Kesehatan

Publish date : 12/26/2019

Waspada Infeksi Sepsis Pasca Operasi! Ketahui Gejala-gejalanya


Apakah Sowbat sering mengalami rasa tidak nyaman setelah operasi? Jangan khawatir, karena rasa tidak nyaman tersebut memang merupakan efek samping yang umum terjadi pada pasien pasca operasi. Beberapa efek samping yang biasa terjadi setelah menjalani operasi antara lain adalah susah buang air kecil, sembelit, sakit tenggorokan, demam, mual, dan muntah.


Di samping hal di atas, kamu juga harus mengetahui gejala-gejala tidak umum yang patut untuk diwaspadai. Karena, beberapa gejala yang tidak umum ini seringkali dikaitkan dengan infeksi pasca operasi. Berdasarkan riset, persentase kejadian infeksi pada luka bekas operasi mencapai 2-5% dari operasi yang membutuhkan sayatan. Sementara itu, diperkirakan kejadian Infeksi pasca operasi di Amerika Serikat mencapai 500 ribu kejadian setiap tahunnya. 

Selain memberikan rasa tidak nyaman, infeksi luka operasi juga bisa menjadi semakin parah apabila tidak segera diobati. Berbagai komplikasi bisa terjadi mulai dari penyebaran infeksi ke jaringan bawah kulit, tetanus, sampai yang paling fatal adalah infeksi sepsis.


Apa Itu Sepsis dan Bagaimana Gejalanya?

Infeksi sepsis merupakan kondisi infeksi pada luka yang menyebar hingga ke dalam darah di seluruh tubuh. Infeksi ini biasanya ditandai oleh perubahan suhu tubuh, tekanan darah, frekuensi pernapasan dan frekuensi denyut jantung. Apabila dibiarkan begitu saja, infeksi sepsis dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ dalam tubuh yang tentunya berujung fatal.


Cegah Sepsis dengan Mewaspadai Gejala Awal

Penanganan infeksi perlu dilakukan secara cepat agar tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Pasien juga perlu memperhatikan proses pemulihan luka pasca operasi dengan mencermati tanda-tanda terjadinya infeksi pada luka yang dapat memicu infeksi lebih lanjut seperti sepsis. Berikut ini gejala-gejala infeksi pada luka operasi yang perlu diwaspadai:

1. Ruam kemerahan yang meluas pada luka


2. Rasa nyeri berlebih pada area luka


3. Luka terasa panas, yang seringkali disertai dengan demam


4. Pembengkakan atau pembusukan pada luka


5. Keluar cairan putih atau nanah dari luka terbuka


6. Luka mengeluarkan bau menyengat


Apabila tanda-tanda diatas muncul pada luka operasi, maka segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan langkah penanganan yang tepat. Selain itu, selalu jaga kebersihan luka dan rutin mengonsumsi suplemen untuk luka, agar proses penyembuhan luka berjalan lebih cepat dan infeksi dapat dicegah.


Baca juga:

Mengapa Luka Pasca Operasi Berisiko Alami Infeksi Berbahaya?

Langkah Tepat dan Mudah Merawat Luka Operasi di Rumah

Pentingnya Menjaga Kesehatan Luka Pasca Operasi Caesar




Referensi: HelloSehat, Science Daily, NCBI, Medline Plus, Healthline, Alodokter



Tags: Luka pasca operasi,perawatan luka pasca operasi,infeksi luka operasi,pencegahan infeksi luka operasi,gejala infeksi luka operasi,infeksi sepsis,pencegahan sepsis