Kesehatan

Publish date : 09/20/2019

Sering merasakan alergi yang sepintas terasa seperti flu? Biasanya, gejala yang akan Kamu alami adalah bersin, hidung tersumbat sampai rasa gatal. Jika gejala tersebut Kamu rasakan, bisa jadi penyakit yang sedang kamu derita adalah rhinitis alergi.

Rhinitis alergi merupakan peradangan yang terjadi pada area rongga hidung akibat reaksi alergi. Rhinitis alergi atau hay fever terjadi ketika sistem imun bereaksi terhadap alergen yang menyerang sistem pernapasan. Akibatnya, tubuh akan bereaksi dan memunculkan gejala seperti flu hingga mengganggu produktivitas sehari-hari. Mau tahu hal-hal yang dapat menyebabkan rhinitis alergi? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Bulu Hewan


Apakah Kamu punya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing di rumah? Jika punya, maka perhatikanlah selalu kebersihan bulu hewan peliharaan di rumahmu. Karena, bulu hewan yang bertebaran bisa menjadi pemicu rhinitis alergi. Meskipun demikian, tidak semua orang akan merasakan alergi dengan adanya hewan peliharaan yang berbulu di rumah. Untuk itu, lakukan pengecekan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui apakah kamu mengidap rhinitis alergi yang disebabkan bulu hewan atau sebab yang lainnya.


Debu


Untuk menjaga kesehatan penghuni rumah, kita perlu membersihkan rumah secara rutin. Sebab, debu-debu yang menempel di perabotan rumah bisa menjadi pemicu rhinitis alergi. Usahakan untuk selalu membersihkan rumah dengan menggunakan vacuum cleaner dan lap basah setidaknya 2-3 kali setiap minggunya. Kurangi penggunaan sapu dan kemoceng, karena dapat menyebarkan debu ke area rumah lainnya.


Serbuk Sari


Seperti debu, serbuk sari yang ada pada bunga juga bisa menjadi penyebab rhinitis alergi. Tidak semua orang bisa tahan dengan serbuk sari dan beberapa akan bereaksi dengan mengalami alergi. Penyebaran serbuk sari melalui udara atau angin menjadi pemicu utama bagaimana serbuk sari bisa menyebabkan rhinitis alergi.


Asap Rokok


Asap rokok bisa menjadi penyebab rhinitis alergi yang banyak kita jumpai. Tingginya angka perokok di Indonesia jadi salah satu penyebab mengapa penderita rhinitis alergi di Indonesia tak kunjung menurun. Dikutip dari situs resmi Universitas Gadjah Mada, ada sekitar 97 juta jiwa yang terpapar oleh asap rokok dalam lingkungan sehari-harinya. Padahal selain memicu rhinitis alergi, rokok juga mengandung lebih dari 5000 bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Jadi, stop merokok dan ingatkan orang-orang di sekitarmu untuk menghentikan kebiasaan merokok, agar kamu dan orang disekitarmu bisa terhindar dari rhinitis alergi


Itulah 4 penyebab rhinitis alergi yang perlu kamu ketahui. Dengan lebih mengenali faktor penyebabnya, Kamu tentu akan lebih waspada dan dapat mencegah rhinitis akibat alergi. Dan jika Kamu mengalami gejala awal seperti di atas, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapat pengobatan rhinitis alergi yang tepat.




References:

https://www.alodokter.com/rinitis-alergi

https://lifestyle.kompas.com/read/2013/03/04/11212341/Kiat.Menghindari.Rinitis.Alergi




Tags: Rhinitis alergi,rhinitis,rhinitis akibat alergi,rhinitis karena alergi,alergi,Modexa,penyebab rhinitis,penyebab rhinitis alergi,obat rhinitis,obat rhinitis alergi