Tanda-tanda Kelelahan (Burnout) Dalam Bekerja

Goapotik
Publish Date • 07/06/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Tanda-tanda Kelelahan (Burnout) Dalam Bekerja

Dalam bekerja, tentunya kita mengerahkan waktu, tenaga, dan pikiran sesuai porsi untuk menyelesaikan tugas-tugas. Hal ini dilakukan untuk mencapai target tertentu sehingga tujuan tercapai, baik itu secara pribadi ataupun organisasi.


Namun pada kenyataannya, melakukan pekerjaan sesuai porsi tidak selalu bisa diimplementasikan. Pasalnya, pergerakan lingkungan kerja yang dinamis menuntut kita untuk bisa menyesuaikan dengan keadaan. Hal tersebut terkadang berarti mengerahkan kemampuan di luar porsi kita.


Keadaan tersebut dikenal dengan “burnout” yaitu keadaan tubuh kelelahan secara fisik maupun mental. Burnout dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu sebaiknya kita menyadari tanda-tanda dari burnout.


Tanda-tanda burnout antara lain adalah:


Sulit berkonsentrasi

Merasa sulit berkonsentrasi bisa jadi salah satu tanda bahwa sowbat mengalami burnout. Saat burnout, keadaan fisik dan mental tidak ideal sehingga berkonsentrasi menjadi hal yang sulit dilakukan.


Tidak puas terhadap pencapaian

Saat burnout, terkadang kinerja kita akan sulit optimal. Hal ini berpengaruh terhadap hasil pekerjaan yang menurun. Karena itu tidak jarang kita merasa tidak puas terhadap pencapaian.


Merasa kurang produktif

Produktivitas juga bisa terganggu pada saat burnout. Hal ini disebabkan oleh tubuh kita yang tidak dalam keadaan optimal. Akibatnya produktivitas juga menurun.


Sulit untuk mulai bekerja

Perasaan lelah secara mental juga dapat membuat kita sulit untuk memulai. Pasalnya kelelahan pada hari-hari sebelumnya akan mempengaruhi hasrat kita untuk bekerja.


Menggunakan makanan atau alkohol sebagai pelarian

Mengkonsumsi makanan atau alkohol dalam porsi wajar dan tujuan yang tepat adalah hal yang biasa. Namun apabila hal tersebut dilakukan dengan tujuan pelarian, bisa jadi merupakan tanda sowbat mengalami burnout.


Kebiasaan tidur yang berubah

Fisik dan mental yang kelelahan dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur. Hal ini akan berdampak buruk bagi kebiasaan tidur. Hal yang bisa terjadi antara lain adalah sulit tidur atau sering terbangun di tengah malam.


Itulah beberapa tanda yang bisa sowbat waspadai. Dengan itu sowbat dapat mengetahui apakah mengalami burnout sehingga dapat ditangani dengan baik. Meskipun begitu, tidak semua tanda tersebut bisa dihubungkan dengan burnout. Sebaiknya sowbat mencari pertolongan medis jika hal semakin memburuk.

Yuk #SehatBarengGoApotik