_2013/11.1.pdf




Tags: Demam Bedarah Dengue,DBD,demam berdarah,penanganan demam berdarah,obat demam berdarah,obat DBD,obat DBD alami,obat demam berdarah dengue yang ampuh,obat peningkat trombosit darah,bahan alami peningkat trombosit,ekstrak daun jambu biji,Psidii,kapsul daun jambu biji,sirup daun jambu biji,Psidii guajavae Folium Extract