Kesehatan

Publish date : 01/07/2020

Ternyata Hidung Anak Sering Meler Di Pagi Hari Karena Ini, Mums!


Apakah Mums seringkali mendapati Si Kecil terbangun di pagi hari dengan kondisi hidung meler dan tersumbat? Jika ya, Mums pasti lama-kelamaan akan merasa khawatir dan bertanya-tanya akan penyebabnya. Sebenarnya kondisi tersebut bisa terjadi akibat alergi ringan hingga yang cukup serius, Mums. Meskipun lendir yang keluar di rongga hidung bekerja untuk melindungi bahan berbahaya masuk ke pernapasan Si Kecil, Mums tetap perlu waspada dan lebih awas dengan penyebabnya. Sebenarnya, kenapa sih lendir bisa terus-menerus muncul di pagi hari? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.


Hidung meler di pagi hari akibat udara kering

Jika Si Kecil tidur di ruangan dengan Air Conditioner, bisa jadi hidung meler akibat udara kering yang dihasilkan AC, Mums. Ketika udara kering, maka selaput mukosa di dalam rongga hidung pun akan kering. Lendir akan dihasilkan oleh selaput mukosa tersebut sebagai bentuk pertahanan, agar rongga hidung tetap cukup lembab memerangkap bahan-bahan asing dari udara. Jika anak sering menghirup udara yang kering atau dalam jangka waktu lama, bahan asing dan pencetus alergi lebih mudah masuk ke saluran pernapasan dan menyebabkan bersin serta produksi lendir berlebih. Sebaiknya, gunakan juga humidifier untuk menjaga kelembaban udara yang dihirup Si Kecil ya, Mums. Agar tidurnya lebih berkualitas.


Hidung meler di pagi hari akibat suhu dingin

Tahukah Mums jika beberapa anak memiliki hidung yang sensitif terhadap perubahan suhu. Pembuluh darah di hidung yang sanagt sensitif akan menyebabkan peradangan pada selaput hidung, sehingga sistem pertahanan tubuh akan menanggulanginya dengan proses produksi lendir hingga bersin-bersin. Kondisi ini dinamakan sebagai rhinitis vasomotor, dan umumnya tidak membahayakan kok, Mums.


Hidung meler di pagi hari akibat alergi tungau

Mums, ternyata tungau dan debu di bantal dan kasur Si Kecil juga sering menyebabkan hidung meler, lho. Seperti alergen pada umumnya, jika tungau ini masuk ke rongga hidung, sistem pertahanan akan bereaksi mengeluarkan lendir agar tungau terperangkap. Inilah yang menjadi salah satu penyebab anak jadi bersin-bersin dan meler di pagi hari. Mark R. Neustrom, DO dari Kansas City Allergy and Asthma Associates menyatakan bahwa, 20 persen orang yang mengalami bersin saat bangun tidur di pagi hari disebabkan oleh alergi tungau. Nah, Mums harus lebih sering cek dan bersihkan bantal, kasur, serta selimut Si Kecil, agak tidurnya terbebas dari gangguan tungau, ya. Jika perlu, jemur kasur yang telah dicuci di bawah terik matahari agar mikroorganisme dan serangga-serangga yang hinggap menghilang.


Nah, itulah penyebab-penyebab hidung meler yang terjadi pada anak di pagi hari, Mums. Perlu dicatat bahwa, Mums harus tetap waspada dengan gejala hidung meler dan tersumbat pada anak. Apalagi jika terlalu sering terjadi, serta lendir yang dihasilkan cukup banyak dan pekat. Karena, hal tersebut bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit serius, seperti rhinitis alergi, sinusitis, infeksi saluran napas, bahkan hingga kebocoran cairan otak. Segera periksakan pada dokter, jika Si Kecil menunjukan gejala-gejala yang tidak umum ya, Mums!




References: Healthline, HelloSehat






Tags: Hidung meler di pagi hari