Tips Naik Kendaraan Umum Saat Musim Hujan

Goapotik
Publish Date • 06/19/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Tips Naik Kendaraan Umum Saat Musim Hujan

Sebagai penduduk negara tropis, kita hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Berbeda dengan beberapa negara lain, penduduk Indonesia tidak perlu mempersiapkan berbagai macam hal untuk menghadapi 4 musim.


Namun, persiapan menghadapi dua musim tidak boleh diremehkan. Kita tetap harus mempersiapkannya dengan baik sehingga kita tetap bisa beraktivitas dengan baik. Contohnya adalah persiapan menghadapi musim hujan.


Bagi sowbat yang naik kendaraan umum untuk aktivitas sehari-hari, sebaiknya mulai menyiapkan diri dan keperluan menghadapi musim hujan. Pasalnya, hal tersebut dilakukan agar sowbat tetap dapat naik kendaraan umum dengan aman dan nyaman saat musim hujan datang.


Berikut adalah beberapa tips naik kendaraan umum saat musim hujan:


  1. Membawa payung

Seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, payung memang menjadi salah satu alat utama untuk menghadapi musim hujan. Apalagi jika sowbat naik kendaraan umum dan harus berpindah di ruangan terbuka.


Sediakan payung yang mudah untuk dibawa seperti payung lipat agar sowbat mudah dalam menyimpannya ke dalam tas.


  1. Sediakan jaket

Saat hujan, suhu udara di sekitar kita biasanya ikut menurun. Akibatnya udara menjadi lebih dingin. Di sinilah peran jaket untuk melindungi tubuh kita dari suhu yang rendah.


Kenakanlah jaket ketika udara sudah mulai dingin. Pastikan juga jaket tidak terlalu tipis dan terlalu tebal agar tubuh sowbat ada pada suhu optimal.


  1. Gunakan sepatu yang tidak licin

Jika terkena air hujan, permukaan jalan yang lewati menjadi licin. Hal ini bisa berbahaya karena dapat menyebabkan kita terpeleset dan jatuh. Untuk mengurangi resiko tersebut, gunakan sepatu yang tidak licin seperti sneakers. Jangan lupa juga untuk berhati-hati pada saat melewati jalan basah dan genangan air.


  1. Hindari genangan air

Saat hujan turun, di beberapa tempat akan menjadi genangan air karena tempat tersebut lebih rendah dari sekitarnya. Kita tidak tahu apakah di bawah genangan tersebut adalah cekungan atau lubang yang dalam.


Karena itu sebaiknya hindari menginjak genangan air karena bisa beresiko. Selain itu menginjak genangan air juga dapat membuat alas kaki kita basah dan kotor.


  1. Cek prakiraan cuaca

Sering-seringlah melihat prakiraan cuaca. Dengan ini, sowbat dapat lebih mempersiapkan jika akan turun hujan. Sowbat bisa mengakses prakiraan cuaca dari berbagai sumber terpercaya seperti melalui aplikasi smartphone.


  1. Hindari terpapar air hujan

Air hujan dapat menjadi hal yang buruk jika kita terpapar langsung. Pasalnya, air hujan dapat mengandung virus, bakteri, polusi udara, dan parasit. Karena itu hindarilah terpapar air hujan. Jika sowbat tidak sengaja terkena air hujan, segeralah mandi jika memungkinkan agar terhindar dari penyakit.


Itulah beberapa tips yang dapat sowbat terapkan saat menghadapi musim hujan. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya!


Yuk #SehatBarengGoApotik