Gaya Hidup

Publish date : 08/06/2021

Pekan lalu tepatnya 27 Juli 2021, Goapotik melakukan sebuah webinar khusus untuk penjual yang tergabung di Goapotik. Hal ini dilakukan sebagai upaya tim Goapotik agar menjalin relasi lebih akrab dengan para penjual serta membantu penjual khususnya para penjual baru untuk dapat berjualan online dengan lebih lancar dan maksimal. Para penjual yang terdiri dari apotek kecil dan resmi, sebagian besar mengaku puas dan mendapatkan manfaat yang positif dari webinar Goapotik di bulan Juli ini.


Tema Webinar

Sejak awal tahun 2021, Goapotik berkomitmen untuk memajukan para mitra khususnya dalam hal berjualan online. Adanya pandemi covid-19 ini mungkin merupakan sebuah pukulan bagi perekonomian di Indonesia. Namun, dengan adanya teknologi yang semakin mumpuni dan terus dikembangkan oleh tim Goapotik, kami semakin yakin untuk dapat membantu memulihkan keadaan tersebut. Bersama para mitra yaitu apotek yang tergabung di Goapotik untuk berjualan online, kami terus mengupayakan yang terbaik untuk dapat bersaing di pasar nasional. Dan, salah satu upaya Goapotik untuk mendukung para apotek adalah dengan mengadakan webinar seperti yang akan dibahas dalam artikel ini.


Ini adalah webinar Goapotik yang ketiga. Informasi mengenai webinar sebelumnya dapat dibaca di artikel “Sukses Jualan Online Produk Farmasi di Masa Pandemi”. Kali ini Goapotik mengangkat tema yang berhubungan dengan tools atau fitur berjualan online melalui Goapotik. Dengan bekerjasama dengan partner e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, mitra Goapotik dapat semakin memperluas jangkauan pasar mereka dan mendapatkan penghasilan lebih maksimal. Berdasarkan hal tersebut, tema webinar di bulan Juli ini adalah “Pentingnya Akun Admin & Pusat Resolusi di Tokopedia”.


Goapotik menyadari jika mitra atau para penjual pasti merasakan kebingungan di awal saat berjualan online. Sistem yang baru, cara kerja yang berbeda, dan perlakuan yang berbeda pada setiap fitur mungkin seperti menambah pekerjaan baru untuk dilakukan oleh para penjual. Maka dari itu kami menganggap webinar secara berkala mengenai edukasi untuk mitra sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini selain membantu para penjual agar dapat berjualan online lebih lancar, juga merupakan sebuah tips yang penting agar apotek mendapatkan omset yang jauh lebih besar setiap harinya.


Akun Admin & Pusat Resolusi

Fitur akun admin dan pusat resolusi milik Tokopedia merupakan salah satu fitur dari banyaknya fitur untuk berjualan online yang dapat dimaksimalkan. Mungkin kedua fitur ini merupakan fitur dasar yang jarang diperhatikan oleh para penjual, tetapi ternyata fungsinya sangat penting untuk berjualan online. Terutama saat apotek berjualan online di Tokopedia, sistem Tokopedia akan secara otomatis menilai toko berdasarkan aktivitas dari setiap proses penjualan dengan pelanggannya. Apa yang penjual lakukan saat ada pesanan masuk, berapa lama pesanan tersebut diproses, apakah pelanggan puas dengan produknya atau tidak, hingga apa yang dilakukan para penjual saat pelanggan mengajukan komplain terhadap produk yang diterimanya. 

Tahukah sowbat, reputasi toko di Tokopedia ternyata sangat penting, lho! Hal ini berkenaan dengan kepercayaan pelanggan hingga omset penjual setiap harinya. Jika ada satu komplain yang tidak terselesaikan dengan baik, reputasi toko pasti akan mengalami penurunan. Oleh karena itu, Goapotik berupaya untuk terus mengedukasi mitra terkait fitur-fitur berjualan di partner e-commerce Goapotik. Jika sowbat tertarik untuk mengikuti webinar ini, silakan mendaftar dengan format Nama _ Pekerjaan _ “Mendaftar Webinar Goapotik” dan kirimkan melalui email ke webinargoapotik@gmail.com.


