Akibat Dari Kurangnya Jam Tidur

Goapotik
Publish Date • 07/20/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Akibat Dari Kurangnya Jam Tidur

Tidur merupakan aktivitas yang penting bagi manusia. Pasalnya, saat tidur tubuh bermetabolisme secara aktif dan mengembalikan energi untuk dapat beraktivitas kembali di kemudian hari.


Selain tidur itu sendiri, durasi/jam tidur juga harus dipenuhi agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Durasi tidur setiap manusia berbeda tergantung usia, aktivitas, kebiasaan, dan kondisi kesehatan.


Baca: Jam Tidur yang Baik Sesuai Usia


Karena tidur adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia, tentunya akan ada dampak buruk jika tidak dipenuhi dengan baik. Beberapa akibat dari kurangnya jam tidur adalah:


  • Kesulitan berkonsentrasi

Tubuh yang kekurangan jam tidur akan mengalami penurunan kinerja. Salah satu organ tubuh yang bisa terdampak adalah otak di mana otak adalah salah satu hal yang mempengaruhi konsentrasi. Karena tubuh tidak dapat memfungsikan otak dengan baik, akibatnya adalah kesulitan berkonsentrasi.


  • Sering mengantuk

Mengantuk adalah salah satu pertanda di mana otak sudah tidak bekerja dengan baik dan tubuh membutuhkan istirahat. Tentunya dengan kurangnya jam tidur akan membuat tubuh lebih sering mengantuk sebagai efek dari kurangnya tidur.


  • Koordinasi tubuh menurun

Karena otak juga berperan mengontrol kerja tubuh secara keseluruhan, tentunya seluruh anggota tubuh akan terdampak oleh kurangnya jam tidur. Hal ini menyebabkan koordinasi tubuh menurun. Menurunnya koordinasi tubuh dapat membuat tubuh melakukan kesalahan dalam berfungsi seperti hilang keseimbangan, atau sulit memperkirakan jarak.


  • Mudah lupa

Mengingat adalah juga salah satu fungsi dari otak. Jika kekurangan jam tidur, otak juga tidak berfungsi dengan baik sehingga menurunkan fungsi otak dalam mengingat. Akibatnya, kita akan mudah untuk lupa akan sesuatu.


Itulah beberapa dampak buruk dari kekurangan tidur. Sebaiknya Sowbat cukupi kebutuhan tidur sehari-hari.


Yuk #SehatBarengGoApotik