Kesehatan

Publish date : 12/29/2019

Perut Kembung Berkepanjangan? Waspadai Gejala dan Penyebabnya!


Perut terus menerus kembung atau terjadi secara berkepanjangan tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita. Selain membuat penampilan terlihat kurang menarik, perut yang kembung secara berkepanjangan juga bisa menjadi tanda penyakit serius. Kondisi inilah yang perlu kita waspadai, karena perut kembung bukan hanya menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan saja. Berikut ini penyebab-penyebab perut kembung mulai dari yang ringan sampai yang berat, Sowbat.


1. Iritasi akibat makanan-minuman tertentu (misal, alkohol, makanan pedas, buah-buahan penghasil gas, dan lainnya)

2. Sakit maag (akibat gastritis hingga peptic ulcer)

3. Sembelit atau obstruksi (penyumbatan) pada usus

3. Irritable Bowel Syndrome (gangguan pergerakan organ pencernaan)

4. Intoleransi laktosa atau alergi

5. Gastroesophageal-reflux (GERD)

6. Penyakit hati

7. Peradangan pada usus buntu

8. Penyakit Crohn atau ulcerative-colitis (radang usus)

9. Peradangan pada kandung empedu meradang

10. Adannya tumor hingga kanker pada organ pencernaan

Bukan hanya menyerang saluran pencernaan, perut kembung secara berkepanjangan juga bisa menjadi pertanda penyakit jantung, lho. Kondisi ini seringkali disepelekan dengan menganggapnya sekadar “masuk angin” saja. Padahal, diprediksi ada 25% penderita yang memiliki perut kembung ternyata menderita penyakit jantung. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi?

Masalah pada salah satu pembuluh darah yang menuju ke jantung, LAD (Left Anterior Descending), bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Saat pembuluh darah ini tersumbat, gejala yang ditimbulkan akan mirip seperti saat kamu menderita masuk angin. Hal inilah yang membuat gejala perut kembung secara berkelanjutan seringkali disepelekan sebagai penyakit “masuk angin” atau masalah lambung saja.



Mengingat kondisi terburuk yang bisa terjadi, maka ada baiknya jika kita mewaspadai gejala perut kembung ya, Sowbat. Berikut 5 gejala yang perlu diwaspadai terkait masalah perut kembung.


1. Gas

Perut yang bergas merupakan gejala utama yang perlu kamu waspadai. Masuknya gas melalui sistem pencernaan merupakan hal yang wajar terutama pada area perut dan usus besar. Akan tetapi, kadar gas yang terlalu banyak di dalam perut bisa menyebabkan perut kembung secara terus menerus. Biasanya, hal ini akan ditandai pula dengan seringnya buang angin setiap harinya.


2. Sendawa

Gejala berikutnya yang perlu diwaspadai adalah sendawa. Sendawa merupakan hal yang normal setelah kita makan. Tapi, jika kamu terlalu sering bersendawa, maka waspadalah karena mungkin ada terlalu banyak gas di dalam perutmu. Hal inilah yang membuat perut kembung dan dikeluarkan saat bersendawa.


3. Perut membesar

Gejala utama dari perut kembung adalah ukuran perut yang membesar dan terasa penuh. Ini disebabkan oleh banyaknya gas yang ada di dalam perut khususnya pada saluran pencernaan. Perut yang membesar bisa terjadi karena adanya masalah pada sistem pencernaan seperti iritasi usus.


4. Nyeri perut

Saat perut kembung secara terus menerus, maka biasanya kamu juga akan merasakan nyeri pada area perut. Nyeri ini biasanya terjadi di area abdomen atau perut, hingga ulu hati, dan beberapa merasakan nyeri di pinggang hingga punggung juga. Jika rasa sakit yang terjadi mulai menjalar ke daerah selain abdomen dan berat di sisi kiri, bisa jadi nyeri tersebut merupakan indikasi masalah pada jantung. Sementara, jika nyeri terasa berat di sebelah kanan abdomen (perut), bisa jadi merupakan pertanda adanya batu empedu ataupun usus buntu.


5. Mual dan muntah

Perut yang kembung secara terus menerus juga bisa ditandai oleh mual dan muntah. Kondisi ini terjadi karena adanya masalah pada lambung dan membutuhkan penanganan dengan segera. Kamu bisa mencoba obat-obatan pereda mual dan perut kembung seperti domperidone untuk meringankan gejala yang mengganggu.


Dari penjelasan di atas, tentu Sowbat gak mau lagi asal-asalan menangani perut kembung, kan? Memang sekecil apapun masalah kesehatan yang dialami harus segera kita periksa dan tangani, agar tidak memicu penyakit lainnya. Ketika kamu merasakan gejala perut kembung, ada baiknya segera gunakan obat pereda agar tidak mengganggu aktivitasmu, ya. Obat-obatan golongan anti-flatulen seperti domperidone, ataupun bahan alami yang tersedia di rumah bisa kamu manfaatkan sebagai pertolongan pertama perut kembung yang ampuh. 



References: HelloSehat, DokterSehat, e-Medicine Health, CNN Indonesia, Healthline



Tags: Perut kembung