Tugas Menumpuk? Coba Cara Ini (Kerja Sat Set, Tanpa Ribet)

Goapotik
Publish Date • 06/05/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Tugas Menumpuk? Coba Cara Ini (Kerja Sat Set, Tanpa Ribet)

Sebagai individu yang produktif, kita setiap hari berhadapan dengan tugas. Baik itu tugas yang diberikan oleh orang lain, maupun tugas yang kita tentukan untuk diri sendiri. Tugas-tugas tersebut kita selesaikan demi mencapai tujuan besar tertentu.


Terkadang tujuan yang besar harus diselesaikan dalam jangka waktu yang panjang dan pekerjaan yang banyak. Hal ini bisa menghasilkan banyaknya tugas yang harus diselesaikan oleh kita. Ditambah lagi, tidak jarang batas waktu juga menjadi sebuah tantangan untuk kita dapat mengatur agar tidak menjadi tugas yang menumpuk.


Penyebab dari tugas menumpuk bisa bermacam-macam dari mulai waktu penyelesaian tugas yang tidak sesuai dengan kebutuhan maupun manajemen waktu yang buruk. Untuk menghindari tugas menumpuk, sowbat bisa mencoba cara-cara berikut:


  1. Membagi tugas besar ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil

Sering kali kita melihat suatu tugas dalam bagian yang besar. Akibatnya, tugas tersebut terlihat sulit dicapai dan berakhir menjadi tugas yang menumpuk.


Salah satu menyiasatinya adalah membagi tugas yang besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil. Dengan begitu, sowbat dapat lebih mudah mengatur waktu dan tenaga untuk menyelesaikan tugas.


  1. Hindari multitasking

Agar terhindar dari tugas menumpuk, sebaiknya lakukan tugas secara fokus. Karena itu menghindari multitasking bisa dijadikan solusi yang tepat. Menurut Psychology Today, multitasking bisa menurunkan produktivitas sebanyak 40%.


  1. Bekerja di waktu yang paling efektif

Setiap orang memiliki waktu paling efektif untuk bekerja. Bisa jadi sowbat adalah orang yang lebih produktif di malam hari, atau sebaliknya. Ketahui waktu yang paling tepat untuk sowbat dalam menyelesaikan tugas sehingga dapat membantu mengurangi tugas menumpuk.


  1. Beristirahat di waktu tertentu

Memaksa tubuh untuk terus bekerja bukan pilihan yang tepat dalam menyelesaikan tugas. Jika tubuh tidak diberikan waktu istirahat, tubuh malah bisa kehabisan kemampuannya untuk melaksanakan tugas. Siapkan waktu tertentu untuk istirahat untuk memberikan waktu untuk tubuh kita mengembalikan energi.


  1. Buat suasana yang mendukung

Mendengarkan musik, mengatur pencahayaan, memilih posisi duduk, adalah beberapa suasana yang bisa membuat sowbat menjadi lebih produktif. Buat suasana tersebut sesuai dengan diri sowbat sehingga dapat menyelesaikan tugas secara efektif.



  1. Hindari sifat perfeksionis

Tentunya kita menginginkan hasil terbaik dari apa yang kita lakukan. Akan tetapi kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Meskipun kita terkadang tidak puas dengan apa yang kita kerjaan, cobalah berpikir lebih realistis sehingga kita tidak mengusahakan untuk hasil yang sempurna dari tugas yang kita selesaikan. Dengan begitu kita tidak menghabiskan waktu melakukan hal yang sebenarnya tidak perlu.


Itulah beberapa cara untuk menghindari tugas menumpuk. Sowbat dapat mencoba cara-cara tersebut untuk meningkatkan produktivitas sowbat sehingga tidak ada tugas yang menumpuk.


Jika sowbat memerlukan produk kesehatan, sowbat bisa mengakses GoApotik!


Yuk #SehatBarengGoApotik


Sumber

www.psychologytoday.com