Cara Mencegah Insomnia

Goapotik
Publish Date • 07/18/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Cara Mencegah Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang sering terjadi. Beberapa kondisi dan kebiasaan dapat menjadi penyebab dari Insomnia.


Baca: Gejala dan Penyebab Insomnia


Tentunya Insomnia sebaiknya dicegah agar tidak mengakibatkan hal-hal yang merugikan bagi kehidupan kita. Insomnia dapat mempengaruhi produktivitas, kesehatan fisik, kesehatan mental, bahkan karir.


Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah Insomnia antara lain:


  • Tingkatkan aktivitas fisik

Agar lebih mudah tertidur di malam hari, sebaiknya Sowbat melakukan aktivitas fisik di sepanjang hari. Tujuannya adalah meng-kondisikan tubuh agar lebih lelah sehingga lebih mudah untuk tertidur. Sowbat dapat mencoba melakukan olahraga atau melakukan hobi untuk meningkatkan aktivitas fisik.


  • Batasi jam tidur siang

Tubuh membutuhkan durasi tertentu untuk tidur sesuai dengan usia. Jika terpenuhi, tubuh akan kembali dalam kondisi prima untuk menjalankan aktivitas. Terlalu banyak beristirahat di siang hari dapat mengurangi kebutuhan tubuh terhadap durasi tidur. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh kesulitan untuk tidur di malam hari.


Sebaiknya batasi jam tidur siang agar tubuh dalam keadaan membutuhkan tidur di malam hari.


  • Jaga jadwal tidur

Agar tubuh selalu dalam keadaan siap untuk tertidur, jaga jadwal tidur setiap malam agar tidak terlalu jauh. Jika Sowbat terbiasa tidur pukul 9 malam, pastikan di hari-hari berikutnya tetap tidur di sekitar jam 9 malam juga. Dengan menjaga jadwal tidur akan menjaga tubuh sulit untuk tertidur di malam hari yang memicu Insomnia.


  • Hindari caffeine, alkohol, dan nikotin

Insomnia juga dapat terjadi akibat konsumsi zat yang dapat mengurangi kualitas tidur. Beberapa zat yang tersebut adalah caffeine, alkohol, dan nikotin. Untuk menghindari Insomnia, hindari zat-zat tersebut agar terhindar dari Insomnia.


  • Buat lingkungan tidur mendukung

Lingkungan tidur yang nyaman dapat mempermudah tubuh untuk tertidur. Karena itu, buatlah lingkungan tidur agar mendukung Sowbat untuk tidur. Sowbat dapat mematikan lampu kamar, atau mengatur suhu ruangan sehingga nyaman untuk tidur


Beberapa hal di atas dapat Sowbat coba untuk menjaga kuantitas dan kualitas tidur Sowbat. Dengan begitu, Sowbat terhindar dari Insomnia.


Yuk #SehatBarengGoApotik