Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia 2021

Goapotik
Publish Date • 09/30/2021
Share
Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia 2021

Pada awal September 2021, salah satu acara besar untuk mahasiswa farmasi di Indonesia berjalan dengan sukses. Acara yang mengangkat tema tentang Optimalisasi Potensi Inovator Muda sebagai Agen Perubahan untuk Menyongsong Kemajuan Ilmu Farmasi Nusantara melalui PIMFI 2021 di Bumi Lancang Kuning, berlangsung selama sepekan khususnya pada 30 Agustus sampai 5 September 2021. GoApotik turut andil dalam mensukseskan acara ini. Sebagai sponsorship dan media partner, GoApotik mendukung penuh semangat generasi muda dalam meningkatkan inovasi di bidang farmasi. 


Rangkaian Acara PIMFI 2021

Acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia atau yang biasa disebut sebagai PIMFI ini diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau (STIFAR Riau). Selain untuk menjalankan agenda rutin setiap dua tahun sekali, PIMFI kali ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda ilmu farmasi dalam menghadapi tantangan profesional yang sesungguhnya terus berkembang hingga di masa yang akan datang. Oleh karena itu, STIFAR Riau menggaet banyak perusahaan besar farmasi untuk memberikan pengalaman serta tips bagi para mahasiswa. Tidak ketinggalan, GoApotik pun turut menjadi salah satu pembicara dalam webinar tersebut. 


Menurut sejarahnya, PIMFI merupakan suatu kegiatan kompetisi berskala nasional untuk seluruh mahasiswa farmasi di Indonesia. Biasanya acara ini juga dilakukan bersamaan dengan Rapat Tengah Tahun (RTT) yang membahas tentang progress dan update dari seluruh Badan Pengurus Harian (BPH) selama periode kepengurusan. Maka dalam PIMFI kali ini diadakan juga banyak kompetisi dan aktivitas non kompetisi seperti Rapat Tengah Tahun. 


Untuk kegiatan kompetisi saja, panitia PIMFI telah mempersiapkan sembilan jenis kompetisi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan PIMFI kali ini. Kompetisi tersebut terdiri dari Clinical Skill Event, Herbarium Competition, Patient Counselling Event, Poster Competition, Formulasi, Karya Tulis Ilmiah, Essay Competition, Video Edukasi, dan Debat Farmasi. Kemudian untuk kegiatan non kompetisi, ternyata tidak hanya RTT, melainkan terdapat webinar, virtual networking event, virtual expo beasiswa, Exhibition Journal, Awarding Night Online, dan Explore Host Event.


Baca juga: Apresiasi Pengembangan Obat Modern Asli Indonesia


Sebanyak kurang lebih 1.000 mahasiswa farmasi tingkat Strata 1 di Indonesia menjadi target panitia untuk mengikuti seluruh acara PIMFI kali ini. Dari sembilan jenis kompetisi yang dilakukan, mereka memilih total 28 peserta sebagai pemenangnya. Hadiah trophy, goodie bag dari sponsor, dan uang tunai total puluhan juta rupiah pun telah dipersiapkan untuk para pemenang. Jadi, dapat dipastikan jika acara yang dirangkai oleh mahasiswa farmasi ini benar-benar memiliki tujuan yang serius khususnya dalam mendorong semangat mahasiswa farmasi di Indonesia untuk terus berinovasi.


Virtual Networking Event

Dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan, baik kompetisi maupun non kompetisi, ada satu acara yang menarik untuk para peserta yaitu virtual networking event. Virtual Networking event merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara PIMFI yang terbilang baru atau baru dilakukan sejak adanya pandemi Covid-19. Sesuai namanya, virtual networking event ini dikhususkan untuk menjalin hubungan yang baik antara mahasiswa farmasi dengan narasumber yang dipersiapkan panitia dan dilakukan secara daring atau virtual. Kali ini, virtual networking event dilakukan untuk mengenal lebih dekat perusahaan farmasi di Indonesia. Harapannya agar lulusan mahasiswa farmasi yang merupakan Sumber Daya Manusia dapat lebih siap dan berkualitas baik untuk bersaing dengan SDM global. 


Dalam kegiatan ini, GoApotik menjadi salah satu perusahaan yang berbagi ilmu dan pengalaman terkait dunia kerja di bidang farmasi. Namun, tidak hanya untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja di perusahaan farmasi, tetapi GoApotik juga membagikan update terbaru mengenai tantangan dunia kerja secara global dan apa peluangnya untuk dunia farmasi. Khususnya saat ini ketika dunia sedang lumpuh karena pandemi virus Covid-19. 


Sebagai marketplace kesehatan yang sangat mendukung peran apoteker, GoApotik membagikan tips-tips menarik untuk peserta agar dapat bersaing di era digital. Besar harapan, lulusan mahasiswa farmasi yang didominasi oleh generasi muda memiliki ide dan inovasi yang terus berkembang setiap tahunnya. GoApotik juga mengajak para lulusan untuk tidak patah semangat karena kondisi dunia kerja yang sedang menurun atau lesu akibat pandemi Covid-19, melainkan melihat berbagai sudut sebagai peluang untuk terus berkarya. Istilah jaman sekarang, mahasiswa dituntut untuk dapat keluar dari zona nyaman mereka. Jadi, meskipun lulusan farmasi sebaiknya mahasiswa tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di luar area rumah sakit dan apotek, sebab ilmu farmasi dapat diterapkan dalam berbagai sektor pekerjaan lainnya seperti yang dilakukan di GoApotik.




Semoga lulusan mahasiswa farmasi di Indonesia dapat terus berinovasi dan menginspirasi generasi muda lainnya sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Semangat!



Penulis: Tim marketing GoApotik


Referensi:

Liputan event PIMFI 2021