Kesehatan

Publish date : 09/20/2019

Luka bakar jelas bukan suatu hal yang diinginkan oleh setiap orang. Namun, potensi terjadinya luka bakar sulit untuk dihindari apabila aktivitas sehari-hari Kamu berkaitan dengan api atau sejenisnya yang bisa menimbulkan luka bakar. Ketika Kamu mengalami luka bakar, pertolongan pertama harus segera dilakukan. Penanganan luka bakar ini tentunya perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak semakin merusak jaringan kulit serta mencegah timbulnya infeksi. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa Kamu lakukan sebagai pertolongan pertama luka bakar.




Bersihkan Luka Dengan Air Mengalir


Langkah awal yang perlu dilakukan dalam pertolongan pertama luka bakar adalah membersihkan luka tersebut. Bersihkan luka dengan menggunakan air bersih yang mengalir pada area luka dan di sekeliling luka tersebut. Apabila ada bahan kimia yang menempel bersamaan dengan luka tersebut, maka bersihkan luka lebih lama hingga setidaknya 20 menit. Usahakan untuk menggunakan air dengan suhu normal agar luka terasa lebih dingin selama proses pembersihan.


Gunakan Antiseptik


Setelah luka dibersihkan dengan menggunakan air mengalir, aplikasikanlah antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi. Sebaiknya, jangan gunakan alkohol sebagai antiseptik karena cenderung dapat menghambat regenerasi kulit yang terbakar. Kamu bisa menggunakan gel atau cairan antiseptik luka bakar seperti Hemolok, untuk mencegah infeksi akibat luka bakar dan mempercepat proses penyembuhan. Tuangkan secara langsung Hemolok pada luka bakar secara perlahan. Atau Kamu juga bisa merendam kasa steril ke dalam larutan Hemolok untuk dijadikan sebagai kompres luka bakar selama 1-3 menit.


Tutup Luka Bakar Dengan Kasa Steril


Setelah luka dibersihkan dan diberikan antiseptik, tutuplah luka tersebut untuk mencegah kotoran masuk dan menyebabkan infeksi. Gunakan kasa steril untuk menutupi luka agar luka tetap bisa bernafas dan tidak membusuk karena ditutup terlalu rapat. Jika ada gelembung pada area luka bakar, maka diamkan saja dan jangan dipecahkan karena bisa membuat luka jadi semakin parah.


Hindari Penggunaan Pasta Gigi, Es Batu, dan Minyak


Saat mengalami luka bakar, seringkali banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan pasta gigi, es batu, hingga beberapa minyak tertentu. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan bahan-bahan tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah salep luka bakar secara rutin pada area sekitar luka. Salep luka bakar akan membantu menjaga kelembaban kulit yang terbakar sehingga membuat proses regenerasi kulit berjalan lebih cepat.


Itulah langkah-langkah penanganan luka bakar yang bisa Kamu lakukan. Ketenangan dalam penanganan luka bakar sangat penting agar Kamu tidak salah mengambil tindakan. Agar proses penyembuhan luka lebih optimal, Kamu juga perlu selalu memperhatikan dan merawat luka bakar dengan baik, ya. Cek kondisi luka, bersihkan luka, dan aplikasikan obat luka bakar yang tepat setiap hari. Semoga lekas sembuh, Sowbat!




References:

https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/tips-pertolongan-darurat-pertama-terhadap-luka-bakar

https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-luka/pertolongan-pertama-luka-bakar/




Tags: Luka bakar,pertolongan luka bakar,penanganan luka bakar,perawatan luka bakar,antiseptik luka bakar,obat luka bakar,Hemolok