Donor Darah Manfaatnya Bisa Bermacam-Macam

Goapotik
Publish Date • 05/08/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Donor Darah Manfaatnya Bisa Bermacam-Macam

Donor darah adalah sebuah kegiatan di mana peserta mendonorkan darahnya untuk dapat dimanfaatkan oleh orang yang membutuhkan. Donor darah dapat diikuti oleh siapapun yang memenuhi kriteria tertentu (dari segi kesehatan) untuk menentukan apakah peserta layak untuk mendonorkan darahnya. Dengan adanya pemeriksaan tersebut, sowbat bisa mengetahui apakah sowbat memiliki penyakit tertentu seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, atau malaria.


Selain itu pemeriksaan sebelum donor darah juga dilakukan untuk mengetahui golongan jenis golongan darah pendonor. Hal ini dilakukan agar darah bisa dikelompokkan sesuai dengan golongannya untuk menghindari ketidakcocokkan darah dengan penerima donor.


Meskipun memberikan darah kepada orang lain yang membutuhkan, nyatanya donor darah memiliki berbagai manfaat bagi pendonor.


  1. Menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah

Donor darah dapat membuat aliran darah lebih lancar karena jantung akan berdetak lebih stabil. Dengan itu, organ-organ tubuh akan berfungsi dengan baik.


Selain itu, donor darah juga bisa mengurangi risiko penyumbatan pada pembuluh darah.


  1. Membakar kalori

Sebelum melakukan donor darah, biasanya peserta dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih dan makanan. Pasalnya, mendonorkan darah dapat membakar cukup banyak kalori sehingga dibutuhkan energi tambahan.


Dengan mengkonsumsi air putih dan makanan sebelum donor, tubuh akan mencapai keadaan yang baik untuk mendonorkan darah.


  1. Menurunkan kolesterol

Jika sowbat melakukan donor darah secara rutin, kadar kolesterol dalam tubuh sowbat bisa berkurang. Pasalnya, lamanya pendarahan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.


  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Jangan takut akan kekurangan kadar darah pada saat mendonorkan darah. Memang sel-sel darah merah akan berkurang saat melakukan donor darah. Akan tetapi hal tersebut akan memicu sumsum tulang belakang untuk menghasilkan sel-sel darah merah sehat yang baru.


  1. Menurunkan risiko kanker

Paparan radikal bebas dalam tubuh adalah pemicu utama sel kanker. Dengan mendonorkan darah, zat-zat tersebut yang menumpuk dalam peredaran darah sowbat bisa diminimalisir. Beberapa kanker yang risikonya dapat diminimalisir adalah kanker paru-paru, usus besar, tenggorokan, dan hati.


  1. Menjaga kesehatan mental

Donor darah dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan darah untuk kesehatan. Disitulah letak nilai kemanusiaan bisa kita temukan.


Membantu sesama tentunya akan memberikan perasaan senang. Hal ini membuat kondisi mental sowat menjadi lebih baik.


  1. Membantu mendeteksi penyakit

Sebelum melakukan donor darah, pendonor akan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi suatu penyakit. Pemeriksaan ini akan dilakukan secara gratis demi mencegah pendonoran darah yang tidak layak.



Sumber

www.mayoclinic.org