Tanya Jawab dengan Narasumber

Webinar yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini berjalan sangat seru dan menarik. Sehingga, waktu terasa berlalu amat cepat dan para peserta enggan untuk meninggalkan event ini. Bahkan ada salah satu peserta yang mengungkapan jika ingin durasi event di webinar selanjutnya diperpanjang. Meskipun materi yang dibawakan kali ini cukup serius dan penting untuk diketahui para penjual di Goapotik, tetapi dengan pembawaan narasumber yang menarik, topik kali ini tidak terdengar sulit dan dapat diterima dengan baik oleh peserta. Terbukti dari kurang lebih 100 apotek yang menjadi peserta, sebagian besar menjawab sangat puas mengikuti webinar ini. 


Tidak hanya materi dari narasumber yang ditampilkan, melainkan peserta diperbolehkan mengajukan pertanyaan terkait kendala mereka saat berjualan online. Selain itu, tim Goapotik juga sudah menyiapkan hadiah untuk para pemenang kuis di sesi hiburan dan sebagai penutup acara webinar. Kami mengucapkan selamat bagi para pemenang kuis! Bagi peserta yang belum menang, dapat mencoba lagi di webinar selanjutnya ya, tetap semangat! 



Dalam sesi tanya jawab dengan narasumber, sebelumnya para peserta diminta untuk mengisi sebuah survey dan mengajukan pertanyaan untuk narasumber. Narasumber kami kemudian memilih masing-masing tiga pertanyaan terbaik, dan saat sesi tanya jawab inilah narasumber yang terdiri dari dua orang hebat yaitu Aulia selaku Business Development Goapotik dan Arifman selaku Senior Operations Goapotik menjawab pertanyaan tersebut. Di samping itu, para peserta juga sangat antusias dengan materi yang sedang dibawakan oleh narasumber sehingga tidak sedikit peserta yang mengajukan pertanyaan saat webinar berlangsung. Namun, karena keterbatasan waktu, tidak semua pertanyaan dapat dijawab oleh narasumber kami dan dalam kesempatan ini kami akan mencoba menjawab pertanyaan terpilih dari narasumber saat webinar.


PERHATIAN: Mungkin pertanyaan berikut sangat sulit dipahami oleh orang yang bukan atau belum pernah berjualan di Goapotik, karena pertanyaan ini berkaitan dengan sistem yang ada di Goapotik. Namun, tetap dapat menjadi tambahan ilmu bagi Sowbat mengenai sistem di Goapotik.


Pertanyaan: Bagaimana cara sinkron stok produk yang tidak menggunakan GPOS? Apakah cukup dengan menggunakan web mitra?

Jawaban: Betul, sync produk akan otomatis by system ketika apotek update stok di web mitra goapotik.


Pertanyaan: Bagaimana cara menambahkan Catatan Toko di Tokopedia

Jawaban: Cara menambahkan catatan toko saat ini hanya bisa dilakukan oleh tim GoApotik, apabila apotek ingin menambahkan informasi toko, apotek bisa menghubungi Tim PIC masing-masing apotek dan menyampaikan isi catatan toko yang ingin ditambahkan.


Pertanyaan: Apa saja hak akses admin tokopedia?

Jawaban: Akun admin untuk masing-masing apotek dapat mengakses halaman chat, pusat bantuan (diskusi dan ulasan), serta pusat resolusi. masing-masing apotek dapat menambahkan hingga 3 email akun admin.


Pertanyaan: Bagaimana cara meramaikan orderan?

Jawaban: Penjualan dapat meningkat seiring dengan meningkatnya kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan dengan membalas chat pembeli <10 menit, membalas diskusi yang masuk, dan meningkatkan jumlah ulasan toko dengan mengirimkan pesan untuk pembeli-pembeli yang sudah terima pesanannya. Selain itu, apotek juga dapat mengikuti beberapa campaign program GoApotik dan Tokopedia, apotek dapat menghubungi Tim PIC untuk informasi lebih lanjut.


Pertanyaan: Apakah tidak bisa update stok langsung dari aplikasi Tokopedia-nya?

