Lakukan Hal Ini Sebelum Melakukan Donor Darah

Goapotik
Publish Date • 09/19/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Lakukan Hal Ini Sebelum Melakukan Donor Darah

Donor darah adalah salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, baik untuk orang lain maupun diri sendiri. Tidak hanya manfaat fisik, donor darah juga dapat bermanfaat untuk kesehatan mental.


Baca: Berbagai Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan


Karena akan menyumbangkan sejumlah darah dari tubuh kita untuk yang membutuhkan, tubuh kita sebagai pendonor sebaiknya dalam kondisi prima. Selain itu kita juga sebaiknya mempersiapkan hal-hal untuk mendukung kegiatan donor darah. Hal ini untuk keamanan dan kenyamanan saat kita melakukan donor darah.


Beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum melakukan donor darah:


  1. Makan bergizi secukupnya

Konsumsi makanan dengan kadar gula dan zat besi yang cukup sebelum melakukan donor darah. Sowbat bisa mengonsumsi cemilan untuk menjaga kadar gula dan daging-dagingan untuk meningkatkan zat besi. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh Sowbat dalam keadaan prima saat melakukan donor dan mencegah Sowbat mengalami pusing dan lemas setelah melakukan donor.


  1. Minum air putih

Sebagian besar darah terdiri dari cairan yang membawa sel-sel dan keping darah ke seluruh tubuh. Dengan mendonor darah, Sowbat akan kehilangan kandungan cairan dalam tubuh. Pastikan tubuh terhidrasi sebelum melakukan donor darah dan meminum air sebanyak 500ml tepat sebelum melakukan donor.


  1. Hindari olahraga berat

Agar tidak mengalami pusing dan lemas, sebaiknya Sowbat menghindari olahraga berat baik sebelum dan setelah melakukan donor darah. Sebab, tubuh membutuhkan istirahat setelah menyumbangkan sejumlah darah. Jika Sowbat ingin berolahraga, pilihlah yang ringan seperti berjalan sambil tetap pastikan tubuh terhidrasi dan pulih.


  1. Tidur secukupnya

Pastikan Sowbat memiliki tidur yang cukup sebelum melakukan donor darah. Sowbat disarankan untuk tidur 7-9 jam saat akan melakukan donor darah. Tidur yang cukup menghindari tubuh menjadi kurang sehat setelah melakukan donor darah.


  1. Kenakan pakaian yang tepat

Usahakan pakaian yang Sowbat kenakan adalah pakaian yang nyaman untuk dikenakan saat donor darah. Pastikan baju Sowbat tidak menghalangi saat darah Sowbat akan diambil (contohnya lengan baju yang mudah dilipat). Selain itu hindari mengenakan pakaian ketat untuk menjaga aliran darah tetap lancar.


  1. Persiapkan hal untuk mengalihkan gugup

Saat akan melakukan donor darah, terutama untuk pertama kali, terkadang kita merasa gugup. Ini adalah hal yang wajar karena kita sering merasa gugup saat melakukan sesuatu untuk pertama kali. Untuk mengatasinya, pastikan Sowbat melakukan hal untuk mengalihkan rasa gugup. Sowbat bisa membaca buku, atau sekedar mengajak bicara orang di sekitar.


Pastikan Sowbat melakukan hal-hal di atas sebelum melakukan donor darah agar tetap merasa aman dan nyaman. Jika Sowbat merasa kurang fit sebelum donor darah, sebaiknya tunda atau batalkan. Jika setelah melakukan donor darah Sowbat mengalami gangguan kesehatan, segera cari pertolongan ahli.


Yuk #SehatBarenGoApotik