Mau Lebih Produktif? Coba Perbaiki Kualitas Tidur Kamu

Goapotik
Publish Date • 04/20/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Mau Lebih Produktif? Coba Perbaiki Kualitas Tidur Kamu

Tidur adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya. Karena dengan tidur, tubuh sowbat dapat mengembalikan lagi energi yang telah dipakai untuk menyiapkan hari berikutnya. Karena itu, tidur dapat mempengaruhi aktivitas sowbat.


Selain tidak boleh dilewatkan, kualitas tidur juga harus dijaga. Pasalnya, kualitas tidur juga mempengaruhi bagaimana tubuh kita siap untuk mengembalikan energi. Jadi, pastikan kualitas tidur sowbat juga terjaga.


Berikut beberapa hal yang bisa sowbat lakukan untuk menjaga kualitas tidur sowbat:


  1. Perhatikan makanan dan minuman

Makanan dan minuman yang sowbat konsumsi dapat mempengaruhi dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik. Karena itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung zat yang dapat mengganggu kualitas tidur seperti caffeine, alkohol, dan nikotin.


Hindari juga makan terlalu banyak beberapa waktu sebelum tidur. Namun pastikan juga perut tidak kosong saat akan tidur karena rasa lapar dapat mengganggu tidur.


  1. Buat suasana nyaman untuk istirahat

Buatlah keadaan di sekitar sowbat menjadi nyaman agar dapat mendukung tidur. Membuat kamar lebih gelap, mengatur suhu ruangan sesuai kebutuhan, atau memastikan kamar tetap sunyi adalah cara-cara untuk membuat suasana yang tepat untuk tidur.


Selain itu, mandi terlebih dahulu juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sowbat.


  1. Ikuti jadwal tidur

Usahakan untuk tidur pada jadwal tidur sowbat. Sebaiknya durasi tidur juga dilakukan selama setidaknya 7 jam sehari untuk orang dewasa.


Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Dengan begitu, tubuh akan membentuk siklus tidur dan bangun sehingga tidur menjadi lebih maksimal.


Jika sowbat mengalami kesulitan untuk tidur, coba untuk lakukan hal yang membuat rileks seperti membaca buku atau mendengarkan musik.


  1. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas yang bisa dilakukan bisa berupa olahraga, atau berkegiatan di luar ruangan pada saat matahari bersinar.


Namun, hindari berkegiatan beberapa waktu sebelum tidur karena hal tersebut dapat menurunkan kualitas tidur sowbat.


  1. Batasi waktu tidur siang

Terlalu banyak tidur siang dapat mengakibatkan terganggunya waktu tidur malam. Akibatnya, sowbat menjadi susah tidur malam dan berakibat kualitas tidur terganggu. Karena itu, batasi waktu tidur siang tidak lebih dari satu jam.


Namun jika sowbat harus bekerja di malam hari, tidur siang bisa membantu untuk mengatasi kurangnya tidur.


  1. Kelola stes

Terlalu banyak pikiran sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur. Karena itu, sebaiknya hilangkan pikiran dan kekhawatiran akan sesuatu pada hari tersebut untuk menghilangkan stres.


Pengelolaan stres dapat dilakukan dengan mengatur kegiatan dengan lebih baik. Selain itu, sowbat juga bisa mendelegasikan tugas agar tidak terbebani banyak hal.


Hal-hal di atas dapat sowbat coba untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Dengan meningkatkan kualitas tidur, sowbat dapat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Jika sowbat memerlukan produk kesehatan, sowbat bisa akses di GoApotik!


#SehatBarengGoApotik


Sumber:

www.mayoclinic.org