Jawaban: Saat ini update stok, dan terima pesanan hanya bisa dilakukan via sistem goapotik yaitu melalui GPOS, mitra.goapotik.com, atau seller.goapotik.com


Pertanyaan: Mengapa kita sebagai admin di tokopedia tetapi tidak dapat akses menerima pesanan dari tokopedia harus melalui goapotik, padahal fitur chat di tokopedia sehingga untuk melayani orderan yang masuk membutuhkan waktu dari tokopedia ke goapotik?

Jawaban: Saat ini update stok, dan terima pesanan hanya bisa dilakukan via sistem goapotik yaitu melalui GPOS, mitra.goapotik.com, atau seller.goapotik.com  


Pertanyaan: Apakah seller bisa update harga, stok secara langsung di aplikasi tokopedia?

Jawaban: Saat ini update stok, dan terima pesanan hanya bisa dilakukan via sistem goapotik yaitu melalui GPOS, mitra.goapotik.com, atau seller.goapotik.com 


Pertanyaan: Satu akun bisa punya beberapa admin? 

Jawaban: Akun admin untuk masing-masing apotek dapat mengakses halaman chat, pusat bantuan (diskusi dan ulasan), serta pusat resolusi. masing-masing apotek dapat menambahkan hingga 3 email akun admin


Pertanyaan: Apakah 1 HP bisa menggunakan beberapa aplikasi Tokopedia?

Jawaban: Untuk membuka Apotek di Tokopedia menggunakan aplikasi, bisa mendownload aplikasi Tokopedia seller atau www.seller.tokopedia.com dan login menggunakan akun email admin. 


Pertanyaan: Dengan gabung di Goapotik apakah bisa langsung connect dengan tokopedia? Atau tidak ada hubungan, jad harus input data lagi di tokopedianya?

Jawaban: Update stok dan harga dapat dilakukan hanya di sistem goapotik, lalu sistem akan sinkronisasi dengan sistem Tokopedia sehingga apotek tidak perlu input manual di tokopedia.


Pertanyaan: Saya dengar ada risiko pinalty Rp. 100.000,- jadi mohon team Goapotik / Tokopedia segera selesaikan masalah kegagalan sinkronisasi, supaya tidak ada yang dirugikan

Jawaban: Penalti 100.000 dipotong apabila merchant tidak merespon, bukan karena stok dan harga yang tidak sesuai. Apabila setiap pesanan yang masuk, apotek bisa merespon, maka pinalti tidak akan dikurangi. Jika apotek reject pesanan dengan menyertakan reason, maka pinalti tidak terpotong.


Pertanyaan: Jika komplain belum selesai (barang yang salah krim belum dikirim balik ke apotek) tapi pembeli sudah menyelesaikan komplainnya bagaimana?

Jawaban: Jika terdapat komplain customer atas produk kurang, pastikan Merchant sudah merespon terlebih dahulu pusat resolusinya dengan Pilih Solusi dan atau Tolak Pengajuan. Namun, jika dalam proses diskusi dalam pusat resolusi customer selesaikan komplain tanpa retur barang maka dana akan diteruskan ke Penjual dengan status pesanan complete. Kuncinya adalah Merchant harus aktif respon pusat resolusinya untuk berdiskusi dalam penyelesaian masalah yang muncul.


Pertanyaan: Kalau komplain berat ongkos kirim sebelum order barang bagaimana? Customer malah enggak jadi order dong, karena merasa berat di ongkir?

Jawaban: Berat produk sudah disesuaikan dengan berat produk saat masuk ke pengiriman sehingga kalkulasi ongkir juga sudah real. Jadi, Merchant dapat memberikan penjelasan detail ke customer saat melakukan komplain melalui chat.



Bagaimana sowbat, menarik bukan event webinar Goapotik? Nantikan terus event dan promo lainnya dari Goapotik yang pasti akan jauh lebih menarik ya! Sowbat bisa berlangganan newsletter Goapotik atau follow instagram dan facebook fanpage Goapotik untuk informasi selengkapnya. Nah, bagi apotek yang menjadi peserta webinar kemarin, silakan isi survey kami untuk mendapatkan e-certificate dari tim Goapotik.


Terima kasih dan sampai jumpa di event Goapotik selanjutnya, sowbat!

  

 

   

Penulis: Tim Marketing Goapotik



Tags: Webinar,Event Goapotik,Edukasi Seller Goapotik