Kesehatan

Publish date : 12/27/2019

3 Tips Ampuh Untuk Sembuhkan Rhinitis Alergi


Rhinitis alergi merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Selain karena rhinitis alergi memberikan rasa yang sangat mengganggu pada saluran pernapasan kamu, kondisi ini pun dapat berlangsung dalam jangka waktu lama. Rhinitis alergi yang dibiarkan begitu saja akan memicu frekuensi kejadiannya menjadi lebih sering, atau biasa kita sebut sebagai pilek menahun. Pasti kamu tidak mau aktivitas jadi terganggu dengan hidung berlendir, bersin-bersin, dan gatal-gatal terus, kan?


Nah, meskipun tidak boleh dianggap sepele, rhinitis alergi bukannya penyakit berbahaya yang tidak bisa disembuhkan, kok! Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Simak rangkumannya pada 3 tips penyembuh ampuh rhinitis alergi di bawah ini!


1. Nasal irrigation

Pengobatan rhinitis alergi bisa kamu lakukan dengan metode pembersihan rongga hidung atau nasal irrigation. Pada umumnya, kamu dapat menggunakan obat semprot hidung yang bisa kamu temukan dengan mudah di apotek-apotek terdekat. Untuk rhinitis alergi, pasien dapat menggunakan nasal irrigation dengan kandungan kortikosteroid di dalamnya, seperti dexamethasone maupun mometasone furoate.


Baca juga:

Gimana Sih Cara Bedakan Rhinitis dan Sinusitis?

Ternyata Inilah Hal-hal Sepele Penyebab Rhinitis Alergi!

Hidung Sering Tersumbat dan Berlendir? Bisa Jadi Karena Ini!




2. Terapi

Alergi bisa disembuhkan dengan melakukan terapi. Terapi dilakukan dengan menyuntikkan alergen dalam waktu dan dosis tertentu. Ini bertujuan agar sistem imun tubuh kita terbiasa dan kebal dengan serangan alergen tertentu. Sehingga, kamu tidak lagi mengalami alergi ketika terpapar alergen dan rhinitis pun bisa teratasi. Perlu kamu catat, terapi yang dilakukan tentulah harus dikonsultasikan terlebih dahulu dan dilakukan dengan dokter ahlinya ya, Sowbat.


3. Menggunakan Obat Penunjang

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi rhinitis alergi adalah dengan mengonsumsi obat anti alergi atau pereda gejala rhinitis alergi. Beberapa jenis obat yang bisa kamu pilih antara lain yang mengandung antihistamin dan dekongestan sesuai dengan rekomendasi dokter. Rekomendasi dokter sangat dibutuhkan agar kamu bisa mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi rhinitis alergi yang dialami dalam dosis yang tepat.


Itulah tiga metode yang dapat kamu aplikasikan untuk menyembuhkan rhinitis alergi yang sering kambuh tiba-tiba. Di samping melakukan pengobatan, alangkah baiknya jika kamu juga melakukan pencegahan rhinitis alergi dengan cara menhindari sumber alergen. Jauhkan diri dari aktivitas maupun lingkungan yang dapat memicu alergi, seperti lingkungan yang kotor dan berdebu.




Referensi: Halodoc, Healthline, Medline Plus




Tags: Rhinitis alergi,obat rhinitis,obat rhinitis alergi,pereda rrhinitis alergi,pereda rhinitis,nasal irrigation,Modexa,mometasone furoate,terapi rhinitis