Cara Menjaga Kolesterol dengan 5 Gaya Hidup Ini

Goapotik
Publish Date • 04/04/2024
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Cara Menjaga Kolesterol dengan 5 Gaya Hidup Ini

Perubahan gaya hidup ternyata dapat membantu meningkatkan kolesterol Sowbat — dan meningkatkan kekuatan obat penurun kolesterol yang Sowbat konsumsi.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Pada dasarnya, obat-obatan tertentu dapat membantu memperbaiki tingkat kolesterol Sowbat. Namun sebelum itu, Sowbat dapat melakukan perubahan 5 gaya hidup ini untuk menjaga kolesterol Sowbat.

Selain itu jika Sowbat sudah mengonsumsi obat-obatan, perubahan ini dapat meningkatkan efek penurunan kolesterol mereka.

Konsumsi makanan sehat

Mengubah makanan yang Sowbat konsumsi dapat mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Sowbat:

  • Kurangi lemak jenuh. Lemak jenuh, yang ditemukan terutama dalam daging merah dan produk susu berlemak penuh, meningkatkan kolesterol total Sowbat. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) Sowbat — kolesterol "jahat".

  • Hilangkan lemak trans. Lemak trans, salah satu jenis dari lemak jenuh, sering digunakan dalam margarin, kue, dan biskuit yang dibeli di toko. Lemak trans meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

  • Makan makanan kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 tidak memengaruhi kolesterol LDL. Tetapi mereka memiliki manfaat jantung lainnya, termasuk menurunkan tekanan darah. Makanan dengan asam lemak omega-3 termasuk salmon, ikan makarel, ikan haring, kenari, dan biji rami.

  • Tambahkan serat. Serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Sowbat. Serat ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang-kacangan, kubis Brussels, apel, dan pir.

  • Tambahkan protein whey. Studi telah menunjukkan bahwa protein whey yang diberikan sebagai suplemen menurunkan kolesterol LDL dan total serta tekanan darah.


Berolahraga setiap hari dan tingkatkan aktivitas fisik Sowbat

Olahraga juga dapat meningkatkan kolesterol. Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL), kolesterol "baik". Dengan persetujuan dokter Sowbat, tingkatkan menjadi setidaknya 30 menit olahraga lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang keras selama 20 menit tiga kali seminggu.

Menambahkan aktivitas fisik, bahkan dalam interval pendek beberapa kali sehari, ternyata juga dapat membantu Sowbat mulai menurunkan berat badan. Aktivitas fisik yang dapat dicoba antara lain:

  • Berjalan cepat setiap hari selama jam makan siang Sowbat

  • Mengendarai sepeda ke tempat kerja

  • Bermain olahraga favorit Sowbat


Agar tetap termotivasi, Sowbat dapat mengajak teman atau saudara untuk berolahraga bersama. Selain itu, Sowbat juga dapat bergabung ke dalam suatu komunitas olahraga.


Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat meningkatkan tingkat kolesterol HDL Sowbat. Manfaatnya terjadi dengan cepat:

  • Dalam 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung Sowbat pulih dari lonjakan yang disebabkan oleh rokok

  • Dalam tiga bulan setelah berhenti, peredaran darah dan fungsi paru-paru Sowbat mulai membaik

  • Dalam setahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung Sowbat setengahnya dari perokok



Turunkan berat badan

Perbedaan porsi makanan, meskipun sedikit, berkontribusi pada kolesterol tinggi karena perbedaan tersebut akan menumpuk jika diakumulasikan. Karena itu, pengurangan porsi sehari-hari dapat menjaga tingkat kolesterol. Jika Sowbat minum minuman manis, beralih lah ke air mineral. Pasalnya, minuman manis juga dapat meningkatkan tingkat kolesterol.

Untuk menurunkan berat badan, Sowbat juga sebaiknya menambahkan lebih banyak aktivitas ke dalam rutinitas harian Sowbat, seperti menggunakan tangga daripada menggunakan lift atau memarkir mobil lebih jauh dari kantor Sowbat.

Minumlah alkohol dengan secukupnya

Penggunaan alkohol sedang telah dikaitkan dengan tingkat kolesterol HDL yang lebih tinggi — tetapi manfaatnya tidak cukup kuat untuk merekomendasikan alkohol bagi siapa pun yang belum minum.

Jika Sowbat minum alkohol, lakukan dengan secukupnya. Untuk dewasa yang sehat, itu berarti hingga satu minuman sehari untuk wanita dari segala usia dan pria di atas usia 65 tahun, dan hingga dua minuman sehari untuk pria di bawah usia 65 tahun.

Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.

Jika perubahan gaya hidup tidak cukup ...

Terkadang perubahan gaya hidup sehat tidak cukup untuk menurunkan kadar kolesterol. Jika dokter Sowbat merekomendasikan obat untuk membantu menurunkan kolesterol Sowbat, konsumsi sesuai dosis yang diresepkan sambil melanjutkan perubahan gaya hidup Sowbat. Perubahan gaya hidup dapat membantu Sowbat menjaga dosis obat Sowbat tetap rendah.


Jika membutuhkan produk kesehatan, Sowbat bisa mendapatkannya di GoApotik.


Yuk #SehatBarengGoApotik



Produk Terkait