Gaya Hidup

Publish date : 09/20/2019

Diare merupakan penyakit yang umumnya terjadi akibat infeksi bakteri Escherichia coli atau mikroorganisme sejenis lainnya. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang cukup ringan dan seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, diare perlu ditangani segera agar tidak membuat kondisi penderitanya semakin parah.

Kementerian Kesehatan RI mencatat ada sekitar 7 juta kasus diare baik pada orang dewasa maupun anak di sepanjang tahun di tahun 2017. Diare bahkan termasuk dalam daftar 10 penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia pada tahun 2016. Angka kejadian diare sebenarnya dapat ditekan melalui hal-hal sederhana dalam kebiasaan kita sehari-hari. Yuk, simak penjelasan di bawah ini terkait hal-hal yang perlu dibiasakan agar terhindar dari diare.


Rajin Cuci Tangan


Mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan parasit bisa berasal dari mana saja, termasuk dari tangan Kamu. Kuman yang tidak kasatmata ini bahkan ada berjuta-juta jumlahnya di perangkat-perangkat yang biasa Kamu pegang seperti handphone. Untuk meminimalisir masuknya kuman, maka usahakan untuk rajin mencuci tangan. Selalu cuci tangan Kamu sebelum dan setelah makan, setelah buang air besar dan kecil, serta setelah perjalanan dari luar rumah. Cucilah tangan setidaknya 20 detik dengan menggunakan sabun. Kamu juga perlu pastikan bahwa area punggung tangan, sela-sela jari, dan bawah kuku untuk memastikan tanganmu telah bebas kuman.


Konsumsi Makanan & Minuman Matang


Bakteri penyebab penyakit yang masuk ke dalam pencernaan Kamu juga seringkali terdapat pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Maka dari itu, Kamu perlu lebih selektif dalam memilih makanan atau minuman. Salah satu caranya yakni dengan meminum air yang dimasak matang dan telah teruji, untuk memastikan kuman telah mati.


Selain itu, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi daging mentah atau setengah matang. Karena, parasit berbahaya banyak terdapat pada daging yang tidak dimasak matang. Sedangkan untuk sayur dan buah, pastikan selalu dibersihkan sebelum dikonsumsi. Dengan demikian, potensi sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh bisa ditekan.


Hindari Jajan Sembarangan


Kebiasaan jajan sembarangan bukanlah hal yang baik, terutama jika Kamu ingin terhindar dari penyakit diare. Sebab, makanan yang dijajakan sembarangan berpotensi lebih tinggi terkena kotoran dan serangga pembawa bakteri penyebab diare. Kamu bahkan tidak tahu bagaimana kebersihan dari bahan-bahan yang digunakan dan cara penyiapan jajanan tersebut. Jadi, biar aman biasakan untuk tidak jajan sembarangan dan utamakan untuk memasak sendiri makanan yang ingin Kamu konsumsi.


Baca juga: Perut Terasa Kembung? Atasi dengan Cara Praktis Berikut!


Rutin Membersihkan Toilet


Seberapa seringkah Kamu membersihkan toilet di rumah? Apabila jarang, maka mulailah rutin bersihkan kamar toilet di rumah, agar tidak ada parasit dan bakteri penyebab diare yang berkembang. Gunakanlah cairan disinfektan agar toilet di rumah senantiasa bebas kuman. Jadi, bukan hanya makanan dan tubuh saja yang perlu dijaga kebersihannya, melainkan lingkungan di sekitarmu juga harus bersih agar potensi diare lebih mudah dicegah.


Itulah empat tips yang perlu selalu Kamu biasakan pada gaya hidup sehari-hari untuk mencegah diare. Selain tips di atas, Kamu juga harus waspada ketika gejala diare sudah muncul, dengan segera memberikan pengobatan diare yang tepat. Yuk, mulai jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar untuk minimalisir terjadinya diare. Gaya hidup yang lebih bersih tentunya lebih ampuh untuk mencegah berbagai penyakit infeksi seperti diare.




References:

https://www.alodokter.com/diare/pencegahan

https://www.guesehat.com/penyebab-dan-cara-mencegah-diare




Tags: Diare,cegah diare,penanganan diare,probiotik,probiotik untuk diare,lacidofil,kebersihan,kebersihan tubuh,kebersihan lingkungan,gaya hidup,pencegahan diare