Kesehatan

Publish date : 12/30/2019

Pertolongan Pertama yang Tepat Sesuai Keparahan Luka Bakarmu


Luka bakar bisa terjadi kapan pun dan di mana pun kamu berada. Walau kadang dianggap sepele, luka bakar ternyata juga sering menyebabkan kematian akibat penanganan yang tidak dilakukan dengan tepat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, ada sekitar 195 ribu kasus korban meninggal di Indonesia setiap tahunnya akibat luka bakar. Yang sangat disayangkan, kejadian luka bakar seringkali tidak diikuti oleh pemahaman seputar pertolongan pertama yang tepat. Sehingga, risiko terjadinya komplikasi yang bersifat fatal pun jadi semakin tinggi. Untuk melakukan pertolongan pertama luka bakar yang sesuai, tentu derajat luka bakar yang terjadi pada pasien harus diketahui terlebih dahulu. Biar lebih paham, mari kita simak penjelasan di bawah ini, terkait pertolongan pertama yang sesuai dengan derajat luka bakar.


Derajat Luka Bakar Tingkat 1

Luka bakar tingkat satu tergolong ringan dan masih bisa disembuhkan dengan mudah. Luka bakar tingkat satu terjadi karena paparan terik sinar matahari yang menyengat hingga membuat kulit terbakar. Biasanya, kulit akan terasa kering, iritasi dan sakit ketika mengalami luka bakar tingkat 1. Untuk menangani luka bakar tingkat 1, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan antara lain adalah:

  1. Alirkan air dingin pada luka bakar selama 5 menit dan jangan kompres dengan menggunakan es batu.

  2. Oleskan lidah buaya atau gel khusus luka bakar untuk menyejukkan area luka yang terbakar.

  3. Gunakan salep atau cairan antiseptik dan balut luka dengan kasa agar tidak tergesek oleh benda sekitar.

  4. Tunggu selama 7-10 hari hingga jaringan kulit teregenerasi atau sembuh sempurna


Derajat Luka Bakar Tingkat 2

Derajat luka tingkat dua tergolong lebih parah dari tingkat satu karena luka bakar telah menembus sebagian lapisan dermis kulit. Pada derajat ini, kulit akan terlihat merah, melepuh, bengkak dan terasa sakit. Oleh karena itu, penanganannya pun juga lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih lama. Umumnya, penyembuhan dapat berlangsung selama 2-3 minggu apabila dirawat dengan melakukan langkah penanganan yang tepat yaitu, sebagai berikut:

  1. Alirkan air dingin ke area luka selama 15 menit dan bersihkan area sekitar luka dengan cairan antiseptik

  2. Apabila terasa nyeri, kamu bisa mengonsumsi analgesik seperti paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri, ataupun mengoleskan gel pereda nyeri sesuai anjuran tenaga medis

  3. Cegah infeksi dengan membersihkan area luka secara rutin, dan tidak menutup area luka bakar terlalu rapat, serta balut dengan kasa agar tidak terjadi gesekan

  4. Konsultasikan ke dokter segera untuk mendapatkan pengobatan tepat agar luka tidak berujung menjadi infeksi.


Derajat Luka Bakar Tingkat 3

Luka bakar tingkat 3 tergolong yang paling parah dan perlu mendapatkan penanganan segera, Sowbat. Sebab, kerusakan jaringan telah mencapai seluruh bagian dermis dan bahkan mencapai jaringan yang lebih dalam lagi. Pada tampilan luarnya, kulit akan terlihat putih, kasar namun akan memberikan sensasi mati rasa. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya jangan lakukan penanganan mandiri dan mintalah rujukan ke Unit Gawat Darurat untuk mendapatkan penanganan medis sesegera mungkin. Dokter dan tenaga medis akan segera memeriksa area luka dan sampai mana jaringan mengalami kerusakan. Pada kondisi yang bersifat fatal, tindakan operasi mungkin akan dilakukan.


Memahami langkah pertolongan pertama yang sesuai ketika terkena luka bakar memang wajib kamu ketahui ya, Sowbat. Karena, kamu tentu tidak mau penyembuhannya jadi berlangsung lama maupun terjadi komplikasi, kan? Tips terpenting, selalu waspada ketika melakukan kegiatan-kegiatan yang membahayakan terutama yang berkaitan dengan api dan benda panas, ya. Stay safe, Sowbat!




References: Viva.co.id, HelloSehat, Alodokter, Halodoc




Tags: Pertolongan luka bakar,tingkat keparahan luka bakar